membuat website restoran

Sebagai seorang designer, saat Anda ingin membuat website tentunya Anda harus berpikir seperti yang pelanggan pikirkan. Anda harus memikirkan hal-hal seperti apa yang harus Anda lakukan untuk membuat website yang cantik? Kemudian Anda juga harus memikirkan hal-hal seperti mengapa orang-orang pergi ke restoran? Untuk sekedar makankah? Atau hangout kah?

Sebuah situs restoran online berarti Anda dapat menerima pesanan secara online. Website ini adalah atribut penting dari setiap bisnis modern. Karena membuat website adalah salah satu cara meningkatkan kualitas sebuah bisnis. Berdasarkan hal tersebut, tentunya sebagai seorang designer harus memberikan yang terbaik dalam membuat website yang cantik dan menarik perhatian pelanggan. Inilah 7 tips membuat website restoran yang bagus dan menarik.

1.    Sasaran Pelanggan

Dari awal, Anda harus tahu siapa target Anda. Jika ada sebuah universitas di dekat kafe Anda, maka mahasiswa lah yang akan sering datang. Jika restoran Anda di daerah perkantoran, maka restoran Anda adalah sasaran makan siang para karyawan yang sedang istirahat. Intinya adalah Anda harus memeriksa segmentasi pasar Anda.

Setelah sasarannya sudah Anda tentukan, Anda sudah bisa memulai membuat website. Jika kafe mahasiswa, maka Anda harus memilih desain yang bersih dan juga cerah. Sedangkan untuk yang melibatkan karyawan, Anda harus membuatnya terkesan elegan dan professional.

Anda juga dapat memberlakukan “Happy Hours” atau diskon lainnya untuk menarik banyak pelanggan. Jangan lupa untuk membuat halaman situs ekstra, gambar slider, atau jendela pop-up untuk mendeskripsikan promo-promo kafe Anda.

CAU Restaurant

2-cau-restaurant-website

Giraffe

3-giraffe-restaurant-website

2.    Buat Sederhana

Setiap website restoran yang baik, harus mencakup halaman penting dan diperlukan seperti homepage, menu, about us dan contact form.  Sangat penting bagi designer untuk membuat page tersebut, karena tanpa mereka website Anda tidak akan lengkap. Anda juga dapat menambahkan review page sebagai testimonial orang-orang yang mengunjungi restoran Anda.

Cantilever

4-cantilever-chippy-restaurant-website

Dan Anda harus coba untuk membuatnya sesederhana mungkin. Ada prinsip desain yang dicatat oleh angkatan laut Amerika Serikat yang disebut dengan K.I.S.S yaitu Keep It Simple, Stupid. Dengan prinsip ini, kesederhanaan dan desain yang user-friendly adalah tujuan utama Anda. Karena tidak pengunjung yang tidak menemukan yang mereka cari dalam tiga klik, maka mereka akan keluar dari website Anda.

3.    Color Sheme

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa palet warna dari sebagian situs restoran terdiri dari empat warna utama? Nah, Anda akan melihat apa arti dari spectrum warna pada website restoran. Tetapi empat warna tersebut dipilih karena suatu alasan.

 Cokelat: Melambangkan keAndalan, stabilitas, dan kepatuhan terhadap tradisi.

FIG5-fig-restaurant-website

Putih: Memberikan perasaan kesegaran, kemurnian, dan kebebasan.

Solegiallo

6-solegiallo-restaurant-website

Hitam: Dikaitkan dengan misteri dan kekuatan penciptaan. Selain itu, fotografi makanan tampak hebat pada latar belakang hitam.

Daimu

7-daimu-restaurant-website

Merah: Warna merah paling sering digunakan oleh restoran cepat saji karena merupakan simbol gairah dan keinginan rahasia. Selalu mencoba untuk mempertimbangkan fakta bahwa warna mempengaruhi perilaku pengguna. Gunakan pengetahuan ini untuk keuntungan Anda.

Backyard Burgers

8-back-yard-burgers-restautrant-website

4.    Mudah Menggunakan Contact Form

Contact Form pada website Anda harus dapat digunakan secara mudah. Ini tidak cukup hanya untuk meninggalkan alamat email atau nomor telepon di halaman kontak. Sebuah formulir kontak memungkinkan Anda menambahkan kolom yang dapat membantu mempersempit apa kebutuhan pelanggan Anda sehingga Ia meninggalkan emailnya. Jangan lupa untuk melampirkan peta ke formulir untuk menunjukkan lokasi restoran Anda, yang akan menghapus pertanyaan tentang lokasi restoran Anda.

Cannolificio Mongibello

9-cannolificio-mongibello-restaurant-website

5.    Tetap Bersosialiasi

Ada banyak situs-situs sosial yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dan menemukan pelanggan potensial. Biarkan pengunjung Anda mengikuti berita Anda, update, dan bahkan staf melalui jaringan sosial seperti facebook dan twitter. Tetap terbuka untuk komunikasi, bersikap ramah dengan pelanggan Anda, bersikap baik dan mereka akan bertindak dengan cara yang sama.

The Noodle Box

10-the-noodle-box-restaurant-website

6.    Gambar Berkualitas Tinggi

Pada website, salah satu hal yang membuat Anda berjuang untuk mendapatkan pelanggan ialah usaha agar mereka mau meng-klik website Anda. Oleh karena itu, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah membuat foto latar belakang yang menarik. Kemudian, Anda dapat menggunakan gambar berkualitas tinggi, agar makanan pada menu Anda terlihat lebih lezat.  Anda juga dapat menggunakan foto-foto interior restoran Anda dalam website Anda. Karena tidak sedikit orang yang mencari restoran dengan interior yang menakjubkan.

Easy Bistro

11-easy-bistro-restaurant-website

7.    Buatlah “About US” Page Yang Menarik

Situs web Anda merupakan instrumen untuk memenangkan hati pelanggan Anda terlebih dari pesaing Anda. Halaman “About US”  Anda harus unik dan membuat Anda berdiri keluar dari keramaian. Cobalah untuk menemukan lapisan kepribadian Anda danmenambahkannya di sana. Tampilkan pelanggan potensial Anda bagaimana ramah dan profesional tim Anda.

Square

12-the-square-restaurant-website

Orang-orang membaca informasi web berbeda dari cara mereka membaca buku dan majalah. Mereka membaca dengan lancar, memilih poin-poin penting untuk diri mereka sendiri. Menyimpan fakta ini dalam pikiran dan menyoroti momen utama dengan huruf tebal. Ini akan membantu tidak hanya untuk melihat informasi yang lebih baik, tetapi juga untuk indeks untuk search engine, seperti Google.

Tips ini dirancang untuk pemula. Tetapi, semoga para professional juga menghargainya. Karena dengan melakukan langkah-langkah diatas, artinya Anda selangkah lebih maju dari tujuan bisnis Anda. Ingatlah bahwa website adalah salahsatu cara untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda. dan Anda juga perlu mengingat bahwa kesempurnaan adalah sebuat perjalanan bukan tujuan.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

* Credits to:

hongkiat.com

^ designing restaurant websites


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G