online-business

Tips bisnis online biasanya dicari oleh pemula yang ingin tahu tips dan trik yang dapat diaplikasikan secara nyata sehingga dapat menghasilkan uang. Sebenarnya, tidak ada aturan yang benar-benar tepat dan cepat dalam tips bisnis online. Tips yang ditawarkan biasanya dimaksudkan sebagai pedoman perjalanan kewirausahaan Anda ketika masuk dalam persaingan bisnis online. Ini lah 7 tips yang akan memandu Anda untuk menjalankan bisnis online!

Tips 1 : Sabar Itu Emas!

Jika Anda memiliki blog untuk bisnis online Anda, maka Anda perlu menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri Anda. Mengapa Anda membuat blog? Apa yang Anda yakini dalam memposting setiap artikel pada blog Anda?

Jika pertanyaan tersebut terjawab dan mengarah kepada angka penjualan, maka Anda meyakini bahwa blog Anda akan membawa hasil berupa sales. Mari kita lihat beberapa kemungkinan skenario yang mungkin telah Anda lakukan:

  • Anda telah benar-benar melakukan optimisasi pada kata kunci tertentu. Selama meneliti kata kunci, Anda mengerti bahwa kata kunci tertentu memiliki persaingan lebih sedikit namun memiliki angka pencarian yang tinggi dalam satu bulan. Nyatanya, Anda akan merasa kesulitan menemukan link menuju blog Anda dengan kata kunci tersebut, bahkan hingga halaman ke-10 pada Google sekalipun.
  • Setelah Anda mempublish begitu banyak post, mengomentari dan mencantumkan  link Anda pada lebih dari 100 halaman web, Anda masih tidak memiliki link yang mengarah ke blog Anda setelah 48 jam.
  • Anda baru saja mengeluarkan uang untuk blog Anda dengan merencanakan pemasangan iklan melalui Adsense atau program iklan lain? Yang mengkhawatirkan adalah ketika Anda telah memasang iklan tersebut selama sebulan penuh dan Anda hanya mendapat 3 klik serta laporan tagihan sebesar $0,1.

Pada contoh pertama, sebaik apa pun upaya pengoptimalan yang Anda lakukan, jika domain Anda baru saja terdaftar, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil sesuai harapan Anda secara langsung. Ada yang disebut otoritas domain sehingga membuat akun yang baru terdaftar menjadi berada pada urutan belakang pencarian. Karena itu, tunggulah posting Anda setidaknya 90 hari setelah dipublish.

Pada contoh kedua, blog membutuhkan waktu sebelum akhirnya postingan yang benar-benar diakui kualitasnya tersebar. Bersabarlah! Dua minggu sampai satu bulan adalah waktu yang tepat untuk menyebarkannya. Namun menyebarkan link blog Anda ke lebih dari 100 halaman web tentu juga bisa dianggap spam yang malah memberikan efek negatif.

Sedangkan pada poin ketiga, Anda butuh kesabaran yang lebih besar lagi. Siapa yang akan membeli dari orang asing? Sebagai pemula dalam bisnis online yang menghasilkan uang secara online, Anda biasa dianggap sebagai orang asing. Banyak blogger atau pelanggan online yang belum tahu siapa Anda. Tenang saja, ketika Anda mulai dikenal, jumlah klik pada iklan yang Anda pasang akan sesuai dengan tulisan yang diposting di blog Anda. Tapi, mungkin hal ini akan membutuhkan hitungan tahun untuk menikmatinya.

Tips 2 : Uang Akan Datang – Tapi Tidak Secepat Itu

Online-business-shinning-in-the-market

Menyedihkan jika melihat bagaimana jika blog besar atau pengusaha online besar mengalami penurunan karena pemilik blog bukannya memikirkan konten yang bagus dan berkualitas malah ikut-ikutan memikirkan uang. Dengan konten yang berkualitas, maka pengunjung pun akan semakin mengenal Anda dengan segala solusi dan informasi bermanfaat yang Anda tawarkan melalui blog Anda.

Blog. Buatlah menyenangkan. Bagikan – dan dapatkan uang Anda.

Kenapa harus membuat berbagai posting yang menyenangkan ketika blogging? Blogger yang menjadikan blog sebagai media untuk menyebarkan kesenangan dan bukan semata-mata hanya untuk uang itu sangatlah baik. Mereka menghasilkan konten yang didambakan pembaca yang dalam jangka panjang tentu akan  menghasilkan uang lebih dari yang diperkirakan.

