Jika sebagian orang berpikir bahwa menulis di corporate blog sebagai usaha menyukseskan strategi #content marketing adalah membuang-buang waktu, maka mereka baru saja kehilangan kesempatan emas untuk memperkuat reputasi produk yang akan mereka pasarkan.

Statistik dari HubSpot pada tahun 2012 menyatakan bahwa 53% perusahaan yang memiliki blog mendapatkan pelanggan baru karena blog yang mereka miliki dan kelola dengan baik.

Ironi yang terjadi justru ditunjukkan oleh laporan yang diterbitkan oleh eMarketer di tahun 2014 yang menyatakan bahwa setiap tahun prosentase pembaca blog meningkat pesat dari 45.0% (2008) hingga 60.0% (2014). Namun, jumlah penulis blog meningkat dengan lambat.

Dari fakta di atas, dapat diyakini bahwa harapan untuk menyukseskan strategi content marketing sebuah produk adalah dengan memiliki corporate blog dan mengelolanya dengan baik dan telaten.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat dan mengelola corporate blog yang baik?

1. Siapa Pembaca Corporate Blog Anda?

People-Think

 

Sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu siapa pembaca yang sedang akan dibantu melalui corporate blog Anda. Dengan kata lain, akan menjadi relevan bagi mereka untuk terlibat lebih jauh dalam tulisan di blog itu. Sebelum dan ketika menulis, selalu pikirkan pembaca yang dituju, cari tahu apa masalah yang kira-kira mereka hadapi dan bagaimana Anda dapat membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Selalu fokus terhadap materi tulisan yang membantu pembaca corporate blog Anda.

 

2. Buat Daftar Ide Tulisan

Mengelola sebuah corporate blog merupakan suatu hal yang mesti dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan. Tentu saja diperlukan banyak ide tulisan yang bagus dan relavan untuk menjaga kualitas sebuah blog. Agar itu semua terwujud, buatlah terlebih dahulu daftar ide untuk tulisan-tulisan di corporate blog Anda. Ingat, seperti yang mereka bilang, “Idea flies”. Maka, tulislah.

 

3. TerbitkanTulisan Secara Berkala dan Konsisten

Memiliki corporate blog yang baik bukan berarti Anda menerbitkan ratusan tulisan dengan membabi buta dalam satu hari, misalnya. Selain itu tidak realistis, itu juga berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda. Buatlah jadwal penerbitan tulisan yang realistis dan berjangka seperti satu atau dua kali dalam seminggu.

Kemudian, konsistensi dalam menerbitkan tulisan yang berkala juga penting karena itu untuk menjaga ritme bacaan para pembaca setiap corporate blog Anda. Itu juga dapat menunjukkan bahwa corporate blog Anda profesional, berkomitmen, dan terpercaya.

 

4. Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas

Quality-Quantity-e1432289809236

 

Bukan jumlah tulisan yang banyak yang utamabagi para pembaca, tapi kualitas bacaanlah yang dicari. Hasil konferensi The Influencer Project menunjukkan bahwa para pembaca blog sebenarnya tidak peduli terhadap produk atau layanan yang ditawarkan; mereka hanya peduli akan diri sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki tulisan yang kualitasnya dapat mengakomodasi keinginan atau kebutuhan para pembaca, daripada menerbitkan banyak tulisan tanpa memperhatikan apa yang benar-benar diinginkan atau dibutuhkan oleh para pembaca.

 

5. Ciptakan Nuansa Blog Yang Tepat

Meskipun dinamakan corporate blog, itu hanyalah karena blog tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan/korporasi guna mencapai tujuan perusahaannya. Namun, tidak dianjurkan untuk menulis dengan suasana yang terlalu serius layaknya kebanyakan korporat. Jangan kaku dan menggunakan banyak istilah yang sulit dipahami pembaca. Ciptakan nuansa tulisan seperti sedang mengobrol, sehingga nuansa blog akan lebih santai dan nyaman bagi pembaca.

 

6. Selalu Balas Komentar dari Pembaca

Semua orang ingin keberadaannya dihargai oleh orang lain. Sama halnya dengan komentar yang ditulis pembaca corporate blog Anda. Balaslah komentar dari para pembaca sebisa mungkin walaupun sebatas komentar pendek, karena dengan begitu pembaca akan merasa dihargai keberadaanya. Lebih jauh lagi, dari saling membalas komentar bisa saja memunculkan topik menarik untuk dijadikan ide di tulisan selanjutnya.

