global era 1

Tidak mudah untuk memulai sebuah bisnis modal kecil dalam kondisi ekonomi yang rentan, terutama ketika perusahaan Anda bersaing dalam industri yang didominasi oleh pemain besar. Tidak sedikit para pemain besar yang akhirnya mengambil “jalan pintas” dan bekerjasama dengan pemerintah. Sehingga banyak startup yang akhirnya tidak bisa bertahan. Tapi dengan sedikit keberuntungan, dan banyak kerja keras, Anda pasti bisa membangun startup yang sukses. Berikut ini Sribu akan membagi strateginya:

1. Tahu siapa Anda dan tetap sederhana.

Tidak masalah jika Anda adalah CEO dari sebuah perusahaan atau pendiri startup baru, yang penting tahu nilai inti dari peran itu. Mungkin butuh waktu lama untuk mencari tahu posisi yang cocok dalam industri dan itu tidak masalah. Jika tetap setia pada nilai Anda, semua bisa menyesuaikan. Anda dapat memperbaiki image dengan berfokus pada kekuatan, dan melakukan satu hal yang benar-benar baik. Banyak startup yang mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal. Ini justru tidak akan berkelanjutan.

Secara teori, bagus untuk menjadi one-stop shop untuk semua hal, tapi Anda tidak akan fokus dan punya satu keahlian khusus. Satu nasihat: Mengkhususkan diri dalam satu hal.

global era 2

2. Membangun teknologi sendiri.

Teknologi milik sendiri adalah bahan yang diperlukan untuk sukses di banyak industri. Membangun sendiri segala sesuatunya dan menggunakannya. Selalu lebih baik untuk berinvestasi pada diri sendiri dan menggunakan produk Anda daripada menyewa dari tempat lain.

3. Anda tidak perlu membunuh raksasa untuk berhasil.

Jika Anda pernah melihat AdMarketplace, mereka bukanlah pesaing besar Google, dan mereka tidak berpura-pura menjadi Google. Sebaliknya, mereka memposisikan diri sebagai sesuatu yang dapat diandalkan sebagai substitusi Google. Monopoli besar selalu memiliki kelemahan, perusahaan yang cerdas mengambil celah untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

4. Selalu memiliki lebih dari satu klien.

Eksklusivitas terdengar hebat secara teori, terutama jika bekerjasama dengan raksasa IT terkenal. Namun, teknologi dan media adalah industri yang dinamis. Raksasa bisa jatuh. Kerajaan bisa runtuh. Jika Anda benar-benar tergantung pada satu pihak, maka jangan kaget jika suatu saat harus jatuh.

global era 3

5. Merekrut secara cerdas.

Tanpa dukungan kuat dari karyawan yang luar biasa, semuanya akan berantakan. Merekrut calon karyawan harus benar-benar serius. Carilah orang-orang yang ingin berkarir, bukan hanya mencari pekerjaan. Juga, menemukan orang-orang yang ingin mengembangkan diri.

6. Kerja keras.

Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dinegosiasikan dan mungkin pelajaran yang paling penting dari semuanya. Sekalipun Anda memiliki ide terbaik di dunia, itu tidak akan terrealisasi dengan sendirinya. Anda harus bekerja lebih keras daripada kompetitor. Bisnis kecil memiliki keuntungan di sini, karena, etos kerja yang kompetitif dan sehat dapat menyerap budaya kantor lebih mudah. Dan, Anda harus tetap bekerja keras. Bahkan sekalipun bisnis Anda mulai dikenal dan menetapkan diri sebagai pesaing yang layak, jangan enggan untuk mengerjakan berbagai hal yang bisa dilakukan sendiri di masa lalu.

7. Bersenang-senang dengan itu.

Seperti halnya perjuangan dalam hidup, jika Anda tidak bisa bersenang-senang, apa gunanya? Membangun startup akan selalu menantang, tetapi juga harus menyenangkan bagi semua orang yang terlibat. Sukses adalah ketika tim Anda percaya pada apa yang sedang mereka bangun. Ketika kita tumbuh sebagai sebuah organisasi, kita harus membuat prioritas untuk mendukung inisiatif yang akan membantu membangun generasi berikutnya menjadi pemecah masalah yang cerdas dan juga inovatif.

global era 4

Jangan takut untuk sukses, dan jangan terlalu banyak berpikir jika ingin berhasil. Ide hebat dan analisis sempurna tidak ada manfaatnya tanpa tindakan nyata. Segeralah bertindak. Semua startup punya kesempatan yang sama untuk sukses, jika orang-orang yang ada didalamnya yakin dan mau bekerja keras.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.