Online-Marketing (1)

Fungsi internet saat ini telah berubah secara drastis, di mana tidak hanya sebagai sarana pencarian informasi, tetapi telah menjadi sarana untuk melakukan kegiatan pemasaran yang sering disebut online marketing. Dalam menjalankan online marketing, sebaiknya Anda juga memperhatikan konten yang akan dipublish. Konten-konten yang bermanfaat dalam blog bisnis Anda tentu akan memiliki dampak yang lebih baik daripada beriklan pada eksternal konten. Dengan taktik seperti ini, Anda akan mendapat manfaat, seperti branding dan pertumbuhan jumlah pengunjung.

Dengan berfokus pada tren ini, maka akan lebih baik jika kita mendiskusikan prediksi tren pemasaran online pada 2014.

1.  Content marketing akan lebih besar dari sebelumnya

Salah satu cara utama sebuah perusahaan membangun otoritas dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen adalah dengan konsisten membuat konten yang bermanfaat yang disebarkan melalui berbagai saluran. Umumnya, konten yang disebarkan akan melibatkan informasi bisnis yang dijalankan dengan relevan sehingga akan memberikan wawasan atau hiburan untuk pengunjung website/blog bisnis. Dengan cara tersebut, perusahaan dapat terus membangun hubungan dengan demografi pasar dan mengembangkan loyalitas para target market. Menurut Content Marketing Institute, strategi content marketing B2B terbaik adalah dengan menggunakan media sosial, membuat artikel pada sebuah website bisnis, membagikan eNewsletters, menyusun studi kasus, membuat video dan artikel di website lain.

Dengan menggunakan satu atau lebih dari cara tersebut, bisnis dapat membangun reputasi positif dalam industri mereka. Kecenderungan ini menunjukkan bahwa pemasaran melalui iklan televisi dan iklan radio kini sudah kurang efektif. Sehingga lebih baik untuk berkonsentrasi pada kegiatan pemasaran yang dapat merasuk ke pikiran pembaca dengan memproduksi konten yang bermanfaat dan menarik yang dirancang untuk audiens yang spesifik.

2.  Mengharuskan lebih banyak keragaman social media marketing

Beberapa tahun yang lalu, bisnis terbatas pada keterkaitannya dengan jaringan media sosial dimana mereka bisa menjalankan kegiatan pemasaran melalui Facebook, LinkedIn dan Twitter. Namun saat ini berbagai situs media sosial baru mucul dan tenggelam, namun Pinterest, Google+, Tumblr dan Instagram adalah pemain baru yang terus melonjak popularitasnya. Malalui media sosial yang masih hijau itu, para pemilik bisnis mendapatkan berbagai pilihan baru yang memungkinkan sebuah bisnis untuk menghasilkan konten menarik dalam berbagai bentuk media dan membangun pengunjung mereka di seluruh saluran lebih banyak dari sebelumnya.

Akibatnya, sangat wajar bila perusahaan membutuhkan beberapa jaringan untuk berkembang dan bereksperimen dengan tujuan mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Diversifikasi ini tampaknya terbukti berbuah baik bagi banyak perusahaan karena dapat membangun ekuitas merek dengan membuat konsumen lebih mudah untuk mengenali merek tertentu.

3.  Konten bergambar

Konsumen tidak akan suka dengan banyaknya iklan, untuk itu sebaiknya Anda membuat konten yang mudah dicerna. Karakteristik umum penggunaan media sosial yang baik adalah melakukan penekanan pada gambar-gambar yang ditampilkan. Peningkatan pesat kesuksesan dari BuzzFeed dan Pinterest adalah bukti untuk kekuatan dan potensi konten yang menjadi viral berbasis gambar.

Melakukan kegiatan Online marketing dengan membuat posting blog yang bermanfaat dan banyak dishare pada media sosial biasanya juga memiliki karakteristik umum: mereka membumbui dengan gambar yang ditempatkan secara tepat untuk membuat konten menarik dan menekankan pada poin tertentu. Contoh lain adalah infographics, yang menggabungkan gambar dengan jumlah minimal teks untuk menjelaskan topik dan memberikan informasi statistik atau data dari studi penelitian.

online-marketing

4.  ‘Sedikit’ lebih baik

Salah satu tren penting saat ini adalah pergeseran jelas dalam ketertarikan konsumen tentang pesan yang mendalam dari pada pesan yang terlihat sederhana. Ketika Anda terlintas beberapa merek terkemuka di dunia seperti Apple dan Google, mereka jelas menghargai kesederhanaan. Sebagian besar daya tarik Pinterest adalah estetika yang bersih, rapi, dan minimalis.