 

7. Pastikan Tersebar di Media Sosial

Salah besar jika tidak ada upaya untuk menyebarluaskan tulisan-tulisan di corporate blog Anda melalui berbagai social media platform. Dengan menyebarluaskan tulisan melalui LinkedIn, Facebook, Twitter, Path dan lain sebagainya, itu bukan hanya akan memuaskan para pembaca setia, tapi juga bisa memperluas peluang mendapat kalangan pembaca baru.

 

8. Gunakan Jasa Penulis Blog

Dalam mengembangkan corporate blog Anda, akan menjadi dinamis dan lebih berwarna jika bukan hanya Anda yang menulis di blog tersebut. Selain staf Anda dianjurkan untuk sering menulis corporate blog, Anda dapat melihat peluang yang menjanjikan dengan menggunakan jasa para penulis lepas.

Masih ingat bahwa tujuan corporate blog Anda adalah untuk membantu para pembaca dengan masalah mereka? Anda dapat meraih tujuan yang lebih dari itu. Anda dapat saling membantu dengan para penulis lepas. Penulis lepas berpotensi untuk memperluas demografi pembaca coporate blog Anda karena mereka memiliki beragam latar belakang dan ciricle untuk mengembangkan materi tulisan maupun cakupan promosi corporate blog Anda. Anda juga membantu para penulis lepas mendapatkan pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan mereka. Perusahaan seperti Sribulancer menyediakan jasa penulis lepas yang rekam jejak, karakteristik dan reputasi penulisnya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan corporate blog Anda.

 

Beberapa Praktik Corporate Blog Terbaik

Anda perlu bukti bagaimana corporate blog berperan penting dalam menyukseskan strategi content marketing, bukan? Sebelum itu, perlu diketahui bahwa kurang dari 21% perusahaan teknologi memiliki corporate blog menurut laporan dari Percussion Software.

Yang menjadi masalah adalah, laporan yang sama menyatakan bahwa perusahaan dengan isi corporate blog yang baik diyakini memililki produk yang berkualitas lebih tinggi dan reputasi yang lebih mapan.

 

Beberapa praktik terbaik dari corporate blog dilakukan oleh setidaknya tiga perushaan berikut:

 

1. Instagram

Instagram-e1432289871625

 

Produk Instagram adalah foto dengan filter instan, sesederhana itu. Target utama mereka adalah orang-orang yang aktif menggunakan smartphone. Lalu bagaimana corporate blog Instagram berperan penting dalam memperkuat kehadiran produk dan reputasi mereka?

Corporate Blog Instagram menjadi tempat yang disediakan bagi para penggunanya untuk bercerita melalui foto. Instagram tidak memilih untuk secara terbuka mempromosikan produk mereka, melainkan mereka memberi para pengguna Instagram kekuatan untuk berkreasi melalui produk mereka.

Dalam proyek This Weekend’s Hashtag Project, Instagram telah sukses melibatkan para penggunanya untuk mengambil gambar sesuai intruksi yang mereka tentukan dan memberi tagar tertentu untuk dipilih menjadi tagar minggu ini. Itu merupakan praktik terbaik bagaimana brand benar-benar berinteraksi dengan users.

 

2. Eventbrite

Eventbrite-e1432289892892

 

Eventbrite merupakan online platform untuk membantu orang-orang mengatur sebuah acara. Target Eventbrite adalah para panitia dan juga tamu suatu acara. Corporate blog mereka Meet the Organizer merupakan contoh sukses usaha memfasilitasi para pembuat acara menjelaskan kepada para pembaca tentang apa yang mereka coba untuk raih dalam acara-acara yang mereka buat. Itu merupakan cara yang efektif untuk memperluas jaringan pengunjung acara mereka dan tentunya, corporate blog milik Eventbrite.

 

3. Wix

Wix-e1432289919861

 

Wix adalah tempat di mana orang bisa membuat sebuah website yang keren tanpa harus memulainya dari awal dengan rumit. Corporate blog menekankan pada aspek menyenangkan dan kreatif dalam membuat sebuah website. Mereka menarik pembaca dengan menekankan topik bacaan pada fitur-fitur baru yang mereka keluarkan untuk membuat website, teknologi paling mutakhir yang bisa dipakai untuk mengembangkan website, dan mengisinya dengan infografik menarik seperti di The History of HTML 5.

 

Semua ini membuktikan hanya corporate blog yang bisa membuat kegiatan #marketing Anda sukses. Apakah Anda masih ragu untuk memulai?

 


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Twit as @ijey and Co-Founder of @jongpwk. A Music Machine at @KaneronPictures.