Merancang logo perusahaan? Sering sekali itu menjadi hal yang terdengar sangat mudah. Apakah itu benar? Coba fikirkan sekali lagi.  Logo memiliki makna tersendiri yang akan menentukan tinggi/rendahnya suatu produksi. Logo bukan hanya desain visual saja, tetapi harus memiliki arti tentang apa yang diwakilinya, memberikan kekuatan persuasi, dan meyakinkan banyak orang ketika pertama kali melihat atau bahkan mendengar produk tersebut.

Kita sebagai manusia yang hidup di jaman modern yang penuh dengan brandmark, sudah seharusnya tau apa dan bagaimana logo perusahaan itu.  Dengan kata lain, tidak hanya orang-orang yang telah pandai di bidangnya saja yang tau apa itu desain logo. Bahkan mungkin anak kecil saja tau brand tertentu hanya dengan melihat logo suatu produk.

Nah, bagaimana cara efektif dalam merancang logo perusahaan itu? Simak beberapa langkah berikut, sebagai pencipta suatu kreatifitas yang menginspirasi.

1. Jadilah Unik dan Cerdas

uniikk

 

Perdagangan di dunia semakin lama akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Ini memungkinkan bahwa persaingan harus semakin pesat. Para produsen berlomba-lomba menciptakan suatu produk yang original, berbahan terbaik dan berkwalitas tinggi, sehingga produk yang mereka ciptakan dapat mendapatkan nilai “sempurna” dan siap bersaing di pasar global.

David Airey, seorang desainer grafis profesional berkata,”Yang penting adalah untuk menciptakan sesuatu yang Anda percaya adalah berbeda dari apa yang sudah di luar sana “. Sudah jelas terbaca dibenak kita, bahwa kreatifitas adalah modal utama dalam menciptakan sebuah desain logo perusahaan.

Konsumen memiliki banyak pertimbangan untuk memilih branding mana yang akan mereka pergunakan, disini produsen ditantang untuk merancang dan mewujudkan logo yang kreatif dan menarik. Ciptakanlah desain logo perusahaan yang unik dan menarik sehingga memberikan kekuatan persuasi yang baik pula.

 

2. Memahami Merek

default

 

Logo hanyalah sebuah gambar. Tetapi juga pengenalan terhadap pengenalan merek dagang tertentu. Ketika Anda merancang sebuah logo perusahaan, sudah sepantasnya Anda harus berfikir ulang, apakah logo ini akan tercapai kepada Audience secara spesifik atau tidak? Mengapa demikian? Sebagai product creator, Anda harus mengerti secara detail apa produk yang sedang Anda jual.

Tuliskan apa yang Anda pikirkan tentang merek dagang, bahkan mungkin membuat papan suasana hati dengan citra yang mengingatkan Anda tentang ideologi merek, tetapi berhati-hatilah dengan estetika terhadap makna yang lebih dalam, berhati-hatilah dengan kesalahan desain yang mungkin akan terjadi ” Telitilah merek visual lainnya. Ini akan dapat membantu memasarkan produksi Anda, tetapi desainer  tidak diperkenankan mengambil inspirasi yang terlalu harfiah, untuk mencapai kesuksesan desain.” Setiap pekerjaan desain harus asli dan peta langsung kembali ke atribut merek yang unik klien Anda . ”

Lebih dari segalanya , Anda harus tau artinya desain logo perusahaan Anda.  Setiap logo memiliki beberapa jenis sejarah, penuh dengan makna dan tujuan .  Sebagai contoh adalah Wikipedia , sebuah dunia yang belum selesai potongan puzzle ditutupi dengan mesin terbang dari sistem penulisan yang berbeda . Kedua logo sederhana , namun memiliki arti bahwa semua akan kembali ke ideologi merek.

 

3 . Warna Adalah Kunci

warna

 

Bilamana kita berfikir tentang sebuah warna, pasti akan sangat menarik jika warna-warna cerah dalam menarik perhatian seseorang. Begitu pula dengan desain logo perusahaan. Usahakan untuk menggunakan warna yang menggambarkan sebuah nuansa yang memancarkan sebuah pesan produk Anda. Hati-hati terhadap pengaplikasian warna yang sedang ingin Anda gunakan. Simak beberapa warna yang sedikit banyak memiliki arti tersendiri berikut

Merah: energik , seksi, berani

Orange: kreatif, ramah , muda

Kuning : cerah, inventif , optimisme

Hijau: pertumbuhan, organik , instruksional

Biru : profesional, medis , tenang , dapat dipercaya

Purple : spiritual , bijak , menggugah

Black: kredibel dan kuat

Putih: sederhana, bersih , murni

Pink: menyenangkan dan genit

Brown : pedesaan, sejarah, mantap

4 . Apa arti sebuah nama ?

nnaammee

Desain logo perusahaan tidak akan lepas dari pemberian branding name. Ketika mempertimbangkan tipografi untuk teks Anda , pastikan untuk menghindari font yang terlalu menarik perhatian , memanfaatkan ruang negatif dan mungkin mengubah font yang ada. Karena itu akan membuat Anda kesulitan dalam menjabarkan makna produk Anda. Beberapa merek dagang yang sudah mendunia, lebih cenderung menggunakan nama dengan font yang sangat biasa. Ini bertujuan untuk memudahkan seseorang melihat dan menghafal produk tersebut. Coca-Cola misalnya. Sangat mudah untuk diingat. Desain yang efektif dan sangat sederhana, membuat produk ini luar biasa terkenal dikalangan manapun.

