8 Kesalahan Klasik Saat Memberikan Nama Bisnis Anda

Memberi nama bisnis seperti halnya membangun fondasi pada bangunan. Saat fondasi tersebut sudah diletakkan maka struktur bangunan akan selamanya melekat pada bangunan tersebut. Jika nama bisnis anda tak cocok atau tak menjual maka begitupula dengan bisnis atau perusahaan anda akan sulit untuk berkembang.

Nama bisnis atau perusahaan amatlah penting untuk kelangsungan bisnis anda. Banyak orang melakukan kesalahan yang tak seharusnya untuk memberikan nama bisnis anda. Anda sebaiknya harus lebih teliti dan jeli dalam memberikan nama bisnis anda karena hal ini amat berperan penting agar bisnis anda bisa berjalan dan berkembang dengan baik.

1. Nama Bisnis Yang Didasarkan Keputusan Orang Banyak

bp1

Ini sering terjadi pada orang yang baru memulai bisnisnya apalagi jika anda termasuk pebisnis pemula atau bisnis keluarga. Terlalu banyak orang dalam pengambilan keputusan untuk memilih nama bisnis anda akan menyulitkan anda. Pertama dengan terlalu banyak orang dalam pengambilan keputusan maka akan membuat sebagian orang kecewa jika opsi mereka tak dipakai. Kedua adalah anda akan merasa bingung dengan beragam pilhan yang ada sehingga akan sulit mengambil keputusan. Terlalu banyak suara akan membuat anda sulit mengambil keputusan dan akhirnya anda akan sulit menemukan nama yang tepat untuk perusahaan anda.

2. Nama Bisnis Yang Terlalu Sederhana

Menggunakan nama bisnis yang terlalu sederhana dan tidak eye catching akan membuat bisnis anda tenggelam dan sulit berkembang. Risikonya adalah banyak orang lain yang memakai nama bisnis yang sama kecuali jika bisnis anda merupakan market leader. Terlalu banyak kompetisi jika anda memakai nama yang terlalu sederhana. Bayangkan jika yahoo memiliki nama bisnis generalinternetdirectory.com, nama itu memang amat deskriptif namun sulit untuk diingat.

3. Nama Bisnis Yang Terlalu Sulit

complicated

Seperti halnya dengan nama bisnis yang terlalu sederhana maka nama bisnis yang terlalu sulit juga akan membuat orang sulit mengingatnya. Akan baik untuk kelangsungan bisnis anda jika nama bisnis anda memiliki arti namun jika hal itu terlalu sulit untuk dieja atau diucapkan maka anda tak pernah memiliki kesempatan untuk mengenalkan bisnis anda ke calon pelanggan anda karena mereka akan menganggap tak ada artinya.

4. Nama Bisnis Yang Terlalu moderen

name

Nama bisnis yang terlalu moderen akan menyusahkan anda. Pada saat bisnis atau perusahaan anda dibangun mungkin nama tersebut amatlah moderen dan sesuai dengan kondisi zaman. Namun bagaimana jika sepuluh atau duapuluh tahun lagi maka nama bisnis anda akan nampak usang. Lihatlah bagaimana nama disney tetap eksis hingga kini, itu dikarenakan mereka memilih nama yang sesuai dengan perkembangan zaman.

5. Nama Bisnis Berdasarkan Lokasi atau Nama Daerah

map_location

Hal ini merupakan kesalahan pada bisnis anda. Banyak orang yang memilih nama bisnis sesuai lokasi, kota atau wilayah mereka. Pada awalnya hal ini memang merupakan sebuah kemudahan namun hal itu akan berubah saat perusahaan atau bisnis anda berkembang. Terlebih lagi jika perusahaan atau bisnis anda tumbuh besar dalam skala nasional atau internasional maka nama anda akan nampak begitu kecil dibandingkan produk atau service yang anda tawarkan. Lain halnya jika anda mencirikan sebuah hal yang khas seperti misalnya kentucky fried chicken.

