Memulai bisnis online memang tidak mudah, namun juga tak sesulit yang Anda bayangkan. Perlu diketahui bahwa jumlah pengguna internet secara global adalah 3.4 milyar orang di tahun 2015. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 10 persen dari tahun sebelumnya. Itu artinya, peluang untuk berbisnis online semakin luas karena jumlah pengguna aktif Internet pun kian bertambah besar.

Berikut adalah cara-cara bisnis online yang dapat Anda gunakan:

  1. Lakukan riset

Banyak entrepreneur yang lengah dan menganggap riset hanya buang-buang waktu. Padahal, riset akan sangat berguna untuk menentukan dan membentuk masa depan bisnis online Anda. Konsultasikan ide Anda kepada kerabat atau keluarga dekat sebelum memulai bisnis online, dan dengarkan baik-baik opini atau pendapat dari target market Anda. Tujuannya adalah untuk Anda mengetahui seperti apa produk yang sekiranya dibutuhkan konsumen.

Lakukan riset online, seperti mencari keywords apa yang sesuai dengan bisnis Anda, karena keywords yang menghasilkan banyak impression dapat meningkatkan traffic yang masuk ke website Anda. ‘Keyword Planner’, salah satu tools dari Google AdWords, bisa menjadi cara mudah untuk melakukan keyword research. Bila perlu, kunjungi website kompetitor dan lihat bagaimana mereka menjalankan bisnis untuk memenuhi permintaan pasar.

Research online business
Via Giphy

 

  1. Mencari nama dan mendaftarkan bisnis online Anda

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online adalah mencari domain yang akan menjadi alamat website resmi Anda. Ada banyak situs yang menjual domain seperti GoDaddy atau Register. Umumnya, situs-situs tersebut menawarkan paket harga domain dan web hosting juga.

Mengapa web hosting perlu? Layaknya mendirikan sebuah perusahaan, Anda membutuhkan tempat untuk kantor. Web hosting menawarkan space untuk menampung website Anda beserta isinya agar bisnis Anda terdaftar secara online.

online business domain
By LeStudio1 on Flickr

 

  1. Desain website yang menarik

Ada banyak cara mendesain website serta logo untuk bisnis online, namun Anda cukup mengikuti patokan simple ini; serahkan desain website Anda kepada orang yang berkompeten dan pastikan navigasinya mudah. Website yang baik akan sangat bermanfaat sebagai sarana komunikasi yang efektif dengan pelanggan Anda, sehingga memiliki fitur-fitur penting di website Anda akan secara otomatis meningkatkan kualitas customer service dan performa bisnis online Anda. Desain website yang baik akan mempermudah pembaca untuk melakukan navigasi web. Gunakan media seperti video dan audio untuk lebih memperjelas informasi.

good website design
Via Giphy

 

  1. Metode pembayaran online

Cara memulai bisnis online yang baik perlu mempertimbangkan metode pembayaran yang terpercaya dan mudah. Hal ini dibutuhkan karena dalam sistem pembayaran online, pembeli tidak bertemu dengan penjual. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang dapat diterima secara global serta biaya yang kecil. Anda dapat menggunakan layanan merchant account yang dikhususkan untuk sebuah bisnis agar Anda dapat menerima pembayaran lewat kartu kredit maupun kartu debit. Authorize.net dan SecureNet, contohnya, dapat memberikan layanan merchant account dengan biaya tertentu.

metode pembayaran online
Via Pixabay

Atau, Anda dapat menggunakan layanan Paypal yang sudah tak asing lagi di Indonesia, namun situs ini mengharuskan pengguna membayar biaya tambahan untuk transaksi.

 

  1. Menentukan metode pengiriman barang

Salah satu aspek penting dalam memulai bisnis online adalah memikirkan bagaimana barang akan dikirim ke para pelanggan. Pastikan Anda memilih jasa kurir terpercaya seperti TIKI dan JNE. Baca pula syarat dan ketentuan pengiriman barang dari penyedia jasa.

delivery bisnis online
Via Rsvlts

 

  1. Promosikan bisnis online Anda

Untuk mempromosikan bisnis online Anda, tentu dibutuhkan konten yang menarik dan informatif untuk menggaet customer. Gunakan social media sebagai sarana online marketing Anda untuk meningkatkan online presence serta berinteraksi langsung dengan konsumen Anda. Video marketing juga bisa dijadikan sebagai metode viral yang dapat mempengaruhi buying decision konsumen.

promosi bisnis online
Via Giphy
  1. Tentukan tolak ukur kesuksesan

Akan sangat sulit untuk mengetahui tingkat kesuksesan bisnis online Anda tanpa ada tolak ukur yang jelas. Mengetahui dengan baik metrik dari usaha marketing Anda akan dapat membantu perkembangan bisnis online Anda dengan jelas. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat menentukan tolak ukur kesuksesan berdasarkan audience, jumlah traffic, konten yang paling sering dibaca, atau keyword yang sering dicari.

sukses bisnis online
Via Giphy

Tujuh poin di atas akan sangat mempengaruhi cara bisnis online Anda berkembang. Perencanaan yang matang tentu akan memproyeksikan usaha Anda secara lebih jelas kedepannya.


Anita

Anita

I am very passionate about online media and content writing. Feel free to discuss projects with me at [email protected]