Obat rutin yang berguna untuk mengangkat suasana hati agar mendapatkan motivasi lebih dan meningkatnya produktivitas kerja Anda adalah dengan cukup tidur, rutin berolahraga dan menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai. Hal ini akan membantu Anda untuk mencegah stress, dan mempercepat jalan Anda menuju kesuksesan. Tentunya untuk mencapai itu semua, Anda harus membuat diri Anda bisa mengendalikan stress dan menjadi lebih produktif lagi!

16-tips-untuk-menyederhanakan-hidup-dan-meningkatkan-produktivitas-anda-makassar-point

Bahkan dengan usaha terbaik Anda untuk mempertahankan kehidupan yang seimbang, Anda mungkin masih merasa lesu dan tidak termotivasi, tanpa alasan yang jelas. Ini adalah sesuatu yang mungkin terjadi karena tubuh Anda yang kompleks dan pikiran akan secara otomatis beroperasi di luar kesadaran Anda. Jika Anda selalu bertanya-tanya apa lagi yang bisa melemahkan mood dan motivasi, berikut adalah 8 hal halus yang mungkin akan menjadi jawaban Anda agar sesuatu yang buruk tidak terjadi.

1. Ketidak-teraturan

messy room

Ruang yang berantakan mencerminkan pikiran yang berantakan. Setelah semua barang-barang Anda berserakan di lantai atau meja, maka tidak hanya akan mengacaukan ruangan itu, tetapi juga akan membuntukan pikiran Anda. Memang, penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak kekacauan yang Anda miliki, semakin sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi.

Mengingat bahwa otak Anda terus-menerus mencoba untuk memproses apa yang Anda lihat melalui mata Anda, lingkungan Anda mempengaruhi fokus kerja Anda. Hal ini juga berlaku untuk kekacauan non-fisik dalam hidup Anda seperti kotak masuk email meluap, ikon desktop penuh dan pemberitahuan yang sering dari gadget Anda.

Menghapus kekacauan adalah proses untuk menghilangkan tekanan dan menyederhanakan hidup Anda menjadi lebih baik, sehingga lingkungan Anda tidak bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Pendekatan yang paling produktif untuk mengelola pekerjaan Anda adalah membersihkan kekacauan dan fokus pada satu hal dengan waktu yang banyak.

 

2. Pencahayaan Buatan

tumblr_inline_mnwec27H0l1qz4rgp

Ada banyak hal yang akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, cahaya malam mungkin menjadi salah satu hal yang menjadi faktor.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala, maka ini bisa menjadi alasan mengapa Anda mengalami kesulitan tertidur di malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya di malam hari mengganggu produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati baik saat terjaga dan  bahkan ketika kita sedang tidur. Jadi, yang paling aman untuk tidur malam yang baik adalah meminimalkan paparan Anda ke sumber cahaya ketika mendekati waktu tidur.

 

3. Gangguan Musiman

10431_benarkah_wanita_lebih_mudah_depresi

Anda telah menyadari bagaimana cahaya akan mempengaruhi tingkat melatonin, Anda mungkin dapat mengerti bagaimana beberapa musim dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Orang-orang yang tinggal di iklim dingin dapat menderita Seasonal Affective Disorder (jenis depresi yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun). Biasanya disebut sebagai gangguan musim dingin, SAD ternyata mempengaruhi 4% – 6% dari populasi Amerika Serikat.

Sementara beberapa peneliti percaya bahwa dampak perubahan musiman pada depresi mungkin telah dibesar-besarkan, jelas bahwa tingkat suasana hati Anda akan drop dan produktivitas menurun hingga batas tertentu selama musim dingin terjadi.

Di sisi lain, gangguan musim panas adalah bentuk SAD yang terjadi kepada orang-orang yang tinggal di negara-negara dekat khatulistiwa di mana terjadi peningkatan panas dan kelembaban selama musim panas yang menyebabkan depresi. Orang-orang dengan SAD musim panas menjadi semakin gelisah oleh panas yang tak tertahankan, mereka biasanya lebih memilih untuk bersembunyi dari musim panas di rumah. Gangguan ini dalam rutinitas mereka secara bertahap akan berpengaruh pada suasana hati dan produktivitas kerja mereka.

 

4. Perubahan Cuaca

climate-change

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 melaporkan bahwa cuaca dingin yang membosankan lebih menurunkan mood Anda lebih lanjut saat Anda merasa pesimis, dibandingkan dengan ketika Anda merasa optimis. Secara khusus, suhu, tenaga angin dan sinar matahari semua mempengaruhi suasana hati Anda terutama ketika Anda sedang dalam posisi drop. Jumlah sinar matahari juga ditemukan untuk mempengaruhi seberapa lelah seorang yang akan berakibat pada produktivitas kerjanya.

