percaya diri 1

Kebanyakan pengusaha memiliki sifat-sifat khusus yang penting untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Mereka bersemangat, ulet, fokus pada peluang dan tidak takut risiko. Tapi, yang mungkin memiliki pengaruh paling besar atas keberhasilan seorang pengusaha adalah kepercayaan diri. Jika ingin mencapai sukses besar, percayalah bahwa Anda layak. Berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat untuk meningkatkan percaya diri Anda.

1. “Kemas” diri Anda layaknya orang sukses.

Dengan memahami bagian ini, dapat meningkatkan percaya diri Anda. Cara berpakaian juga merupakan cara berkomunikasi dengan orang lain dan mempertegas bahwa Anda memiliki pengetahuan, kekuatan dan kompetensi. Ketika memilih pakaian, ingatlah untuk berpakaian sesuai  kenyamanan emosional klien Anda. Sebelum bertemu dengan klien penting, lakukan penelitian identitas perusahaan klien, lingkungan kantornya dan nilai-nilai internal.

2. Perbaiki postur tubuh Anda.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk di depan meja separuh hari, kemungkinan postur tubuh akan sedikit bungkuk. Tapi jangan membungkuk saat bertemu dengan klien, pelanggan atau rekan kerja. Postur tubuh yang buruk dapat membuat Anda tampak tidak meyakinkan, malas atau tidak tertarik. Cobalah untuk menarik bahu ke belakang dan meluruskan tulang belakang. Jauhkan kepala Anda dalam posisi netral dengan dagu sedikit terangkat.

percaya diri 4

3. Lakukan yang terbaik dan kurangi rasa khawatir.

Pengusaha yang tidak memiliki kepercayaan diri sering menekankan pada apa yang orang lain mungkin pikirkan tentang mereka. “Negative self-talk” dapat dengan cepat membuat Anda merasa seolah-olah orang lain mengevaluasi setiap kesalahan dan salah langkah yang Anda buat. Fokus pada semua hal yang dapat Anda lakukan dengan baik dan delegasikan tugas lainnya pada yang lebih berkompeten.

4. Fokus pada masa depan.

Jika Anda merasa sedang terjebak dalam hal-hal kecil dari bisnis sehari-hari, ingatkan diri sendiri  untuk berpikir tentang impian dimasa depan. Dengan menggunakan beberapa menit untuk fokus pada tujuan, maka akan dapat kembali fokus pada apa yang paling penting bagi Anda dan bisnis.

5. Jadilah positif.

Pikiran negatif tidak dapat meningkatkan percaya diri, dan kita sering dihantui hal negatif sepanjang hari, setiap hari. Untuk menangkal energi negatif di sekitar Anda, isi pikiran dengan hal-hal positif. Menunjukkan rasa terima kasih untuk kebaikan kecil dan menghargai orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda membiasakan diri untuk menjadi positif dan bersyukur, itu akan menjadi suatu kebiasaan.

percaya diri 2

6. Lepaskan kesalahan kecil.

Semua orang pernah membuat kesalahan, jadi jangan berharap untuk menjadi sempurna. Cobalah untuk tidak memikirkan kesalahan kecil. Jika Anda membuat kesalahan pada klien, atau ada pelanggan yang komplain, jangan menghabiskan waktu untuk berlebihan memikirkannya. Sebaliknya, pikirkan untuk bertanggung jawab. Minta maaf, memperbaiki kesalahan sesegera mungkin dan lakukan evaluasi. Itu jauh lebih berarti. Anda harus lebih bijak dalam menangani komplain pelanggan.

7. Lanjutkan untuk tumbuh dan berkembang.

Sebuah prestasi kecil dapat membantu meningkatkan percaya diri, bahkan jika itu tidak sepenuhnya berhubungan dengan bisnis Anda. Belajarlah keterampilan baru, mengambil kelas di sebuah tempat lembaga atau membaca buku tentang topik yang menarik minat Anda. Jika Anda ingin unggul dalam sesuatu yang spesifik seperti bermain golf atau berbicara di depan umum, ambil kursus yang sesuai.

8. Jadwalkan waktu untuk “bermain”.

Jika setiap minggunya ada 60 sampai 80 jam kerja dan tidak pernah mengambil waktu untuk beristirahat, ini justru membuat Anda menuju kejenuhan dan kelelahan. Sisihkan waktu untuk melakukan hobi. Mengajak keluarga ke tempat hiburan, berjalan-jalan saat istirahat makan siang atau ikut kelas yoga. Dengan menyisihkan waktu untuk hobi, teman-teman dan keluarga, dapat menyegarkan kembali pikiran Anda dan siap untuk menaklukkan tantangan berikutnya.

percaya diri 3

9. Jangan takut untuk meminta nasihat.

Setiap kali Anda merasa ragu-ragu, panggilah teman yang terpercaya, seorang ahli atau kolega dan dapatkan saran terbaik. Seringkali pendapat obyektif akan membantu Anda melihat hidup secara berbeda, mengatasi tantangan dan mengubah sikap.

Pemimpin yang baik harus yakin pada diri sendiri, dan bisa menjadi teladan bagi anggotanya. Dengan meningkatkan percaya diri, Anda akan lebih yakin untuk mengambil keputusan dalam bisnis. Lakukan hal-hal di atas untuk menjadi pribadi yang lebih hebat dari sebelumnya.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.