Merancang sebuah logo, apakah sangat sederhana? Coba Anda pikirkan lagi. Desain logo sering menjadi kesan pertama sebuah perusahaan dan menjadi salah satu yang dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap brand Anda. Coba Anda perhatikan, produk yang telah mendunia. Nah, setiap desain logo pasti memiliki tujuan. Dan sebenarnya, makna desain logo keren, telah Sribu tampilkan sebelumnya.

Kita hidup dalam masyarakat yang sangat umum dengan logo brand. Bagi mereka yang hendak memulai perjalanan desain logo, atau berpikir sudah waktunya untuk membuat identitas visual perusahaan untuk menjalin komunikasi secara tidak langsung untuk memperkenalkan produk-produk mereka, ada baiknya untuk mengikuti artikel ini. Selamat membaca..

 

1 Jadilah yang Unik dan Cerdas

urlSebuah logo adalah apa yang membantu membedakan suatu kualitas brand dari para pesaingnya, jadi penting bahwa desain logo harus lebih menonjol dari yang lain, karena Anda akan banyak berjuang bersama logo Anda. Nah, mungkin sudah banyak produk imitasi yang beredar. Itu sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi, untuk desain logo, ini tidak akan terjadi.

Membuat desain yang unik adalah tidak sepenuhnya untuk menghindari kemungkinan untuk diimitasi, tetapi juga tentang merancang sesuatu yang tidak biasa. Buatlah desain logo Anda lebih cerdas dari biasanya. Mungkin Anda bisa mencari inspirasi dari desain yang telah membawa produk ke jenjang yang lebih luas lagi.

 

2. Memahami Brand Anda

Wikipedia-logo-v2-blueprint.svgMemang benar bahwa desain logo adalah sebuah gambar, tetapi ia berperan kuat dalam pengenalan brand Anda. Logo harus mencapai audiens secara spesifik, ini yang harus Anda garis bawahi. Tuliskan apa yang Anda pikirkan tentang brand Anda. Bahkan mungkin membuat notice yang mengingatkan Anda tentang ideologi suatu brand.

Ikuti tren desain yang ada. Tetapi, akan lebih penting jika Anda tetap setia pada kepribadian menyeluruh pada brand Anda. Lebih baik lagi jika Anda mengetahui maksud desain logo Anda dan bisa menjabarkannya. Setiap logo memiliki beberapa jenis sejarah, yang dikemas dengan makna dan tujuan. Kita ambil contoh logo Apple atau Wikipedia diatas, misalnya. Kedua logo sederhana, namun memiliki corak nada yang kuat, sehingga mampu menggebrak dunia.

 

3. Warna adalah Kunci

colors-imageKetika mengambil kepribadian suatu brand, Anda harus berpikir tentang setiap aspek dari gambar tersebut. Warna-warna cerah dan berani mungkin menarik perhatian seseorang, tetapi juga bisa tampak kurang pantas. Teredam nada memancarkan kecanggihan, tapi bisa juga diabaikan. Setiap warna memiliki implikasi yang berbeda dan dapat membawa nuansa pesan Anda agar tidak jatuh ke dalam perangkap menyampaikan pesan yang salah karena goresan yang sederhana. Perhatikan warna yang paling mendominasi di dunia dan pelajari makna dari beberapa warna berikut :

Red: energik, seksi, berani

Orange : kreatif, ramah, muda

Kuning : cerah, inventif, optimisme

Hijau : pertumbuhan, organik, instruksional

Biru : profesional, tenang, dapat dipercaya

Ungu : spiritual, bijak, menggugah

Black : kredibel, elegan, kuat

Putih : sederhana, bersih, murni

Pink : menyenangkan, manis

Brown : pedesaan, sejarah, mantap

 

4. Apa Makna Sebuah Nama?

logos-1Apakah merek Anda dapat menggunakan logotype (logo dengan tulisan) saja? Sebenarnya itu tergantung pada jenis nama brand yang Anda miliki. “Jika perusahaan Anda memiliki nama yang unik, maka Anda bisa lolos dengan logotype. Tapi jika Anda memiliki nama generik, maka Anda akan membutuhkan sesuatu untuk mengidentifikasi perusahaan yang dapat dicapai dengan menggunakan gambar logo. Ciptakan sebuah ciri khas dari logo Anda, Coca-Cola memiliki jenis huruf khas, yaitu dengan tulisan miring. Begitu pula dengan Ray-Band dan IBM. Mereka memiliki ciri tulisan yang khas.

 

5. Tetap Mudah dan fleksibel 

FedEx-Logo-VectorSangat penting untuk memiliki kombinasi yang seimbang, sederhana, dan unik. Anda ingin logo Anda menarik, tetapi Anda tidak ingin seseorang harus duduk, menatap, dan menganalisis logo Anda. Sebuah contoh yang baik adalah logo FedEx, sebuah Logotype sederhana dengan corak nada seimbang. Gambar memanfaatkan ruang negatif untuk membuat panah yang berkonotasi kecepatan, ketepatan dan arah (Perhatikan panah antara huruf E dan X). Amazon juga hanya menggunakan nama sebagai desain logo nya, tetapi juga mengacu pada persediaan yang luas dengan panah kecil dari a → z.

 

6. Jangan Mengharapkan Sukses yang Instan

urlNike, Puma, Audi dan semua logo ikonik yang sukses, ternyata memang butuh waktu untuk mendapatkan popularitas. Logo tidak akan menjadi ikon secara langsung, bahkan jika Anda telah merancang suatu kombinasi yang paling indah dari vektor sekalipun. Hal ini tergantung pada keberhasilan produk dan pasar di mana ia berada.

Tapi apa yang membuat mereka logo ikonik begitu indah? Jika Anda melihat bagaimana mereka berasal, Anda akan melihat bahwa mereka berasal dari pemahaman besar tentang prinsip-prinsip brand.

Sangat penting untuk bersabar dan tidak terburu-buru untuk membuat perubahan dengan desain Anda. Jangan heran bahwa Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal ketika Anda sedang merancang sebuah kesuksesan dengan desain logo.

 

7. Gunakan Sumber Daya Online

1280x720-5BFAda lautan luas yang berisi tentang informasi secara online bagi Anda yang membutuhkan inspirasi, kolaborasi atau bantuan ketika mendesain logo perusahaan. Ada segudang informasi yang bisa Anda dapatkan di internet tentang bagaimana logo yang pas untuk perusahaan Anda. Jika Anda memang sudah menemukannya, bersiaplah untuk bertempur memperkenalkan desain logo perusahaan Anda di mata dunia.

 

Banyak hal yang paling berpengaruh terhadap laju cepat perusahaan Anda. Jika Anda telah memegang beberapa konsep strategi marketing, mungkin sudah saatnya Anda memikirkan desain logo yang baik untuk perusahaan Anda. Bekerjalah dengannya, karena itu akan sangat membantu langkah Anda.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.