Sribu.com adalah situs yang mengupas tuntas seputar persoalan desain Anda. Dari mulai desain banner, website, logo dan sebagainya. Tidak hanya itu, kami juga menulis tentang inspirasi bisnis. Sudah banyak desainer yang bergabung bersama kami. Demi kepuasan pelanggan, kami juga selalu memperbaharui informasi-informasi seputar desain dan juga tips berbisnis disetiap harinya. Kali ini Sribu akan menampilkan 6 Plugin WordPress yang Harus Anda Pakai. Selamat membaca. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).[4] Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Tapi, jika Anda pengguna baru WordPress, yang memilih plugin untuk diinstal pada situs Anda, hati-hati bila terkesan sangat menakutkan karena ada lebih dari 30.000 plugin yang tersedia di direktori plugin WordPress. Jangan khawatir, Anda tidak perlu menginstal semua plugin yang ada. Bahkan, menurut pendapat saya, Anda hanya harus memiliki 6 plugin WordPress. Dan ini semua gratis!

Plugin diperlukan untuk pertumbuhan, perbaikan, keamanan, dan pemeliharaan website WordPress Anda. Dan inilah ke-6 plugin gratis WordPress

 

1. WordPress SEO by Yoast

download

Plugin spektakuler ini yang harus Anda miliki . Anda bisa mengendalikan secara penuh atas SEO website Anda tanpa perlu pengetahuan teknis. Hal ini sangat mengejutkan karena plugin ini gratis karena memberikan website Anda banyak nilai positif.

Plugin ini memiliki banyak fitur , dan Anda hanya perlu menginstalnya dan bermain-main dengannya untuk mengalami sendiri , tapi perlu Anda garis bawahi beberapa hal besar mengenai plugin ini :

Halaman Analisis : Nilai SEO akan lekat pada Anda seketika, untuk setiap posting blog sehingga Anda dapat mengoptimalkannya sebelum Anda mempublikasikannya. Hal ini juga mengingatkan Anda tentang hal-hal yang mungkin telah Anda jawab , seperti meta deskripsi, kata kunci fokus, duplikat konten, dll

Sitemaps : XML Sitemaps adalah file standar. Misalnya Google , Yahoo , Bing , dan perusahaan yang menggunakan . Sebuah file Sitemaps memberikan bot mesin pencari informasi meta tentang isi dan struktur dari situs Anda . File ini diperlukan untuk SEO yang baik. Namun ternyata cukup melelahkan untuk membuat menu secara manual, meng-update secara otomatis, dan mengatur sendiri. WordPress SEO by Yoast juga menangani masalah Background, dan bahkan akan secara otomatis memberitahu mesin pencari teratas setiap kali file XML Sitemaps Anda diperbarui.

Sosial media optimasi : Facebook , Google+ dan Twitter memiliki aturan sendiri dari meta data untuk membantu penggunanya berbagi dan menemukan konten pada program sosial mereka. Plugin WordPress SEO by Yoast mengurus semua ini untuk Anda . Hal ini juga terintegrasi dengan Facebook  sehingga Anda bisa mendapatkan data yang tepat di dalam panel admin WordPress Anda.

Mudah digunakan : Bahkan ada menu internal yang akan membantu Anda agar cepat berorientasi dengan plugin. Dan ini adalah beberapa karakteristik berguna yang dimiliki oleh plugin ini.

Silakan untuk mendownload WordPress by Yoast disini

 

2. W3 Total Cache

download (1)

Plugin W3 Total Cache sangat diperlukan. Singkatnya, inilah yang membuat loading yang lebih cepat pada WordPress Anda. Kita semua tahu kecepatan website sangat penting. Ada banyak sumber yang memberitahu kita kecepatan sebuah website memiliki dampak besar pada fungsinya.

W3 Total Cache akan memainkan peran penting dalam mempercepat loading pada website Anda. Dan seperti halnya dengan WordPress SEO by Yoast, ini sulit dipercaya bahwa plugin yang canggih ini ternyata memang gratis.

Plugin ini dikemas dan harus memiliki fasilitas seperti:

halaman Cache
minification
caching database
caching Browser
integrasi CDN
Dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan khawatir jika Anda belum memahami istilah-istilah teknis yang tercantum di atas karena plugin ini memiliki dokumentasi yang menjelaskannya secara signifikansi. Sehingga tidak akan sulit untuk menemukan tutorial karena W3 Total Cache adalah plugin yang populer.

Silakan untuk mendownload W3 Total Cache disini

 

3. Akismet

akismet

Tanyakan setiap pemilik situs WordPress berpengalaman, apa hal-hal yang paling mereka benci jika sedang menjalankan sebuah situs WordPress, dan apakah mungkin daftar teratas mereka adalah spam moderasi.

Untuk WordPress, spam datang dalam bentuk komentar. Spam komentar merusak kenyamanan pembaca Anda, dan membuat sulit bagi mereka untuk melakukan sebuah diskusi yang baik. Plugin ini dikembangkan secara otomatis oleh foundernya.