Menariknya, beberapa peneliti yang justru menemukan orang yang lebih produktif pada hari-harinya ketika cuaca benar-benar sedang tidak menyenangkan. Mereka berpendapat bahwa orang dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka pada hari ini karena mereka kurang sibuk dengan kegiatan yang lebih menarik. Mungkin mereka pandai menciptakan lingkungan yang kondusif dan pandai meningkatkan produktivitas kerja mereka. Hebat!

 

5. Kecanduan Social Network

Social-Media-Addiction-Shots

Menghabiskan terlalu banyak waktu di situs jejaring sosial di tempat kerja akan mengurangi produktivitas Anda. Penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan pada pengguna Facebook, mengungkapkan bahwa penggunaan yang lebih besar dari situs jejaring sosial mengakibatkan penurunan yang lebih besar dalam suasana hati. Memang, ketika memeriksa Facebook, Anda akan menjadi obsesif dan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, itu adalah tanda kecanduan.

Kebencian dan kepahitan muncul ketika Anda mulai membuat perbandingan akurat antara hidup Anda dengan teman dan merasa semakin tidak puas dengan diri sendiri. Hasilnya adalah hilangnya harga diri dan memburuknya suasana hati Anda.

Jika Anda sering menemukan diri Anda merasa iri atas postingan teman tentang liburan atau prestasi terbaru mereka, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk memotong hubungan Anda dengan Facebook dan jaringan sosial lainnya. Jika tidak, pikiran negatif secara bertahap akan mengunyah citra diri Anda.

 

6. Duduk Membungkuk

Orang yang menunduk akan memiliki kecenderungan untuk membungkuk, sementara orang yang penuh dengan keyakinan akan terus memiliki badan yang tegap. Apakah banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa kadang-kadang itu adalah cara kita memegang postur kita yang menentukan bagaimana kita merasa bukan sebaliknya.

Salah satu studi pada tahun 2009 menunjukkan bahwa ketika peserta mulai duduk merosot atau duduk tegak saat mereka mengisi formulir aplikasi pekerjaan mereka, maka yang duduk merosot dievaluasi bahwa kepercayaan dirinya lebih buruk daripada yang duduk tegak. Demikian pula, sebuah studi lain menemukan bahwa berjalan dengan cara membungkuk telah dikaitkan dengan penurunan tingkat energi dibandingkan dengan peningkatan energi ketika seseorang melompat-lompat.

Tampaknya mengoreksi postur tubuh Anda, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan penampilan Anda. Ini bahkan dapat meningkatkan keadaan pikiran Anda.

 

7. Warna

warna-favorit

Pikiran dan tubuh kita bereaksi secara berbeda terhadap warna yang berbeda. Kami mengasosiasikan warna merah dengan bahaya dan ancaman, begitu banyak sehingga mengintensifkan reaksi fisik kita. Periksalah warna yang mendominasi, sekedar untuk belajar tentang karakter warna tersebut. Untuk alasan ini, ‘stop’ dan ‘bahaya’ sering ditandai dengan tulisan yang dicat merah untuk meningkatkan waktu reaksi kita dalam menghindari suatu tragedi.

Menurut sebuah artikel dari The Huffington Post, penelitian dalam psikologi warna telah mengungkapkan bahwa kombinasi antara hijau dan biru dianggap sebagai pilihan ideal untuk tempat kerja. Hijau adalah semua warna alam yang berarti bahwa lebih mudah untuk membangkitkan relaksasi pada mata kita.

Dalam hal ini, bekerja dengan ruangan berlatar belakang hijau adalah ide yang baik jika Anda harus menatap layar komputer selama berjam-jam setiap hari. Warna biru meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir kreatif. Ini memiliki nilai plus bagi Anda yang terlibat dalam penulisan, desain dan karya kreatif lainnya.

 

8. Tidak Selektif Berteman

Hubungan sosial yang baik sangat penting untuk menjaga kesejahteraan mental Anda dan membuat Anda memiliki kecenderungan alami untuk mengerti emosi orang lain. Fenomena ini, dikenal sebagai penularan emosi, menganugerahkan Anda dengan karunia berempati dengan orang lain adalah resep yang diperlukan untuk menjalin hubungan yang lebih mendalam.

Hal yang besar tentang poin ini adalah bahwa Anda akan meluncur menuju hal positif ketika Anda sedang berada pada sekumpulan orang negatif. Demikian pula, suasana hati Anda menuju ke tingkat depresi jika orang yang sedang berinteraksi dengan Anda hanya dipenuh dengan perasaan negatif dan emosi yang tidak stabil. Anda harusnya lebih bijaksana dan selektif kepada seorang teman yang kita akan menghabiskan banyak waktu dengannya.

 

Banyak cara untuk meningkatkan produktivitas kerja. Anda bisa bebas menggunakan cara yang sesuai dengan hal yang Anda kuasai. Upayakan untuk mengukur kemampuan Anda sebelum Anda bertindak lebih lanjut. Karena keputusan terbaik adalah ketika Anda membuatnya dengan pikiran segar yang akan menumbuhkan hasil yang positif. Selamat mencoba!


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Accredited media analyst, enthusiastic copywriter, @jongpwk's initiator & @meizarology's master