Tips 3 : Apapun yang Anda Lakukan, Pikirkan Traffic

Banyak blogger yang belum berpengalaman mencoba untuk langsung menggunakan Adsense setelah membuat blog atau pada saat blog masih berusia 2 minggu, berisi 10 artikel, menerima 70 pengunjung unik perhari, dan hanya sekitar 200 kali dilihat dalam 24 jam.

Tentu itu semua bukan keadaan yang baik!

Dengan traffic yang tinggi, maka Anda memiliki banyak pembaca blog Anda sehingga meningkatkan kemungkinan mereka berkonversi menjadi pelanggan sehingga dapat menghasilkan uang untuk Anda. Jadi sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan traffic pada website.

18587469_s

Mari buat aturan ilustrasi dari implikasi traffic pada bisnis Anda. Aturan ini menyatakan bahwa setiap 100 konten yang dibuat, hanya mengharapkan 20 persen respon positif. 20 persen itu dalam bisnis online belum tentu berbanding lurus dengan masuknya jumlah uang. Hanya mereka yang tertarik pada produk Anda yang akhirnya akan memberikan respon positif.

 Tips 4 : Kerja Online Lebih Sulit daripada Offline

Bagi seorang pemula yang mencari tips untuk bisnis online, godaan untuk percaya bahwa mencari nafkah melalui online itu sebenarnya lebih sederhana dan bebas stress adalah pemikiran yang salah. Mendapatkan uang dari bekerja online sebenarnya jauh lebih sulit dari bekerja offline. Terutama jika baru memulai, mengapa?

  • Anda harus membuat pengunjung memiliki alasan untuk sering melihat blog/website Anda.
  • Harus memberi alasan pada pengunjung untuk membeli apa yang Anda jual
  • Anda juga harus membangun otoritas Anda
  • Pastikan bahwa Anda tidak sekedar mengarahkan traffic ke website, tapi juga harus mengerti dari mana traffic tersebut datang

Hal-hal menariknya, jika Anda memang ingin menjadi seorang blogger yang sudah punya pendapatan stabil, Anda dapat bersantai setelah 2 tahun pertama. Tetapi jika ingin menjadi yang di puncak dan muncul sebagai blogger terbaik, Anda harus bekerja lebih keras agar blog Anda menjadi salah satu situs populer.

Apa Anda siap untuk meraihnya?

Tips 5 : Konten saja Bukanlah Raja

ContentisKing

Banyak yang memperdebatkan bahwa konten adalah raja. Tapi itu salah karena jika Anda hanya mengisi blog dengan konten berkualitas saja Anda juga tidak dapat menarik traffic yang tinggi. Berbagai fitur lain dibutuhkan untuk membuat ‘mahkota’ pada konten agar dapat menjadi raja. Diperlukan strategi dalam membuat konten. Beberapa yang dapat membuat konten Anda menjadi raja adalah;

  • Optimasi semua halaman
  • Promosi blog
  • Penelitian kata kunci yang tepat
  • Membuat pola untuk update, dll

Pahami hal ini dengan baik jika tips bisnis online sangatlah berarti bagi Anda.

Tips 6 : Untuk Setiap Versi Premium, Ada Versi Gratis

Ketika Anda baru mencoba untuk menjalankan bisnis online dengan blog atau website, mereka dihadapkan dengan berbagai software, tema, plugin, dll yang menjanjikan untuk membuat pengunjung mendapatkan informasi dengan lancar dan cepat.

Sejujurnya, sebagian besar versi premium ini bukanlah hal yang benar-benar Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan melalui bisnis online. Mereka hanyalah program sederhana yang berambisi untuk mendapatkan keuntungan seperti Anda.

Tapi jika benar-benar membutuhkan program tersebut, cobalah mencari alternatif. Misalnya untuk SEO, SEOPressor adalah versi premium, sehingga Anda bisa menggunakan layanan lain seperti WP SEO dari Yoast benar-benar gratis.

Tips 7 : Sedikit Nasihat, Tapi Ambil yang Bermanfaat untuk Anda

Melalui internet, Anda bisa mendapatkan berbagai tips dari internet. Berbagai tips tersebut biasanya tidak bisa dipraktekkan seutuhnya. Ada beberapa saran yang tidak sesuai dengan geografis Anda, namun mungkin bisa dipraktekkan pada daerah geografis yang lain.

online-business-plans

Beberapa tips bisnis online di atas tentunya juga harus Anda pilih dan saring. Jangan lakukan yang tidak sesuai untuk Anda karena tentu ada perbedaan kondisi pada setiap orang dan lingkungan. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan segera membawa Anda kepada kesuksesan.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.