disaster medsos 4

Bisnis saat ini memang erat kaitannya dengan sosial media, terutama sosial media untuk promosi.Tapi sosial media tidak selalu berdampak positif pada bisnis. Setidaknya ada 9 gangguan dalam usaha kecil yang diakibatkan oleh jejaring sosial, dan akibatnya bisa fatal. Kali ini Sribu akan membahasnya untuk Anda para pemilik bisnis agar tidak terjerumus dengan kesalahan sosial media.Berapa banyak yang dapat Anda ketahui? Mengetahui  dampak buruk ini berarti mengetahui bagaimana mencegah mereka.

1. Integritas reputasi online.

Apakah Anda mengawasi halaman Facebook perusahaan untuk melihat apa yang terjadi di dalamnya? Apa yang diletakkan di sana oleh karyawan? Bahkan “kebaikan hati” Anda bisa dilihat dengan cara yang salah oleh pengunjung.

2. Teks atau gambar yang tidak layak.

Jika karyawan melakukan hal ini, tentu saja bisa menodai reputasi perusahaan Anda. Meskipun Anda tidak bisa mengontrol apa yang karyawan remaja lakukan di sosial media dari rumah mereka, setidaknya dapat mendidik mereka. Biasanya itu hal bodoh yang umum dilakukan, bukan karena ada niat jahat. Orang dewasa juga, harus dididik bahwa posting yang tidak pantas dapat merusak reputasi Anda.

disaster medsos 2

3. Pencurian ID Keuangan

Sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya seperti postingan nama hewan peliharaan atau hal-hal yang umum dijadikan kata kunci atau jawaban dari pertanyaan sistem pengaman. Angka-angka dalam ulang tahun dan tanggal pernikahan juga sering digunakan dalam password. Halaman Facebook perusahaan Anda harus terhindar dari rincian pribadi yang dapat digunakan hacker untuk memecahkan password. Jangan terlalu lengkap mengisi detail segalanya tentang Anda.

4. Perampokan Rumah 

Anda dan karyawan harus dididik tentang bahaya postingan liburan atau informasi perjalanan bisnis di sosial media. Pencuri bisa melihat peluang ini karena tahu rumahnya kosong ditinggal penghuninya pergi berlibur.

disaster medsos 1

5. Mengintai Perusahaan

Seorang mata-mata bisa membuat sebuah halaman Facebook Fanspage, berpose sebagai sesama karyawan dari cabang lain dan merekrut karyawan otentik untuk bergabung dengan grup Facebook-nya. Dengan cara ini ia bisa mengekstrak informasi sensitif perusahaan dari waktu ke waktu.

6. Mengucapkan Kata-Kata Yang Buruk

Cepat atau lambat Anda mungkin memiliki karyawan yang tidak puas. Mungkin seseorang yang Anda pecat karena kinerja yang buruk. Mungkin orang itu masih bekerja untuk Anda. Bahkan bisa jadi itu sekretaris Anda. Apakah Anda memperlakukan karyawan dengan baik? Seorang karyawan dapat membalas dendam dengan memposting ulasan buruk tentang perusahaan Anda di berbagai situs, dengan hanya menggunakan inisial atau nama samaran. Karyawan  ini bahkan dapat membuat blog tentang seberapa buruk bisnis Anda. Perlakukan karyawan dengan baik, dan waspada untuk tweet dan posting yang mengandung emosi.

disaster medsos 3

7. Bullying

Hal ini terjadi: sebuah posting karyawan atau komentar yang bersifat menyerang seperti pada halaman Facebook perusahaan dalam menanggapi posting dari masyarakat.

8 Situs palsu

Seorang kriminal atau bahkan pesaing bisnis dapat membuat website palsu, mungkin di Facebook atau situs blog, untuk mengekstrak informasi tentang perusahaan Anda dari pengunjung yang tidak curiga atau orang-orang yang telah terpikat. Informasi ini dapat mencakup nama-nama klien Anda dan email mereka, nomor telepon, nomor rekening, dan lain-lain

9. Bukti Hukum

Meskipun pengaturan privasi di Facebook dapat menyembunyikan posting, tapi bukan berarti mereka tidak dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan, ketika terjadi satu masalah hukum.

Apakah Anda sudah pernah mengetahui hal-hal di atas? Apakah pernah mengalaminya? Mengetahui  dampak buruk ini berarti mengetahui bagaimana mencegah mereka. Sangat penting untuk mengetahuinya. Dan satu kesimpulan disini, tidak ada yang benar-benar bisa privacy dalam sosial media, sekalipun ada fitur privacy. Hacker terlatih akan dengan mudah mengaksesnya. Jadi berhati-hatilah untuk berbagi info di sosial media.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.