Jika Anda adalah seorang enterpreneurmungkin Anda telah menggunakan banyak social media untuk membantu Anda dalam memasuki pasar online. Ada banyak social media yang mungkin Anda gunakan, mulai dari Facebook, Twitter, G+ hingga LinkedIn. Di antara banyak social media, LinkedIn adalah social media yang mampu menghubungkan Anda dengan profesional lainnya. Jaringan yang sangat produktif tersebut bisa Anda gunakan untuk membangun brand pribadi secara online untuk mencapai tangga keusksesan.

LinkedIn-620x280

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan dengan LinkedIn? Jika Anda sudah melakukan banyak hal untuk menjalankan berbagai kegiatan seperti branding, mencari calon karyawan hingga mencari target partnership melalui LinkedIn dan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, Anda harus tetap termotivasi dan ikuti 8 tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan Linkedin berikut ini!

 

1. Permintaan untuk Connect Melalui Pencarian

1

Ketika Anda mengirim request connection melalui tombol Connect pada profil seseorang, Anda harus membuktikan bahwa Anda mengenal mereka melalui perusahaan yang saling terdaftar. Agar Anda dapat melewati langkah tersebut, Anda bisa menggunakan tombol “Send InMail” yang berada tepat di sebelah kanan tombol “Connect”.

 

2. Mengatur Profil Anonim untuk Menjelajahi Jaringan

2

Memperhatikan target LinkedIn Anda memang penting. Namun, Anda bisa melakukannya tanpa diketahui dengan melakukan pengaturan seperti gambar di atas. Dengan melakukan cara tersebut, target Anda tidak mengetahui informasi mengenai siapa yang mengunjungi profil LinkedIn-nya.

 

3. Gunakan Advanced Searches untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

3

Apakah Anda sedang mencari orang yang sempurna untuk bekerja pada perusahaan Anda? Pencarian biasa mungkin akan mengecewakan Anda. LinkedIn menawarkan beberapa upgrade fasilitas yang memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut. Meski berbayar, upgrade fasilitas ini akan memberikan fitur filter yang lebih dalam. Namun, jika Anda ingin mencoba terlebih dahulu, Anda bisa saja menggunakan upgrade fasilitas yang disediakan secara gratis selama beberapa hari.

 

4. Import Kontak Email Anda untuk Menambah Koneksi

4

Jika Anda telah menggunakan LinkedIn dalam waktu yang cukup lama, kemungkinan Anda telah terhubung dengan orang yang telah berbisnis dengan Anda. Namun, Anda bisa saja menggunakan fitur pencarian melalui email sehingga memungkinkan Anda untuk menemukan orang-orang yang sempat berhubungan dengan Anda beberapa tahun yang lalu.

Mungkin dengan menjalankan cara ini, Anda tidak menambah angka koneksi dalam jumlah besar, tetapi hal ini bisa saja menjadi salah satu cara untuk terhubung dengan kawan atau rekan bisnis lama Anda.

 

5. Pastikan Profil Anda Mencerminkan Pekerjaan dan Aspirasi Anda

5

Memastikan agar profil Anda selalu up-to-date adalah salah satu prioritas Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap memberikan informasi yang akurat tentang diri Anda. Yang terpenting adalah selalu update skill tambahan yang Anda miliki dan juga portofolio Anda karena itu adalah bekal untuk masa depan karir Anda.

 

6. Manfaatkan Grup yang Ada

6

Berhubungan dengan orang yang tidak Anda kenal akan bertentangan dengan aturan LinkedIn. Bergabung dengan grup yang tersedia di LinkedIn dan bertemu dengan banyak orang yang tidak Anda kenal sebelumnya dengan pengalaman, pekerjaan dan kepentingan yang sama adalah cara yang baik untuk menambah koneksi. Berbagai grup LinkedIn mulai dari grup perguruan tinggi, industri, organisasi profesi, perusahaan dan kepentingan umum bisa menjadi sasaran Anda. Hal ini akan semakin menarik jika semua anggota group aktif dalam diskusi yang ada.

 

7. Mintalah Relasi Anda untuk Merekomendasikan Anda

7

LinkedIn memungkinkan Anda untuk meminta rekomendasi kemampuan Anda pada koneksi yang Anda miliki. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi merasa canggung untuk meminta kepada koneksi Anda. Dengan rekomendasi, profil LinkedIn Anda akan semakin kredibel di mata pengunjung dan memberikan kesan yang baik serta profesional.

 

8. Menyimpan Hasil Pencarian Pekerjaan dan Menerima Notifikasi Email

8

Jika Anda sedang mencari pekerjaan baru, Anda dapat menyimpan hasil pencarian pekerjaan di LinkedIn dan mendapatkan update email harian, mingguan atau bulanan. Ini adalah cara yang baik untuk Anda yang membutuhkan pekerjaan tanpa harus membuang banyak waktu untuk melakukan pencarian terus menerus.

Banyak sekali kegunaan LinkedIn, bukan? Dengan Linkedin ini, Anda akan menemukan group baru, dan memungkinkan Anda untuk terhubung dengan banyak pengguna LinkedIn lainnya. Bagi pemilik bisnis, jangan lupa untuk memperkenalkan bisnisnya, ya!


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.

  • aduh terjemahannya kacau. mana panjang pula