Hai Sribuddies! Pada awal Agustus 2015, JAKPAT bekerjasama dengan Sribulancer untuk membuat survey tentang hal apa saja yang mempengaruhi kebahagiaan freelancer!

Survey ini disebarkan kepada 2005 Responden JAKPAT di seluruh Indonesia, Dari 2005 responden tersebut 41.3% (828 responden) menyatakan memiliki pekerjaan freelancer. Dari 828 responden, JAKPAT menanyakan pekerjaan freelance apa saja yang mereka lakukan. Berikut hasilnya:

1

 

Kemudian kami juga menanyakan berapa jam biasanya dalam seminggu mereka bekerja sebagai freelancer?

2

 

Dari 828 responden ini kami juga ingin tahu berapa persen yang menjadi full time freelancer dan berapa persen yang sebenarnya bekerja di perusahaan lain dan memiliki pekerjaan part-time freelancer. 66% dari mereka menyatakan bahwa mereka adalah part-time freelancer dan sisanya full time freelancer. Dan dari 828 responden tersebut 25% menyatakan belum pernah menjadi karyawan.

3

 

Kepada yang belum pernah menjadi pegawai, mayoritas menjawab belum pernah menjadi pegawai karena belum berkesempatan alias masih kuliah atau baru lulus.

Kepada yang saat ini masih menjadi pegawai dan punya sambilan freelancing, 34,9% menyatakan bekerja freelancing untuk mengisi waktu yang tersisa, 33.9% menyatakan gaji dari bekerja tidak cukup, 26.03% menyatakan untuk menyalurkan hobi.

 

7

 

 

Lalu kami pun bertanya kepada responden yang pernah bekerja kantoran tentang alasan mereka mengapa memutuskan untuk menjadi freelancer. Dan kami pun mendapatkan jawaban bahwa sebesar 52.13% responden menyatakan ingin memiliki waktu lebih luang dengan menjadi freelancer.

6-bahasa

 

Sedangkan untuk responden yang belum pernah menjadi pegawai kantoran, 51.92% responden menyatakan belum memiliki kesempatan untuk menjadi pegawai kantoran. Karena itu, mereka memutuskan untuk menjadi freelancer.

5

 

Apakah dengan freelancing Anda merasa punya lebih waktu untuk diri Anda sendiri? 84.9% responden kami menyatakan memiliki waktu lebih untuk diri sendiri dengan menjadi freelancer.

9-bahasa

 

Dan ketika kami menanyakan pada responden, apakah mereka bahagia menjadi freelancer? 92.8% menyatakan BAHAGIA!

8

 

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk menjadi freelancer? Jika ya, jangan ragu untuk bergabung menjadi freelancer di Sribulancer!


Anggit Tut Pinilih

Anggit Tut Pinilih

No. 1 Mobile Survey Platform in Indonesia with over 50,000 Mobile Panels. Create your own market research through our Open Dashboard and get result in just 2-3 hours!