Hampir semua dari bisnis UKM tidak memiliki website. Berdasarkan hal itu, kemungkinan besar para pembaca membutuhkan bantuan untuk mendapatkan website yang sederhana dan dapat berjalan baik. Ada berbagai macam alat dan aplikasi di luar sana, tetapi kriteria utama seleksi dalam artikel ini adalah apakah alat tersebut memungkinkan Anda membuat website gratis, dalam waktu kurang dari satu jam dan mempublikasikan website untuk setidaknya menunjukkan kehadiran bisnis Anda secara online. Berikut ini 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun layanan website.

1.    Google Sites

image40

Tentu banyak yang tahu raksasa internet Google, dan mereka tidak akan mengecewakan dengan pilihan website gratis mereka. Google Sites adalah yang kuat dan mungkin sedikit lebih teknis daripada pemilik bisnis kecil yang sibuk ingin masuk di dalamnya. Memang, bagaimanapun memungkinkan perubahan yang benar-benar rinci.

Seperti kebanyakan tawaran Google, tidak semuanya sangat intuitif atau mudah ditemukan. Contohnya, ketika membuat rancangan halaman untuk sebuah ulasan bisa membutuhkan waktu 5 menit untuk mengetahui bagaimana mengubah foto Anda sendiri.

Apa yang menarik: Template Google Sites bisa memilih dari situs sederhana hingga fokus khusus untuk proyek wiki di intranet. Dengan beberapa klik, Anda dapat memilih template dan mempublikasikan.

2.  DoodleKit

url

DoodleKit cukup mengesankan. Banyak template dan fungsi editing yang baik, sehingga Anda dapat menempatkan item dan foto dimanapun sesuai keinginan. Versi gratis ini terbatas, tetapi memungkinkan hingga lima halaman, ditambah blog. Ada banyak ruang untuk foto dan album foto, dan DoodleKit menawarkan banyak contoh untuk mendapatkan ide tentang bagaimana orang lain menggunakannya. Forum ini membuat segalanya jadi sederhana dan menawarkan petunjuk langkah-demi-langkah sehingga ketika Anda bertanya, dapat benar-benar mengikuti jawaban itu.

Apa yang menarik: secara harfiah, dalam waktu kurang dari 5 menit, Anda bisa memiliki dan menjalankan website serta blog.

3.   Wix

wix-website-builder1

Wix adalah pembuat website Flash gratis. Beberapa mungkin beranggapan bahwa sebuah website Flash tidak SEO-friendly, tapi raksasa mesin pencari dan mesin pencari lainnya telah membuah langkah besar dalam membaca dan meranking situs Flash. Keunggulan Flash adalah memungkinkan untuk melakukan fungsi drag dan drop. Disana terdapat 3 pilihan untuk dilakukan selanjutnya, yaitu Create, Explore, dan My Account. Semua itu gratis. Wix sangat tepat bagi Anda yang mencari cara membuat website gratis dengan imajinasi visual yang bagus (fotografer, videographer, arsitek, desainer).

Apa yang menarik: Wix sangat menyenangkan, situs energik yang membuat Anda ingin memulai dan menyelesaikan sebuah website dalam waktu yang sama. Hampir 5 juta orang membuat witus di Wix.

4.   Moonfruit

600x329xMoonfruit-free-website-builder.png.pagespeed.ic.ivERv2_CwO

Moonfruit adalah pembuat website berbasis Flash. Moonfruit mempunyai langkah yang sangat memudahkan pelanggan: Mereka memungkinkan Anda membuat situs tanpa mendaftar atau memberi informasi apapun. Anda bisa mengklik dan memilih opsi; ketika situs hampir selesai, mereka akan bertanya untuk membagi e-mail Anda, username dan password, dan publikasikan.

Apa yang menarik: Sejauh ini, Moonfruit adalah salah satu solusi yang paling elegan dan professional dalam  membuat website gratis untuk perusahaan dan menjalankannya. Disini terdapat pilihan untuk bebas iklan. Tidak ada link kecil maupun teks iklan.

5.   Weebly

1

Weebly memungkinkan Anda membuat website dan blog gratis. Ini juga berbasis Flash, yang berarti juga mempunyai tampilan drag dan drop yang mudah. Anda tidak perlu menjadi ahli teknisi sama sekali. Weebly menawarkan puluhan desain dan template professional. Anda dapat menarik slideshow atau foto ke template sesuai keinginan. Mereka adalah satu-satunya alat yang memungkinkan dan mendukung blog dalam struktur situs. Selain itu, Weebly memiliki pilihan SEO sederhana sehingga Anda dapat menulis kata kunci dan deskripsi dalam kode dan akan ditemukan oleh mesin pencari.

Apa yang menarik: Jika Anda sudah memiliki nama domain sendiri, Weebly akan memersilahkan Anda menggunakannya secara gratis.

6.   Webstars

maxresdefault

Setelah Anda mengambil template dengan Webstarts, mereka akan membawa ke halaman yang berisi daftar halaman dalam situs Anda dan ikon untuk mengedit, preview atau menghapus. Ditambah, tepat di dashboard admin, Anda dapat menyesuaikan urutan halaman dan memutuskan halaman mana yang harus ada di menu navigasi. Webstarts sangat intuitif dan loading cepat. Sehingga Anda dapat membuat desain website yang menarik dan mudah dikunjungi. 

Apa yang menarik: Saat Anda mulai ke mode editing, sebuah jendela kecil turun dengan video tutorial. Anda dapat menutupnya, tapi itu bagus untuk mendapat bantuan dalam penggunaan item yang tersedia.

7.   WordPress

wordpress-future-dashboard

Ya, itu adalah sebuah platform blog dan bukan pembuat website. Namun, banyak perusahaan menggunakan WordPress sebagai platform website, dan punya peringkat sangat tinggi untuk bisnis UKM. Jika Anda punya anggaran yang ketat dan ingin tetap yang super sederhana gunakan ini secara gratis.

Apa yang menarik: Hanya dengan sekitar 150.000 rupiah per tahun Anda bisa mendapatkan nama domain sesuai keinginan.

Penjelasan singkat cara membuat website gratis di atas cukup membuat Anda bersemangat untuk membuat website bisnis, bukan? Membuat website itu penting, karena dapatmembantu memasarkan produk Anda dengan jangkauan lebih luas namun biaya yang tidak mahal. Segeralah mencoba dan semoga berhasil.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.