a

Memulai bisnis internet tidaklah berat. Jika Anda tahu benar bagaimana untuk memulainya, maka tidak akan menyangka bahwa bisnis intenet untuk pemula sekalipun menyenangkan dan mudah untuk dikerjakan. Apalagi jika sudah menjalankan dan menghasilkan uang dari bisnis onine ini, rasanya sudah tidak ingin bekerja secara offline lagi.

Lalu bagaimana memulainya? Ikutilah langkah-langkah bisnis internet untuk pemula di bawah ini:

1.  Tentukan Tujuan Bisnis Dan Anggaran Yang Tersedia

Apa tujuan Anda ketika memulai bisnis internet? Pasti jawabannya untuk mendapatkan uang. Yang dimaksud disini, apa tujuan bisnis internet Anda, untuk mendapatkan pelanggan baru atau menawarkan jasa? Atau mungkin memberikan informasi pada target pasar Anda? Atau mungkin membentuk komunitas online? Pada langkah ini, tentukan juga anggaran yang tersedia untuk diinvestasikan pada bisnis ini secara spesifik. Mempunyai tujuan dan investasi yang jelas pada awal perencanaan dapat membuat langkah selanjutnya lebih efektif.

2.  Menentukan Target Pasar

Target-Marketing-291x300

Dalam sebuah bisnis terdapat segmentasi dan target pasar. Tentukan dengan jelas siapa yang akan menjadi target pasar. Apakah semua laki-laki dan perempuan? Berapa usia yang dituju? Bagaimana kondisi sosial-eknomi mereka? Dan berapa penghasilan mereka? Kata kunci apa yang umum mereka gunakan ketika melakukan pencarian secara online?

Apakah perlu dibuat detail? Ya! Lebih detail lebih baik. Semakin Anda memahami pelanggan yang akan dituju, semakin mudah juga untuk mendapatkan perhatian mereka.

3.  Cari Tahu Pesaing Yang Ada

Ketahui dan pahami pangsa pasar dalam bisnis internet. Ada berapa banyak pesaing yang bermain di bisnis yang sama? Bagaimana produk mereka? Apakah pasar ini masih punya peluang untuk Anda? Sehingga Anda akan tahu dimana posisi terbaik untuk sukses dibisnis ini. Untuk melihat bisnis internet yang memiliki traffic bagus, dapat dicek di Alexa.com

4.  Tentukan Strategi Pemasaran

Seorang pengusaha yang sukses pasti punya strategi pemasaran yang bagus. Karena strategi pemasaran menjadi kunci mendapatkan pelanggan yang tepat.

5.  Memecahkan Masalah

Problem-Solving

Alasan utama orang membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan adalah untuk menyelesaikan masalah mereka. Ingat itu! Dan tanyakan pada diri sendiri, apakah produk Anda mempu mengatasi masalah mereka? Bagaimana cara kerja produk Anda? Dan apakah solusi yang Anda tawarkan ini lebih bernilai dari pesaing?

6.  Buatlah Merek Bisnis Internet Anda

Yang pertama adalah dari nama domain. Ini akan membedakan nama bisnis internet Anda dengan yang lain. Pilihlah .com. Karena internet sangat identik dengan nama .com. Dalam memilih nama domain, umumnya ada tiga kecenderungan. Pertama, menggunakan nama pemilik bisnis. Kedua, menggunakan nama bisnis. Ketiga, menggunakan kata kunci yang paling sering digunakan oleh pengguna internet.

Proses membangun merek dalam bisnis internet untuk pemula juga dilihat dari tampilan (desain website, font, template, warna, gunakan jasa desain website untuk hasil maksimal), konten, dan layanan. Tidak sulit bukan? Dengan menerapkan langkah keenam ini, kemungkinan untuk menghasilkan uang melimpah dari bisnis internet akan semakin terbuka lebar.

7.  Lupakan Kesempurnaan

not-perfect3

Jangan berharap semua akan sempurna sesuai rencan, ketika memulai bisnis internet untuk pemula. Pasti akan ada hambatan dan masalah. Itu sangat noemal dan alami. Pada situasi seperti ini, sikap realistis dan kesabaran Anda sangat dibutuhkan. Atau Anda pernah melihat bisnis internet yang belum pernah gagal?

Langkah-langkah memulai bisnis internet untuk pemula di atas tidak sulit dilakukan bukan? Untuk itu cobalah untuk menerapkannya. Dan yang terpenting, jangan pernah menyerah!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.