computer

Membuat akun Twitter dan Facebook bukanlah suatu hal yang sulit. Namun, lain halnya jika percakapan dengan orang lain di jejaring sosial tersebut tidak didukung dengan konten dan strategi pemasaran yang benar.  Konten sangat berperan menjalankan website sebuah bisnis. Konten lah yang dapat membuat percakapan dengan pelanggan, baik saat ini atau pun di masa mendatang. Evolusi strategi pemasaran melalui konten di website maupun media sosial telah menjadi cara baru untuk mencapai target mendapatkan pelanggan yang tepat. Mereka dapat melihat dan membaca melalui RSS feed, blog, infografis, video, dan bentuk konten digital lainnya.

Strategi pemasaran seperti ini harus selalu diperbarui secara terus-menerus dan memperluas konten pemasaran melalui media sosial dengan cara-cara di bawah ini:

1.  Perkuat Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial

Meliputi 3 tahap penting:

– Partisipasi

Melibatkan followers di media sosial merupakan hal yang sangat penting. Baik mereka adalah pimpinan di sebuah industri atau pun pelanggan biasa, konten yang mereka hasilkan untuk page Anda akan lebih bermakna dan penuh ide-ide penting daripada yang Anda buat sendiri.

– Antisipasi

Buatlah konten yang berurutan dalam strategi pemasaran melalui media sosial Anda. Bisa saja berupa potongan video, atau potongan artikel dan gambar mengenai bisnis Anda agar menjadi teka-teki dan membuat orang menarik. Konten yang baik adalah konten yang memunculkan rasa antisipasi apa yang akan muncul berikutnya.

– Koordinasi

Memanfaatkan media sosial bukan hanya untuk menambah jumlah friends, followers, atau fans saja. Media sosial memungkinkan Anda untuk melibatkan hubungan yang saling menguntungkan dengan mereka. Perencanaan konten yang melibatkan mereka dapat memberikan rasa memiliki yang sangat besar.

 

2. ‘Share’ Konten Beberapa Kali

Share posting di blog Anda beberapa kali akan memberi setidaknya tiga manfaat:

– Memaksimalkan traffic melalui media sosial: Sharing konten di media sosial lebih dari satu kali dan dengan cara yang berbeda-beda akan meningkatkan traffic di media sosial Anda. Jumlah pengunjung di page Anda akan meningkat setiap ada konten baru.

– Mendapatkan pengunjung dari periode berbeda: Posting konten beberapa kali membantu Anda mendapatkan pengunjung pada periode yang berbeda, misalkan posting pada tahun sebelumnya, diposting kembali di tahun ini, maka pengunjung baru di tahun ini akan melihat konten tersebut.

– Follower baru: Jika Anda posting artikel lama, mungkin beberapa follower baru pertama kali membaca. Walaupun bukan artikel baru, tapi mereka mungkin mendapatkan nilai yang berarti dari artikel tersebut. Pertimbangkan menggunakan tools yang tersedia di Twitter untuk memantau pertumbuhan jumlah follower. Hal ini dapat membantu mengetahui saat yang tepat untuk posting artikel lama.

 

3.  Tuan Rumah Pada Obrolan Twitter

Percakapan di Twitter merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan follower lama dan calon klien yang prospektif melalui berbagai topik. Hal itu juga dapat meningkatkan pembaca konten Anda dan membuat momen baru dengan berbagi solusi, petunjuk, dan tips yang bermanfaat. Ada empat tahapan penting membuat obrolan efektif di Twitter:

– Kumpulkan informasi: Informasi yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan untuk membuat konten baru dan ide-ide yang bagus. Partisipan akan muncul dan membantu mengidentifikasi apa yang terjadi dalam sebuah industri, dan berbagi wawasan serta peluang baru untuk membantu bisnis Anda.

– Kembangkan konten: Setelah mendapatkan ide-ide, buatlah konten baru dan share di media sosial. Anda juga dapat mengidentifikasi masalah dan solusi yang dibutuhkan dengan panduan artikel atau video.

– Tinjau kembali tujuan konten: Setelah membuat konten, buat kembali agar lebih segar dan menjaga kelangsungan bisnis Anda. Jika ada konten bernilai yang perlu sedikit modifikasi, dan sajikan dengan metode baru kepada followers, dan secara otomatis mereka akan dengan senang hati menerima.

– Review isi konten: Review konten membantu mengidentifikasi apakah ada atau tidak konten yang berdampak positif ataupun negatif. Hal ini akan membantu Anda mengetahui betapa berharganya informasi untuk konten.

 

4.  Manfaatkan Share di Facebook

Facebook-at-work

– Dengarkan isu sosial: Buatlah hashtag untuk mengetahui bagaimana orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.

– Tingkatkan konten sosial media untuk berbagi : Pahami bahwa konten yang menarik akan mendorong pembaca untuk berbagi dengan orang lain.

– Buat target demografis tertentu: Semakin spesifik target, maka merek akan semakin mudah dikenal. Hal ini akan memungkinkan untuk fokus pada orang-orang yang benar-benar tertarik pada merek Anda.

– Gunakan langkah atraktif untuk menarik pelanggan: Memiliki konten yang bernilai dan memungkinkan pembaca berbagi konten tersebut adalah cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan dan menarik pembeli yang potensial. Setelah pelanggan meng’klik’ dan share konten Anda, maka teman-teman mereka pun akan tertarik untuk meng’klik’ dan berbagi pada orang lain.

 

5.  Gunakan LinkedIn untuk Mengirim Konten

LinkedIn adalah konten pemasaran yang sangat kuat. Ini adalah cara yang ampuh untuk mengirimkan konten pada orang lain. Tetapi sebelumnya, Anda harus kenali pengunjung, dengan mengetahui:

– Lokasi geografis, terutama jika Anda ingin mengunjungi pengunjung yang unik

– Apa yang mereka inginkan

Tentang keluarga mereka, masyarakat, dan apa peran mereka di tempat kerja

 

6.  Google Autorship Adalah Suatu Keharusan

Google-Authorship-image

Google Autorship bukan sekedar melampirkan foto atau gambar pada konten dalam mesin pencari Google. Setelah Anda terhubung dengan Google Autorship melalui Google+, maka akan terhubung antara konten dan penulisnya. Hal ini memungkinkan Google untuk mengidentifikasi kualitas, dan penulis konten.

Langkah-langkah tadi tidak diragukan lagi dapat menjadi strategi pemasaran yang baik. Optimalkan media sosial yang ada untuk meningkatkan penjualan. Ada baiknya Anda juga membuat business plan, untuk mengetahui rencana bisnis apa saja yang akan dilakukan. Tampilkan produk-produk Anda dalam media sosial. Buat pengunjung terkesan hanya dengan melihat media sosial Anda.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Abu Fauzan

    terima kasih materinya gan