Setiap perusahaan mempunyai social media yang didesain secara sempurna, baik itu Facebook, LinkedIn, Youtube, Google+, Twitter, Pinterest Atau Instagram, yang bertindak seperti billboard untuk mengkomunikasikan brand mereka. Untuk itu, mereka memerlukan seorang desainer untuk menciptakan beberapa desain yang menarik bagi halaman social media mereka.

que-es-community-manager-redes-socialesSocial media berperan aktif dalam membantu Anda bernafas lebih lega pada bisnis Anda. Mereka bertindak sebagai batu pijakan yang mengantar Anda untuk melewati beberapa langkah penting dalam mengembangkan proses pemasaran. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, Sribu akan memberi Anda tips bagaimana agar halaman social Anda terlihat menarik. Sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan penawaran brand secara maksimal.

 

1. Tunjukkan Merek dan Produk dari Perusahaan Anda

fbazureGambar halaman pada social media terdiri dari foto cover, foto profil dan juga latar belakang. Logo perusahaan biasanya ditampilkan pada foto profil. Cover dan latar belakang dapat menampilkan berbagai jenis tujuan marketing Anda, diantaranya meliputi : produk Anda, jasa perusahaan yang Anda tawarkan, maupun mempromosikan fitur social media atau kampanye pemasaran Anda. Membuat profil cover yang bagus dengan Social Media Image Maker akan membantu Anda.

Memperbarui citra pada halaman social media perusahaan secara konsisten, sangat baik untuk menghasilkan hal-hal segar dan menarik untuk pelanggan Anda. Ketika Anda merancang sebuah situs social media, pastikan bahwa desain Anda konsisten dengan merek perusahaan, menunjukkan layanan yang diberikan perusahaan, dan berfungsi sebagai panggilan yang kuat untuk segera bertindak sebagai sarana promosi ataupun kampanye.

 

2. Gunakan Ukuran Gambar yang Benar

youtubeguidelines-718x408Di bawah ini adalah daftar dimensi file yang direkomendasikan untuk setiap foto cover, foto profil dan latar belakang. Kualitas gambar terbaik di beberapa perangkat, menggunakan dimensi berikut :

Facebook : 1702 x 630 untuk foto cover, 180 x 180 untuk foto profil

Google+ : 2120 x 1192 untuk foto cover, 800 X 800 untuk foto profil

Youtube : 2560 X 1440 untuk foto cover, 800 X 800 untuk channel icon

Twitter : 1252 x 626 untuk foto cover, 73 x 73 untuk foto profil, 1600 × 1200 untuk foto latar belakang

Linkedin : 646 x 220 untuk foto banner, 100 x 60 untuk foto profil perusahaan

 

3. Buatlah Desain Anda Konsisten secara visual

urlKlien Anda sedang mencari solusi untuk membangun identitas merek yang kuat melalui social media. Jadi, pastikan bahwa semua desain Anda kohesif secara visual di seluruh platform. Designer Charmiel, merancang 3 gambar halaman social media yang berbeda untuk pelanggannya, tetapi akan selalu terasa konsisten secara keseluruhan.

4. Menyediakan Lebih Banyak Ruang untuk Gambar daripada Teks

31250239edfa351e4a7f4eebba216f9f72f3bb6a28a0db9a-originalOtak memproses gambar ribuan kali lebih cepat daripada memproses teks. Hal ini terbukti bahwa konten yang berisi lebih banyak gambar daripada teks, menghasilkan lebih banyak umpan balik. Selain itu, orang akan mudah lelah jika melihat konten yang berisi banyak tulisan dan memiliki sedikit gambar. Buatlah gambar yang mewakili merek Anda. Kurangi tulisan yang kurang sesuai.

 

5. Perhatikan Penempatan Foto Profil yang Berinteraksi dengan Foto Cover

Screen-Shot-2014-01-29-at-12.27.31-PMDari segi komposisi, jangan biarkan foto profil Anda tumpang tindih dengan foto cover, yang pada akhirnya menyembunyikan konten berharga yang ingin audiens lihat. Agar mudah dilihat, buatlah konten utama dari foto cover / banner Anda, dengan lebih berorientasi pada sisi kanan gambar.

Untuk pendekatan yang lebih kreatif, cobalah membuat foto profil dan foto cover yang sengaja berinteraksi satu sama lain.
Beberapa platform media sosial akan secara otomatis menempatkan foto cover Anda ke album foto. Jadi, jangan meninggalkan ruang kosong di daerah itu.

 

6. Pastikan Desain Anda Mematuhi Aturan Masing-masing Platform

Screen-Shot-2014-01-29-at-1.50.51-AMDalam panduan ini, Sribu akan menambahkan sebuah tips lagi, yaitu jangan pernah menggunakan gambar yang berisi konten tidak sesuai dengan aturan. Misalnya saja unsur yang tidak senonoh atau sebuah ancaman, serta gambar yang melanggar hak cipta seseorang. Setiap situs memberlakukan pedoman ini secara berbeda, tetapi jika desain Anda melanggarnya, Anda berisiko mendapatkan penangguhan, atau bahkan pemberhentian.

 

7. Jika Desain adalah untuk Promosi Media Sosial, maka Sederhanakanlah

29041608d014ec7a37013edec396fe40625c9351622b29e8-originalUntuk kampanye promosi yang ditampilkan di halaman social media Anda, gunakan pencitraan menarik namun sederhana. Contoh foto cover diatas jelas bahwa Facebook tersebut menyediakan panggilan untuk memberi layanan pada Anda, namun dengan desain yang cukup sederhana.

 

8. Buatlah agar Kreatif dan Menarik

294077821832b721751e47405525d1bd50ad1b23139da680-originalTujuan utama dari sebuah halaman social media adalah keterlibatan dengan para target dan membuat mereka untuk berbagi konten, yang mencakup foto cover ataupun banner.

Halaman media sosial yang memiliki konten kreatif dan menarik, jauh lebih mungkin untuk meningkatkan keterlibatan. Jadi pastikan Anda melaksanakan kebebasan dalam berkreasi dengan desain, sambil memastikan bahwa visual Anda konsisten dengan perusahaan para klien dan menampilkan produk dan komunitas mereka.

 

Social media membutuhkan ketelitian untuk mengembangkannya. Dan perlu Anda ingat bahwa banyak ide bisnis yang bisa diambil dari social media. Perbaikilah desain halaman Anda, dan dapatkan lebih banyak umpan balik dari calon pelanggan Anda. Semoga sukses.

 


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.