6 Strategi Ampuh Untuk Memperluas Bisnis Anda

Pertumbuhan dan ekspansi bisnis adalah tujuan utama bagi sebagian besar pemilik bisnis dan pengusaha. Tapi bagaimana cara untuk memperluas bisnis Anda di era pertumbuhan perekonomian yang lambat seperti saat ini? Berikut adalah enam strategi untuk ekspansi usaha kecil yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis ke tingkat berikutnya:

1. Tambahkan produk dan layanan baru.

Strategi ini terdengar relatif sederhana, namun mengeksekusi strategi ini secara serius bukanlah hal mudah. Pertama, Anda perlu mencari tahu mana produk dan layanan yang pelanggan Anda inginkan, dan berapa banyak dari mereka yang bersedia membayar untuk produk Anda. Berikutnya, menentukan mampu atau tidak Anda menjual produk dan layanan hingga menghasilkan keuntungan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan riset pasar menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya (manusia dan keuangan) untuk produk baru atau perluasan layanan.

2 Menjual lebih banyak produk dan layanan kepada pelanggan yang ada.

Ini adalah sisi lain dari strategi pertama: Menyentuh basis pelanggan Anda saat ini dengan lebih dalam. Mulailah dengan melakukan analisis segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang paling banyak membeli sehingga Anda dapat memfokuskan penjualan dan strategi pemasaran pada segmen ini.

3 Bentangkan pasar ke wilayah-wilayah baru.

Inti strategi kali ini adalah untuk memasarkan dan menjual produk maupun jasa yang ada pada pelanggan baru. Para pelanggan baru bisa dari segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda dari tempat Anda beroperasi. Jika jenis bisnis Anda ritel atau toko, jenis ekspansi kemungkinan berupa pembukaan lokasi baru di daerah geografis yang berbeda – baik di kota atau di provinsi berbeda.

4. Targetkan pasar dan pelanggan baru.

Kebanyakan bisnis menargetkan penjualan dan upaya pemasaran ke pasar pelanggan tertentu berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi atau psikografis seperti minat, aktivitas, dan nilai-nilai. Tapi apakah ada pasar pelanggan lain yang juga mungkin layak untuk produk dan jasa Anda? Tentu saja ada! Mampu mencapai target pelanggan yang tepat melalui media yang tepat, pada waktu yang tepat, adalah langkah pertama untuk memperluas bisnis Anda ke pasar dan pelanggan baru. Ketika ekspansi ke target pasar baru, Anda perlu untuk meningkatkan iklan untuk mencapai mereka. Anda bisa membuat website bisnis untuk menjangkau pelanggan yang sulit dikunjungi secara langsung.

5 Masuk pada penjualan baru dan delivery channel.

Internet adalah contoh terbaik dari bagaimana penjualan dan saluran pengiriman baru dapat mengubah bisnis kecil. Perusahaan yang tak terhitung jumlahnya telah mengambil keuntungan dari peluang bisnis online. Para retailer yang membuka toko online untuk penyedia layanan, mampu menjangkau audiens yang lebih luas melalui iklan online. Mereka juga menggunakan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk mendapat peringkat tinggi dalam pencarian web yang dilakukan oleh calon pelanggan.

6 Mengambil-alih bisnis lain.

Ini mungkin cara tercepat untuk pertumbuhan dan ekspansi. Penggabungan atau mengakuisisi bisnis lain benar-benar dapat melipatgandakan ukuran bisnis Anda dalam semalam, pertumbuhan penjualan dan pendapatan secara eksponensial. Tapi Anda harus melakukan riset menyeluruh pada setiap calon akuisisi potensial sebelum bergerak maju dengan penggabungan usaha.

 

Melihat bisnis bisa semakin besar dan punya pasar yang semakin luas memang sangat membanggakan. Tapi ingat, ketika Anda sudah berhasil memperluas bisnis, Anda juga harus bisa (paling tidak) mempertahankannya – jika tidak mampu untuk memperluas lagi. Jangan sampai Anda terlena dengan pertumbuhan bisnis Anda dan lupa untuk membuat bisnis bisa bertahan. Semoga strategi bisnis di atas dapat Anda terapkan dengan baik.