Dengan banyaknya konsumen yang merasa terganggu oleh berbagai informasi dan iklan, beberapa pemasar inovatif justru akan ke arah yang berlawanan.  Sekarang upaya dari para pemasar adalah untuk mengurangi pesan kampanye mereka dan tidak membanjiri konsumen dengan infomasi yang penuh dengan sensasi.

5.  Mudah diakses melalui ponsel

Cepatnya perkembangan teknologi dalam genggaman seperti smartphone dan tablet wajib diperhatikan oleh perusahaan agar mampu menciptakan konten yang dapat diakses oleh pengguna ponsel. Menurut Forbes, “87% dari perangkat penjualan yang terhubung pada 2017 akan didominasi tablet dan smartphone.” Perusahaan dapat membuat alternatif  dengan website versi mobile atau menggunakan desain website yang responsif. Tenunya ini menjadi hal yang tidak boleh terlupakan karena penting untuk memberikan pengalaman positif bagi user yang browsing melalui perangkat mobile.

Jika tidak, sangat mudah untuk kehilangan pelanggan dari pesaing yang telah menyesuaikan dengan tren ini. Pergeseran dari komputer dan laptop ke perangkat ponsel ini akan terus berlanjut, maka itu bisnis yang tidak mampu mengikutinya akan menderita.

6. Re-target iklan agar efektif

Ini adalah strategi online marketing yang muncul baru-baru ini. Secara sederhana, ia bekerja dengan memanfaatkan cookie browser untuk melacak situs-situs yang dikunjungi pengguna. Setelah mereka meninggalkan situs tertentu, produk atau jasa yang mereka lihat akan ditampilkan kepada mereka lagi dalam iklan di website yang berbeda.

Dengan hanya dua persen dari traffic web yang terkonversi pada kunjungan pertama,  re-targeting iklan dapat meningkatkan konversi dengan mengingatkan konsumen kepada produk atau jasa yang sering mereka lihat. Hal ini membuat merek dan produk berada pada top of mind konsumen. Bahkan ada studi psikologis yang menunjukkan bahwa paparan sederhana tentang nama merek dan logo menciptakan kedekatan, yang akan membangun kepercayaan dan meningkatkan kemungkinan pembelian oleh konsumen.

Social Media

7.  SEO dan media sosial yang akan semakin terhubung

Meskipun tanda-tanda sosial masih tidak membawa dampak serupa dengan link menuju website, tapi tak bisa dipungkiri bahwa mereka memainkan peran yang cukup baik dalam peringkat pencarian konten saat ini. Selain itu, mereka merupakan salah satu dari tiga pilar SEO. Karena tujuan dari Google dan mesin pencari lainnya adalah untuk menyajikan konten berkualitas terbaik dan yang paling relevan untuk pengguna. Karena hal tersebut, masuk akal bila  jumlah share yang diterima dari posting blog, artikel atau halaman website akan memiliki pengaruh terhadap pencarian.

Semakin banyak orang yang berbagi sebuah konten berarti kualitasnya semakin baik pula, dan karena itu posisinya akan meningkat pada hasil pencarian di mesin pencari. Bukan sebuah kebetulan jika hasil pencarian yang ada di peringkat atas cenderung memiliki angka share ke media sosial yang tinggi, sementara mereka yang ada di peringkat lebih rendah memiliki lebih sedikit share.

Selain itu, share ke sosial media dapat berfungsi sebagai pembangun kepercayaan agar pengunjung mau masuk ke website tersebut. Jika mereka melihat ada ratusan atau ribuan share, kemungkinan ada sesuatu yang memiliki nilai lebih. Itulah alasan terbesar mengapa begitu banyak bisnis menginstall plug-in share media sosial dan mendorong konsumen untuk berbagi sebanyak mungkin. Anda juga dapat mengetahui lebih dalam seputar dunia SEO dengan menggunakan jasa SEO yang handal.

 

Itu lah ketujuh prediksi tren online marketing paling ampuh tahun 2014. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki prediksi lain? Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, para pemasar dan pemilik usaha lainnya. Selamat mencoba!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.

  • Nurul Diasmarani

    Nice =) makasi yaaa