time-management1

Ketika memuai sebuah bisnis, pasti akan merasakan seperti tidak ada cukup waktu untuk melakukan semua hal dalam sehari. Bagi seorang pengusaha, setiap detik waktu dapat merepresentasikan nilai uang, baik uang yang dihasilkan maupun dikeluarkan. Apakah hal ini terdengar ekstrim?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Microsoft, menemukan bahwa para pekerja hanya menggunakan 60% waktu dalam jam kerja perharinya. Itu berarti dari 5 hari kerja dalam seminggu, hanya 3 hari saja yang produktif. Sekarang, terapkan hal itu pada bisnis Anda. Jika waktu adalah uang, lalu bagaimana menghasilkan uang dengan 60% waktu saja di tempat kerja?

Waktu bisa saja terbuang dengan mudah dan sia-sia, kecuali Anda punya perencanaan manajemen waktu yang baik dan tahu apa yang akan dihasilkan dari tiap waktu yang terlewati. Berikut adalah enam langkah yang umum dimiliki pengusaha dalam mengalokasikan waktu:

1.  Abaikan Notifikasi di Ponsel

Kebanyakan orang selalu melihat ponsel setiap 5-10 menit. Tetapi jika ini selalu dilakukan dan terus memeriksa kotak masuk serta menjawabnya, maka waktu sedikit-demi sedikit akan habis. Dan akhirnya seolah Anda dikendalikan oleh sebuah ponsel pintar. Sisihkan waktu khusus untuk melakukan itu di siang hari. Ini akan membentuk kedisiplinan, dan memungkinkan Anda untuk mencurahkan waktu yang lebih serta fokus pada tugas-tugas yang harus diselesaikan dari pada melihat notifikasi.

2.  Jangan Mengerjakan Beberapa Tugas Bersamaan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa hanya sekitar 2,5 % orang yang mampu mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dan mendapatkan hasil yang bagus dari masing-masing tugas. Selain itu, para ahli dalam manajemen waktu mengatakan bahwa fokus pada satu hal dalam satu waktu akan melipatgandakan produktivitas, output kerja, dan kinerja. Dan ketika Anda menjadi seorang pengusaha, itu berarti ada perbedaan antara sukses dan gagal. Paksa diri Anda untuk fokus pada satu tugas dan alokasikan waktu untuk menyelesaikannya, sehingga akan mendapatkan hasil terbaik.

3.  Atur Tujuan Step by Step

Tentukan tujuan secara rinci, atur langkah-langkah dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan sebelum memulai. Banyak orang yang membuat tujuan dan tidak pernah menindaklanjuti. Misalnya, ingatlah tentang berbagai rencana revolusi di tahun baru, tetapi tidak pernah terlaksana hingga akhir tahun pun tiba. Masalah di sini hanyalah, sebenarnya ide-ide mereka bagus dan cemerlang, tetapi hanya saja mereka tidak tahu cara mengimplementasikan.

Dalam upaya untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya, hari-hari yang Anda lalui, sebaiknya mempunyai serangkaian tujuan dan langkah-langkah untuk mencapainya. Misalnya, jika Anda ingin mempunyai 5 pelanggan baru hari ini, buatlah daftar calon pelanggan potensial dan langkah-langkah untuk mendapatkan perhatian mereka, sesuaikan dengan strategi pemasaran yang sudah Anda buat. Dengan membagi tujuan besar ke dalam langkah-langkah kecil, akan lebih efektif untuk mencapai tujuan, karena Anda jadi lebih tahu langkah yang akan dilakukan selama proses mecapai tujuan itu. Ini juga akan berguna ketika satu tujuan kecil itu terselesaikan, maka akan memotivasi Anda. Buatlah tujuan-tujuan sederhana untuk sebelum makan  siang dan sesudah makan siang.

4.  Atur Waktu dan Ruang

Sulit untuk bekerja secara teratur jika semua disekitar Anda berantakan. Bersihkan dan atur ulang ruangan. Hilangkan benda-benda yang tidak perlu dan buatlah pengaturan untuk menyimpan berkas-berkas. Sebagai contoh, buatlah folder untuk berkas, dan beri warna sebagai tanda mana yang harus dikerjakan hari itu dan harus diselesaikan minggu depan. Ini akan memudahkan dalam manajemen waktu, karena tidak  perlu lagi mencari berkas mana yang harus diselesaikan segera. Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi online untuk daftar agenda kegiatan.

5.  Tuangkan Dalam Tulisan

checklist_todo_to_do-524180-100004397-orig

Ada suatu hal ketika merencanakan sesuatu dengan menuliskannya, entah bagaimana rencana yang tadi Anda tuliskan dapat teringat dalam pikiran. Dengan menuliskan rencana untuk hari Anda, termasuk tujuan secara detail, akan lebih efisien dalam mengerjakan suatu hal. Tentu saja hambatan tetap ada, tapi dengan adanya pemahaman yang jelas dan manajemen waktu mengenai suatu kegiatan yang dilakukan, maka tugas akan tetap bisa dikendalikan, dan bukan justru melakukan hal lain dengan tidak efektif. Buatlah daftar ini malam hari, dan esok hari Anda sudah siap mengerjakan segala tugas. Tidak perlu lagi membuang waktu untuk mencari apa yang harus dikerjakan hari ini dan bagaimana mengerjakannya.

6.  Buat Mobil Layaknya Kantor Mini

Mungkin Anda sering melihat film-film yang menyajikan mobil dengan fitur luar biasa. Sebenarnya akan sangat baik ketika hal itu menjadi nyata. Anda dapat melakukan berbagai hal di mobil, bahkan mengirim email dari mobil. Sebuah mobil perusahaan yang menyediakan fitur lengkap dapat menjadi sarana memenuhi kebutuhan perusahaan selama dalam perjalanan. Sehingga saat dalam keadaan terdesak, dapat dilakukan di mobil.

Time-Management

Manajemen waktu yang efektif sangat dibutuhkan bagi seorang pengusaha. Pelanggan akan sangat menghargai sebuah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan mereka tepat waktu. Manajemen waktu ini dapat membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman karena terhindar dari tekanan dikejar waktu. Jika memang ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh karyawan, segeralah mencari perusahaan di luar yang mampu mengerjakan, seperti jasa membuat kemasan produk. Menggunakan jasa seperti ini selain menghemat waktu, juga dapat menarik pelanggan secara efektif, karena mereka memang ahli di bidang itu.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.