Mengembangkan Bisnis

Mengembangkan bisnis online adalah hal yang selalu dibilang sulit. Tetapi, jika Anda mencoba mengerti kunci dan melihat hal-hal kecil seperti kepuasaan pelanggan, apa yang dipikirkan pelanggan, bagaimana pelanggan puas dengan service serta produk Anda, mengembangkan bisnis bukanlah hal yang sulit lagi. Inilah 9 cara untuk mengembangkan bisnis online Anda.

1. Buatlah Website

b2

Ketika pelanggan Anda mencari informasi tentang Anda atau produk dan jasa yang Anda jual, pastikan Anda memiliki sebuah website yang dapat mereka kunjungi. Memiliki halaman Facebook atau Twitter memang adalah hal yang baik, tetapi hal itu hanyalah penopang dari bisnis Anda.

Website Anda sendiri adalah tempat terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda dan 100% dalam kendali Anda. Menyiapkan domain adalah step yang mudah dan tidak terlalu mahal. Website Anda adalah tempat terbaik bagi pelanggan dan prospek untuk berhubungan langsung dengan Anda. Perhatikan juga bagaimana cara untuk mengembangkan efektifitas online shop Anda.

 2. Iklan Banner

b3

Jika bisnis offline memerlukan majalah, Koran bahkan TV, saat Anda menjalankan bisnis online Anda dapat meringankan biaya promosi Anda. Iklan pada media online sangatlah banyak jenisnya, tetapi mulailah dengan yang sederhana seperti iklan Banner. Tampilan iklan di situs Web Anda akan membuat Anda diperhatikan. Cobalah gunakan Google Adwords. Google Adwords memungkinkan untuk jangkauan yang luar biasa dalam hal mempromosikan bisnis Anda.

Bentuk lain dari iklan banner dikenal sebagai “pemasaran”. Ini menampilkan iklan banner kepada pengunjung yang telah mengunjungi ke situs Anda dan pergi tanpa mengambil tindakan (membeli sesuatu atau mendaftar untuk newsletter Anda misalnya). Dengan penandaan pengunjung ketika mereka tiba di situs Anda, Anda kemudian dapat mengikuti mereka di web dengan iklan. Pemasaran seperti ini ditawarkan oleh Google dan perusahaan lain seperti Criteo.

 3. Email Marketing

Email Marketing memang terlihat old fashion, tetapi hal ini memang paling efektif dalam mengembangkan bisnis online Anda. Tentunya hal ini lebih murah dan lebih baik daripada membeli daftar pemasaran. Buat panggilan yang kuat untuk tindakan untuk pelanggan Anda untuk mendaftar ke newsletter perusahaan Anda. Berikan konsumen banyak alasan untuk menyerahkan alamat email mereka seperti akses ke konten eksklusif, pengujian produk, acara peluncuran, hadiah produk dan insentif lainnya untuk membangun loyalitas dan hubungan yang lebih mendalam. Jangan lupa untuk meminta izin mereka bagi Anda untuk menghubungi mereka!

4. Mudahkan Pencarian

Untuk terkenal, tentunya Anda harus memudahkan pencarian bisnis Anda bukan? Google AdWords adalah cara termurah untuk memulai iklan bisnis Anda secara online. Ketika pengguna memasukkan permintaan pencarian ke Google mereka menggunakan kata kunci atau frase yang menunjukkan niat mereka (apa yang mereka cari).

Google AdWords adalah salah satu alat pencarian kata kunci yang memungkinkan Anda untuk penelitian tren kata kunci dan membangun daftar kata kunci untuk digunakan dalam kampanye ADWORD Anda. Alat manajemen tawaran ADWORD memungkinkan Anda untuk mengajukan budget Anda pada kata kunci yang mengkonversi. Harga ini terkait dengan berapa banyak Anda akan membayar bila pengguna mengklik iklan Anda berdasarkan kata kunci menggunakan kata. Anda akan belajar apa kata kunci yang paling kompetitif untuk industri Anda atau kategori, tetapi Anda akan segera mendapatkan biaya per (pelanggan) akuisisi (BPA) yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk anggaran kampanye. Untuk perubahan kecil Anda dapat mulai menguji kombinasi salinan iklan yang berbeda dan mengkonversi lebih banyak lalu lintas. Jangan lupa untuk menguji kampanye di search engine Bing dan Yahoo.

 5. Buatlah Blog

b4

Mungkin sebagian dari kalian berpikir buat apa membuat blog padahal sudah memiliki website. Tetapi, sebenarnya dengan membuat blog Anda dapat menulis konten yang bermanfaat yang tentunya dapat mengoptimalkan target pasar Anda. Dengan kata lain, hal tersebut memudahkan Anda untuk bergaul dengan target pasar Anda. Lalu, jangan lupa koneksikan blog Anda dengan website Anda. Pastikan Anda mendekati situs yang berhubungan dengan bisnis Anda dan kredibel di mata pelanggan Anda. Itu berarti lalu lintas tinggi, blog otoritas tinggi. Menawarkan untuk menulis editorial tamu atau review produk.

 6. Optimalkan Tingkat Konversi

Terus pantau dan optimalkan saat menguji halaman arahan secara online serta elemen desain. Seorang legendaris iklan, David Ogilvy pernah berkata: “Jangan pernah berhenti menguji dan iklan Anda tidak akan pernah berhenti meningkat”

Hal yang sama berlaku untuk situs web. Alat seperti Optimizely dan Performable mengajarkan Anda apa isi konversi yang terbaik dan kemudian mengoptimalkannya.

 7. Halaman Arahan

109490_1586028_100050_image

Setelah Anda memiliki website dan homepage dan iklan Google, Anda mungkin harus mempertimbangkan pengujian “halaman arahan”. Sebuah SEM kampanye besar atau strategi SEO membutuhkan halaman arahan yang besar yang mengkonversi lalu lintas menjadi lead, pendaftaran atau penjualan. Ada berbagai jenis halaman arahan dan hal yang berbeda yang dapat Anda coba. Anda mungkin menguji kombinasi yang berbeda dari desain dan elemen copy (seperti gambar spanduk dan panggilan untuk tombol tindakan) atau panjang halaman yang berbeda (panjang atau pendek) untuk menemukan desain halaman arahan yang sempurna yang memberikan tingkat konversi tertinggi.

 8. Sosial Media

Hal ini adalah salah satu hal yang wajib Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis online Anda. Dengan adanya sosial media, Anda akan membuat pelanggan lebih mudah dalam mencari tahu tentang perkembangan produk Anda. Selain itu, sosial media adalah hal yang dapat dibilang sebagai ‘makanan sehari-hari’ para pelanggan di dunia.

 9. WordPress

WordPress adalah jenis tertentu dari blog yang bebas untuk mengatur dan mudah untuk menyesuaikan. WordPress adalah salah satu yang paling populer dan platform blogging paling cerdas di dunia. WordPress dilengkapi dengan built-in alat berbagi sosial untuk menciptakan komunitas instan dan membantu menyebarkan konten Anda ditambah desain SEO-friendly, dan mudah untuk menyesuaikan template.

Untuk tips-tips bisnis lainnya, bisa lihat artikel saya lainnya di link berikut.

* Credits to:

blog.designcrowd.com

^ 9-ways-to-grow-your-business-online-in-2013


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • wenes

    nice

  • Terima kasih compliment-nya. Ditunggu ya artikel-artikel seputar bisnis dan desain lainnya yang tidak kalah menarik 🙂

  • Diana Putri

    Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat bagi para pembaca.