KelseyRamsdenBanner-copy

Apa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melanjutkan karir sebagai seorang pengusaha? Tentunya mempraktekkan saran terbaik dari pengusaha sukses menjadi hal yang patut Anda coba! Kelsey Ramsden, adalah wanita pengusaha terbaik di Kanada dan merupakan anggota terpilih dari Ernst & Young Winning Women Entrepreneurs 2013 dan menjadi mentor di Richard Branson Centre for Entrepreneurship yang telah berhasil mendirikan 4 perusahaan. Dengan pencapaiannya, ia telah berhasil membuat banyak orang terpukau. Dan kali ini Sribu akan membagi 8 tips tentang kewirausahaan dari Ramsden:

1.  Jangan Memulai Bisnis Hanya untuk Uang

Ramsden melihat banyak pelaku wirausaha terjun dalam dunia kepemilikan bisnis hanya karena satu alasan, yaitu uang. Tapi dia memperingatkan itu adalah prinsip yang berbahaya. Jika Anda berbisnis semata-mata hanya untuk uang, maka Anda akan kecewa suatu saat nanti. Memang uang merupakan suatu hal yang penting dan dapat dijadikan tolak ukur, tetapi Ramsden beranggapan bahwa sebagian besar pengusaha berpengalaman akan mengatakan bahwa uang biasanya adalah hal yang terakhir datang.

2.  Tahu Saat yang Tepat untuk Fokus pada Waktu dan Energi

Mengejar setiap peluang yang ada tentu akan menyebabkan ketidakfokusan yang mungkin akan berakibat kekacauan. Bila Anda memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan, tidak memiliki gambaran jelas mengenai ke mana dan bagaimana memberikan waktu dan energi, maka gerakan Anda akan melambat. Maka dari itu, Anda harus memikirikan segala sesuatunya sebelum Anda mengerahkan waktu dan energi Anda untuk suatu hal yang baru.

Mujer-Emprendedora-Retos

3.  Prioritaskan Kegiatan untuk Memperbaiki Hubungan

Ramsden mengatakan, “Kegagalan yang terjadi terus menerus biasanya dikarenakan lemahnya suatu hubungan.” Anda tentu bisa melakukan perubahan dengan cara mengidentifikasi berbagai huubungan yang dianggap lemah dan cari tahu bagaimana caranya agar hubungan tersebut bisa kembali menguat. Biasanya hubungan terlemah bisa Anda temukan  pada penanganan masalah perdagangan langsung kepada customer dan juga kurangnya proporsi nilai yang ditawarkan kepada target market dan juga kurangnya komunikasi.

4.  Memegang Akuntabilitas dengan Mengejar Akuntabilitas

Dr. Kjell Nordstrom, penulis dan pakar bisnis, mengatakan; “Kita hidup di dalam kondisi sosial yang menyendiri.” Ketika seorang wirausaha menderita karena kesepian dan perpisahan, Ramsden merasa struktur akuntabilitas menjadi sangatlah penting. Memiliki mentor, penasihat, dan rekan pengusaha lain di mana Anda punya akuntabilitas merupakan suatu keharusan. Baik dengan tatap muka atau pun koneksi virtual dari jarak jauh.

5.  Menentukan Sistem untuk Mencapai Tujuan Anda

Pengusaha cerdas tidak hanya menentukan tujuan, mereka juga membangun sistem untuk mendukung tujuan tersebut. Ramsden mengaku mulai melakukan itu dengan “benar-benar salah”. Kebanyakan orang menentukan apa yang ingin dicapai, menentukan kerangka waktu untuk menyelesaikannya, dan kemudian bekerja untuk mencapai tujuannya. Tapi ternyata sistem tersebut salah (waktu yang ditentukan dengan alat yang dibutuhkan untuk bekerja mencapai tujuan). Ini seperti ingin menurunkan berat badan sebanyak 5kg (tujuan) pada musim panas (kerangka waktu) dan dengan ikut dalam keanggotaan gym (alat); tapi tidak menjadwalkan janji satu jam perhari (sistem) untuk latihan.

logo_web_2014b

6.  Hindari Berbagai Masalah dengan Orang Lain

Ramsden mengatakan salah satu hambatan wirausaha yang sering bermasalah adalah “mengelola hubungan dengan orang lain”. Tapi kita semua tahu betapa pentingnya masalah ini. Membangun manajemen tim yang tepat dengan orang-orang yang tepat adalah dasar dari sebuah kesuksesan bisnis. Namun jika Anda membentuk tim yang salah, dengan orang yang tak tepat, sama saja dengan merencanakan datangnya bencana. Solusi dari Ramsden, “Pekerjakan orang berdasarkan dengan kecocokan nilai inti dan budaya, yang mungkin tidak ditampilkan dalam resume.” Dengan cara seperti itu, Anda akan mengetahui dengan jelas apakah orang tersebut merupakan orang yang tepat untuk berkerja dengan Anda.

7.  Lihatlah Cermin dan Jadilah Brutal Seperti Apa Adanya

Ingin tahu satu faktor kesuksesan atau kegagalan Anda? Lihatlah cermin. Anda lah faktornya. Pengusaha yang bijaksana mempunyai kemampuan untuk melihat diri mereka dengan penilaian tanpa memasukkan unsur prasangka. Ketika mereka melihat kekurangan, mereka akan membuat langkah untuk memperbaiki diri. Ramsden setuju; “Jujurlah pada diri Anda degan perbaiki kekurangannya dengan cara yang realistis dan sesuai dengan kemampuan diri sendiri.”

8.  Meminta Bantuan Ketika Membutuhkannya

Ramsden berjuang melawan kanker dan menang. “Sel-sel kanker adalah sel-sel kanker dan mereka akan berkembang biak sekalipun Anda tahu atau tidak tentang keberadaannya. Kanker tidak pandang bulu, jadi Anda harus menjaga sendiri kesehatan bisnis Anda. Dan hal tersebut memiliki arti bahwa Anda juga harus mengetahui kapan harus meminta pertolongan orang lain untuk menghilangkan kanker tersebut.” Pengusaha terbaik mengelilingi diri mereka dengan orang-orang pintar melebihi diri mereka. Dan kemudian tidak takut untuk meminta bantuan ketika mereka membutuhkannya.

Kelsey-Board-Of-Directors-e1351282256142

Apakah Anda seorang wirausaha yang mempunyai pengalaman sama? Mungkin dari sini Anda menjadi tahu cara menanganinya. Semoga ini dapat menjadi inspirasi dan tips segar bagi Anda semua.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.