6. Nama Bisnis Berdasarkan Nama Anda Sendiri

Sebaiknya anda tak menamakan bisnis anda nama anda sendiri karena akan menyulitkan orang untuk mengetahui apa sebenarnya yang anda jual. Hal ini juga akan menyusahkan anda jika suatu hari nanti anda ingin menjual bisnis anda. Namun tentunya ada pengecualian dalam setiap kasus.

7. Nama Bisnis Yang Menggunakan Akronim

tumblr_m7kgccKuxk1rnvzfwo1_r3_500

Menggunakan akronim untuk nama bisnis anda membuat anda kesulitan. Mengapa ini terjadi karena banyak orang menggunakan akronim dan orang akan sulit mengingat serta membedakan anda dari bisnis lainnya. Misalnya saja nama seperti Creative Strategies International yang disingkat CSI maka pikirkan saja betapa banyak CSI lainnya di dunia. Bahkan ada 32 juta hits mengenai CSI di google yang berarti acara televisi, computer security institute, college of staten island dan masih banyak yang lainnya.

8. Nama Bisnis yang terlalu umum

Sebaiknya jangan memilih nama bisnis yang terlalu umum untuk bisnis anda dikarenakan orang akan melupakan anda. Seperti halnya nama bisnis yang terlalu sulit maka nama yang terlalu umum akan membuat orang kesulitan untuk mengingat anda. Coba bayangkan jika Dove, Ponds atau Sunsilk bukanlah bernama seperti saat ini maka bisakah anda bisa mengingatnya seperti saat ini. Misalnya anda bergerak dalam bisnis servis komputer dan perusahaan anda bernama Servis Komputer Maju Jaya maka bisakah orang lainnya mengingatnya?

9. Domain Name Yang Terlalu Sederhana

Domain name yang sesuai dengan bisnis anda memang akan memudahkan orang untuk mencari anda di internet namun hal ini tentu bukanlah segalanya. Apakah flickr akan lebih baik jika bernama photo.com atau apakah yahoo dan google akan setenar seperti ini jika bernama infofinder.com. Saat ini banyak perusahaan atau bisnis yang berbeda dengan bisnis mereka. Cobalah pilih nama yang mudah diingat dan mudah untuk dieja. Nama domain anda tak perlu sesuai dengan nama perusahaan anda.

Memilih nama bisnis merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang harus anda lakukan saat memulai bisnis. Tak hanya itu saja strategi branding seperti halnya desain merupakan hal mutlak dalam sebuah bisnis apalagi jika anda seorang pebisnis pemula. Banyak hal yang harus disiapkan sebagai tools seperti halnya desain website yang bagus dan menarik, brosur, kartu nama, logo, poster, banner dan print ads lainnya.

Namun anda tak perlu khawatir dipusingkan oleh masalah desain dan naming. Sribu siap membantu Anda dalam hal tersebut. Berikut alasannya!


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Baitul Ulum

    Saya paling terkesan dengan filosofi China yang mengutamakan filosofi nama atau logo bisnisnya, seringkali mempunyai kekuatan tersendiri, kita lihat saja dji sam soe dengan filosofi angka sembilannya.

  • artikelnya sbelah kanan kepotong sidebar min,,

  • agpras

    masukan:
    *]poin Nama Bisnis Yang Terlalu Sederhana kog contohnya:perbandingan ‘yahoo’ dengan ‘generalinternetdirectory.com’? nama yang terakhir disebut kan justru harusnya sebagai contoh poin yang ‘nama yg terlalu sulit’? saya gak nyambung ni…
    **] terus kalimat ini: “Coba bayangkan jika Dove, Ponds atau Sunsilk bukanlah bernama seperti saat ini maka bisakah anda bisa mengingatnya seperti saat ini.” Ada banyak merk dengan nama yang bagus… tapi saya rasa Produk Unilever dikenal karena bujet iklannya yang superbesar sepertinya, bukan semata-mata karena nama. Bandingkan dengan permen Butternut Collins yang tetap eksis, padahal iklannya hanya muncul di TV saat awal2 berdirinya TV swasta saja. begitu?