Ambil keputusan bijak untuk memberikan nama produk Anda. Jika perusahaan Anda memiliki nama yang unik , maka Anda bisa lolos dengan logotype . Tapi jika Anda memiliki nama generik , maka Anda akan membutuhkan sesuatu untuk mengidentifikasi perusahaan dengan , yang dapat dicapai dengan menggunakan tanda logo.

 

5.  Jadikan Logo Perusahaan Mudah dan Fleksibel

Sangat penting untuk mengkombinasikan antara yang sederhana dengan yang unik – Anda ingin logo Anda menjadi menarik, tetapi Anda tidak ingin seseorang harus duduk dan menatap, menganalisis logo. Sebuah contoh yang baik adalah logo FedEx, sebuah Logotype sederhana. Gambar memanfaatkan ruang negatif untuk membuat panah yang berkonotasi kecepatan, ketepatan dan arah. Selain itu, perusahaan berubah warna “Ex” untuk mengklasifikasikan jenis pengiriman yang cepat dan tepat sasaran. Begitu pula dengan Amazon, hanya menggunakan namanya, tetapi juga mengacu pada persediaan yang luas dengan hanya bersimbolkan panah kecil dari a hingga z.

fedex amazon

Di era digital, di mana logo akan muncul di beberapa perangkat dan di media sosial, pastikan Anda harus merancang sesuatu yang melebihi tulisan di kertas. Desain logo perusahaan harus terlihat bagus pada latar belakang yang berbeda, bekerja untuk aplikasi, ikon, avatar dan cetak, dan itu harus fleksibel dalam ukuran. Contoh produk adalah Adidas, merek yang menggabungkan motif yang sama dari tiga palang sejajar di semua desainnya. Perubahan visual yang sedikit tergantung di mana Anda melihatnya, tapi selalu mengandung komponen yang sama. .

Menciptakan logo yang relevan atau tidak akan pernah kadaluwarsa dalam hitungan bulan, atau bahkan bertahun-tahun, tampaknya akan menjadi sedikit lebih dari sebuah tantangan. Jika Anda ingin merancang sesuatu yang akan berlangsung selama berabad-abad, maka Anda harus terbuka untuk berinteraksi dengan apapun di sepanjang jalan. Pelajarilah suatu pedoman yang memungkinkan Anda mampu merancang sebuah logo perusahaan yang lekat dengan kesan inovatif.

6. Jangan Mengharapkan Sukses yang Instant

“Semua butuh proses”. Mungkin kalimat itu sudah lama sekali terdengar di telinga kita. Sukses seperti apapun, semua butuh waktu untuk mendapatkan popularitas. Desain logo tidak akan menjadi ikon langsung , bahkan jika Anda telah merancang kombinasi yang paling indah sekalipun. Hal ini tergantung pada keberhasilan produk dan pasar di manapun dia berada . ” Apa yang Anda pikirkan adalah desain terbaik. Atau mungkin sangat baik jika terwujud. Namun, mulailah berfikir lagi bagaimana membuat karya yang bisa diterima orang terlebih dahulu sebelum berfikir untuk menyebar luaskan desain tersebut.

Sangat penting untuk Anda bersabar dan tidak terburu-buru untuk membuat perubahan dengan desain yang sedang Anda rancang, hanya karena Anda belum mendapatkan penerimaan seperti pada pengharapan awal . ” Jangan mengubah logo Anda hanya karena Anda bosan , atau karena pesaing yang Anda miliki, ” kata Harkins . ” Jika sudah tiba saatnya logo Anda akan berkembang, maka sudah saatnya Anda mencari elemen yang dapat dilakukan ke depan . ”

7 . Gunakan sumber daya online dan alat-alat

OL

Ada laut besar informasi secara online bagi mereka yang membutuhkan beberapa inspirasi , kolaborasi atau bantuan ketika mendesain logo perusahaan. Carilah sumber yang menginspirasi tentang desain logo yang banyak didatangi readers. Biasanya terdapat space untuk menghubungkan dengan desainer-desainer yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jaman sudah banyak mengacu pada sistem online. Pergunakanlah dengan baik, sehingga akan membantu Anda untuk mempermudah mendesain logo yang kreatif, inovatif dan inspiratif

 

 

 

 


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.