How-To-Start-An-Online-Business-Step-By-Step-1

photo source: webbloggerz.com

Bisnis online saat ini merupakan salah satu bisnis populer yang banyak dilakoni orang. Peluang bisnis online memang menggiurkan tak hanya saat ini pengguna internet yang semakin meningkat namun juga bisnis online juga fleksibel dilakukan dari mana saja.

Tak ada alasan untuk ragu dalam memulai bisnis online. Memulai bisnis online merupakan proses yang amat mudah dan bahkan anda bisa melakukannya tanpa harus berhenti dari pekerjaan anda saat ini.

berikut 7 tips memulai bisnis online anda:

1. Lupakan Tentang Website Dahulu Di Awal!

Banyak orang berpikir bahwa mereka harus memulai bisnis online dengan website namun anggapan itu salah dan berbahaya. Membuat website membutuhkan banyak waktu dan uang. Anda bisa memulai bisnis online anda dengan hal simple seperti misalnya blog yang prosesnya amat cepat serta gratis. Anda juga bisa memulai bisnis online dengan menjual barang-barang di e-bay. Ini merupakan proses yang mudah tanpa anda harus keluar banyak uang dan anda tak harus meninggalkan pekerjaan anda.

2. Pastikan Bisnis Anda Legal

Untuk memulai sebuah bisnis dibutuhkan setidaknya perizinan. Hal ini cukup mudah anda bisa mengajukannya serta meminta form bahwa anda telah menjalankan sebuah bisnis online.

3. Pilih Produk Yang Memiliki Keuntungan Yang Bagus

Produktifitas Kerja

Ini penting untuk memulai sebuah bisnis online. Pikirkan dari awal produk apa yang laku dijual dan menghasilkan profit. Untuk memulainya anda bisa melakukan observasi, analisa, tes dan mengambil kesimpulan. Mulai dengan melakukan observasi mengenai apa yang terjadi di sekitar anda. Lihat trend yang berkembang, ambil kesimpulan produk apa yang bisa menjadi hit serta lakukan tes. Untuk melakukan tes anda bisa melakukannya di ebay terlebih dahulu.

4. Cari Pengrosir

Hal utama yang harus dipikirkan adalah anda harus menemukan supplier yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan bisnis online anda. anda bisa menemukan wholesaler melalui berbagai cara seperti misalnya menemukannya secara online di thomasregister.com, melalui trade show atau trade magazines.

Thomasregister.com merupakan sebuah free service dan anda bisa menggunakan search tool diwebsite ini untuk menemukan wholesaler yang prospektif. Anda akan mendapatkan contact information untuk wholesaler sesuai keinginan anda. anda bisa melakukan step selanjutnya dengan meminta mereka mengirimkan catalog untuk melihat produk yang mereka tawarkan.

5. Mulai Ciptakan Kehadiran Anda Secara Online

online marketing

Ketika anda sudah menemukan wholesaler untuk bisnis online anda maka hal selanjutnya adalah menemukan tempat untuk menjualnya yaitu website. Anda pastinya berpikir membuat website amatlah mahal dan membutuhkan budget tak sedikit.

Sebuah corporate website tentunya bisa amat mahal. Namun anda bisa mencoba cara lain seperti misalnya menyewa sebuah ebay store yang senilai 15,99 dollar perbulan dan anda bisa melakukan set up dalam satu hari.

Ebay store merupakan cara yang bagus untuk memulai sebuah bisnis online. Ebay store anda memang didesain untuk keperluan bisnis online dan sudah siap pakai.

6. Mulai Datangkan Pembeli ke Ebay Store Anda

ebay-store-wd

photo source: excelpawn.com

Jika anda sudah memiliki ebay store untuk bisnis online anda maka tentunya anda perlu meningkatkan traffic agar orang bisa menemukan anda. anda bisa mencantumkan alamat situs ebay store di business cards. Anda juga bisa mencantumkannya di setiap email yang anda kirim. Anda bahkan bisa menemukan berbagai iklan gratis di internet untuk mempopulerkan alamat situs ebay store anda.

7. Mulai Buat Website Yang Simple

Hal ini merupakan hal terakhir sekaligus paling penting yang anda harus pikirkan dalam bisnis online. Setiap bisnis online yang serius membutuhkan sebuah website. Sebuah desain website yang bagus akan membuat bisnis online anda terlihat profesional.

Caranya cukup mudah anda bisa memulainya dengan menemukan domain name, mendesain website serta menemukan web hosting. Menemukan domain name cukup mudah dan anda bisa menemukannya di internet. Anda bisa memilih nama domain yang mudah diingat dan tak sulit.jika tak tersedia anda bisa memikirkan berbagai pilihan lain.

Membayar jasa desainer profesional untuk membuat desain website anda menarik memang membutuhkan biaya. anda tentunya tak mau bisnis online anda dianggap tak profesional dikarenakan desain yang asal-asalan. Saat ini ada cara yang lebih mudah untuk menggunakan jasa desain website dengan harga terjangkau yaitu crowdsourcing.

Setelah anda memiliki desain website yang bagus maka jangan lupakan untuk memperhatikan content. Content yang attractive dengan keywords bagus akan menarik customer serta membuat website anda mudah ditemukan di search engine.

Hal terakhir adalah menemukan web hosting service. Anda bisa mencarinya di internet dan carilah web hosting service dengan harga murah namun memiliki kredibilitas bagus. Lihat juga tips untuk sukses dalam bisnis online di tahun 2013 di sini.

Butuh desain website yang bagus? Sribu adalah tempat yang paling tepat. Dapatkan 50+ pilihan desain website berkualitas. Info selengkapnya, klik link berikut.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Santy

    Thanx [email protected], infonya berguna bngt utk saya jg para bunda diluar sana yg mulai bisnis online cheers