Idealnya masyarakat Indonesia bekerja selama 7 – 8 jam perhari. Tapi pada kenyataannya banyak diantara kita yang bekerja melebihi jam ideal tersebut. Terutama untuk Anda yang memiliki banyak deadline pekerjaan sehingga terpaksa lembur agar dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh atasan. Bahkan di hari Sabtu dan Minggu pun, Anda masih harus membalas berbagai macam email pekerjaan yang dikirimkan oleh client. Alhasil sebagian besar waktu Anda habis hanya untuk bekerja. Padahal ada banyak sekali hal lainnya yang jauh lebih penting jika dibandingkan dengan pekerjaan Anda. Berikut ini adalah 7 hal yang lebih penting dari pekerjaan Anda:

 

  1. Kesehatan

Anda mungkin setuju bahwa menjaga kesehatan adalah sesuatu yang harus diutamakan. Tapi pekerjaan Anda justru membunuh waktu Anda. Oleh karenanya Anda akan menjadi stress, kurang tidur dan hanya duduk seharian di depan komputer tanpa melakukan olah raga sama sekali. Pada dasarnya sebanyak apapun uang yang Anda miliki, tidak akan ada artinya jika Anda selalu sakit-sakitan. Bekerja itu wajib untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan Anda. Luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga ringan, jaga pola makan Anda dengan makan makanan yang sehat dan jangan lupa untuk menerapkan 4 cara menajemen stress yang benar.

Olahraga
Via Giphy

 

  1. Keluarga

Penulis menganggap bahwa keluarga adalah salah satu penyemangat hidup kita. Mereka juga menjadi salah satu tujuan Anda dalam bekerja. Ketika Anda mengesampingkan keluarga dibanding pekerjaan, maka itu adalah kesalahan terbesar Anda. Sesibuk apapun Anda ada baiknya untuk meluangkan waktu bersama keluarga.

Keluarga
Via Giphy

 

  1. Persahabatan

Selain keluarga, Anda juga perlu membangun persahabatan dengan beberapa teman Anda. Disaat menghadapi masalah dalam bekerja, Anda bisa meminta bantuan atau meminta saran dari mereka. Saat mengisi waktu luang pun Anda bisa bersenang-senang dengan mereka untuk menghilangkan penat. Namun jika memang pekerjaan Anda terlalu sibuk, maka tidak ada salahnya untuk tetap melakukan kontak melalui pesan singkat atau chatting.

Pertemanan
Via Giphy

 

  1. Percintaan

Semakin hari umur Anda akan terus bertambah. Jika Anda lebih mencintai pekerjaan Anda, maka selamanya Anda akan hidup dalam kesendirian. Anda perlu mencari teman hidup untuk bersama-sama membangun keluarga. Sehingga sudah saatnya bagi Anda untuk memikirkan dunia percintaan, jangan hanya mencintai pekerjaan secara berlebihan saja.

Relationship
Via Giphy

 

  1. Dunia Sosial

Orang yang terlalu mencintai pekerjaanya cenderung akan berubah menjadi individualis. Anda mungkin tidak memikirkan orang-orang disekitar Anda karena terlalu asyik dalam bekerja. Dunia sosial yang Anda miliki hanyalah sebatas sosial media, buka hubungan sosial yang alami. Bisa saja Anda sangat akrab dengan seseorang di media sosial tapi dalam kehidupan nyata belum tentu seperti itu. Oleh karenanya dunia sosial juga termasuk salah satu hal yang lebih penting dari pekerjaan Anda.

Dunia Sosial
Via Giphy

 

  1. Tujuan Hidup

Tahukah apa yang menjadi tujuan hidup Anda? Kebanyakan orang tidak mengetahui tujuan hidupnya. Mereka hanya berpikir untuk terus bekerja tanpa memikirkan apakah pekerjaannya sekarang sesuai dengan tujuan hidupnya. Sudah seharusnya Anda menemukan tujuan hidup, melaksanakannya dan kemudian mencapainya.

Tujuan Hidup
Via Tumblr

 

  1. Ketenangan Jiwa

Semua hal yang penulis jabarkan diatas akan membuat Anda sadar bahwa di dunia ini ternyata ada banyak hal yang jauh lebih penting dari pekerjaan Anda. Namun jika Anda bisa mengatur waktu dalam bekerja dan melakukan hal lainnya, maka Anda juga akan memperoleh ketenangan jiwa dan terbebas dari berbagai pikiran yang bisa membuat Anda menjadi stress. Salah satu cara untuk memperoleh ketenangan jiwa adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat Anda bahagia seperti berkumpul dengan keluarga, bercanda dengan teman, atau berlibur ke suatu tempat.

Calm
Via Giphy

Dengan menyadari 7 hal yang lebih penting dari pekerjaan Anda, maka kehidupan akan menjadi  lebih damai. Tidak ada lagi stress dan sakit-sakitan. Justru hubungan silaturahmi dengan orang terdekat juga selalu terjaga secara baik.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.