Apakah Akismet benar-benar efektif dalam memerangi momok semua situs WordPress yang berwujud komentar spam? Lihat saja sendiri. Berikut adalah screenshot dari statistik Akismet perihal  Desain Instruksikan untuk 6 bulan terakhir:

must_have_plugin_askiment_stats_di

Dalam 6 bulan terakhir saja, Akismet telah melindungi situs Anda dari 421.932 komentar spam dengan tingkat akurasi 99,95%.

Akan sulit jika dilakukam secara manual. Dan bahkan jika Anda memiliki cukup waktu untuk menghapus lebih 420 ribu komentar spam, lebih baik sisihkan waktu Anda untuk hal-hal yang lebih penting seperti menulis posting dan terlibat dengan pengguna situs Anda.

Silakan untuk mendownload Akismet disini

 

4. Wordfence Security

download (2)

Pada bulan Februari saja, situs WordPress dibajak lebih dari 12% dari semua phishing dan malware di Internet. Satu laporan mengklaim bahwa lebih dari 70% dari semua situs WordPress rentan terhadap serangan hacker. Ada banyak cerita horor tentang situs WordPress yang sangat buruk. Maka dari itu saat ini WordPress.org bahkan memiliki halaman FAQ khusus untuk situs Pembajakan WordPress, mungkin karena itu banyak pertanyaan umum dari para penggunanya.

Pengamanan yang utama adalah dengan menginstal Wordfence Security. Pengamanan ini gratis (tapi juga banyak versi berbayar dengan lebih banyak fitur) Plugin kelas perusahaan untuk mengamankan situs WordPress Anda. Ini seperti software antivirus komputer Anda, tetapi bekerja untuk situs WordPress Anda.

Beberapa fitur Wordfence:

1. Benar-benar memblokir penyerang yang dikenal
2. Peningkatan keamanan untuk login WordPress
3. Pemilihan file WordPress untuk memastikan mana saja yang belum dikonfirmasi.

Silakan mendownload Wordfence disini

 

5. BackWPup Free

images

Salah satu ketakutan terbesar dari pemilik situs WordPress adalah bencana kegagalan yang menyebabkan kehilangan data mereka. Itu berarti semua waktu dan kerja keras mereka telah dimasukkan ke dalam tulisan yang diposting, komentar, pertumbuhan lalu lintas situs mereka dan para pembaca, dll yang hilang dalam hitungan detik.

Back up file WordPress dan database Anda secara teratur adalah suatu keharusan. Kita sering lupa membuat file cadangan.  Selain itu, akan terasa sangat sulit jika Anda sendiri belum merasa nyaman dengan website Anda sendiri. Limpahkan kekawatiran Anda pada BackWPup, sebuah plugin gratis yang akan mem-back up secara otomatis file WordPress Anda.

Selain memiliki fitur back up situs WordPress, plugin ini juga memiliki fitur-fitur berikut

1. Optimasi dan perbaikan database Anda: Fitur ini berguna untuk scanning  integritas database WordPress Anda serta       mengoptimalkannya sehingga konten situs Anda dapat loading lebih cepat.                                                                                                               2. Backup Offsite, yang berarti file Anda tidak disimpan dalam komputer Anda atau host atau server web Anda, namun lebih memberikan Anda keamanan jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya Anda harus kehilangan komputer.

Silakan mendownload BackWPup disini

 

6. Jetpack

download (3)

JetPack , sebuah plugin yang dikembangkan oleh Automattic, dan menjadi plugin yang sangat berguna. Automattic adalah perusahaan yang menciptakan dan mempertahankan WordPress dan menjamin kualitas plugin ini .

Anda tidak perlu menginstal semua plugin di Jetpack. Pilihlah hanya yang benar-benar Anda butuhkan. Plugin ini akan lebih berguna jika kemungkinan terjadinya masalah lebih banyak.

Berikut adalah beberapa plugin yang paling terkenal di Jetpack :

1. WordPress Stats : Analytics sangat penting jika tujuan Anda adalah untuk menambah audiens untuk situs Web Anda . Ini akan membantu Anda memahami seluk beluk situs Anda.
2. Kontak Form : Membuat pembaca Anda untuk menjangkau Anda dan membangun komunitas dengan Anda dan audiens lain.
3. Mempublikasikan : Media sosial sangat penting saat ini. Namun, mengelola account social media justru akan sangat membosankan. Plugin Publicize akan sangat membantu Anda.
4. Memantau : Mengerikan jika situs Anda menjadi hilang karena masalah dengan host web Anda. Plugin ini akan memberitahu Anda jika situs memiliki masalah dengan ketepatan waktu.
5. Posting terkait : Pastikan bahwa pembaca Anda melihat posting lain yang mereka mungkin akan tertarik dengan plugin ini . Hal ini akan meningkatkan tampilan halaman situs Anda juga.

Silakan mendownload Jetpack disini

Sebenarnya ada 32 plugin yang dibundel dalam Jetpack . Sangat mudah untuk tergoda untuk menginstal semuanya. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda hanya menginstal yang Anda benar-benar butuhkan saja.

 


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.

  • Candra Amil

    terima kasih sharing nya mas jd ngerti sedikit, biasa yang pegang website saudara saya, skrg saya lg belajar pelan2. semoga manfaat juga berkah ..

  • semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis