Saat ini kegiatan promosi melalui media online menjadi salah satu alternatif utama bagi para pelaku bisnis. Banyaknya pelaku usaha online membuat persaingan semakin ketat. Dalam membuat website, tidak harus yang berbayar, Anda dapat memanfaatkan website gratis. Pemanfaatan search engine menjadi hal yang wajib dilakukan. Beberapa search engine yang saat ini masih sering dikunjungi konsumen untuk mencari daftar bisnis sesuai kebutuhan mereka adalah Google, Yahoo!, dan Bing. Kebanyakan orang mungkin masih awam dengan trik agar alamat web miliknya dapat muncul pada halaman pertama di search engine, padahal akan sangat menguntungkan jika alamat web Anda muncul di halaman pertama. Saat ini sudah banyak penyedia jasa SEO untuk memudahkan para pemilik bisnis online dalam optimaslisasi web Anda. Sebenarnya bisa saja jika anda melakukan optimasi sendiri, namun itu jika Anda punya banyak waktu luang karena sangat kompleks untuk mempelajari seluk beluk search engine, terlebih jika Google secara mendadak mengganti sistem mereka. Agar Anda tidak terlalu pusing dan membuang banyak waktu, sebaiknya memanfaatkan jasa SEO yang berpengalaman dan terjangkau. Tetapi harus hati-hati dalam memilih, karena banyak penipuan yang justru akan menghancurkan bisnis. Inilah beberapa tips memilih penyedia SEO yang tepat!

1. Hindari daftar teratas Agen SEO

2014011210501882734

Sebisa mungkin jangan mudah terpengaruh pada agen SEO yang menempati daftar teratas pada mesin pencari. Tentu hal mudah bagi perusahaan-perusahaan ini untuk membeli tempat teratas pada daftar tersebut, sehingga mudah bagi mereka untuk mempromosikan perusahaan mereka sendiri. Sayangnya, tidak ada informasi dalam daftar tersebut mana yang handal dan terpercaya, dan akan lebih baik jika kita mencari informasi sendiri, bisa melalui blog, forum, dan review di situs-situs untuk mengetahui fakta yang sebenarnya.

2. Periksa Latar Belakang

collect_information

Perusahaan jasa SEO yang baik pasti memiliki karakter yang akan menarik perhatian Anda dan membuat Anda tertarik. Pastikan perusahaan tersebut memiliki akun di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Google+ yang tentunya harus mempunyai follower serta aktif. Periksa apakah mereka mempunyai lokasi yang dapat anda kunjungi sehingga kita bisa lebih mudah mengetahui keberadaan mereka yang sebenarnya jika suatu saat mereka menghilang dari “dunia maya” setelah Anda melakukan pembayaran. Beberapa alamat yang bisa Anda kunjungi untuk mencari perusahaan SEO, termasuk forum SEO, dan artikel adalah SearchDay, ISEDB, Clikz dan SearchGuild dan tempat-tempat lain yang memang Anda ketahui dapat dipercaya.

3. Keahlian

1

Sebuah perusahaan yang baik dalam bekerja akan selalu membimbing anda secara cuma-cuma dan menawarkan bantuan pada web dan hosting Anda untuk memastikan semuanya sejalan dengan kebutuhan promosi SEO Anda. Oleh karena itu, jika Anda tidak menemukan informasi yang berguna dan up to date pada web perusahaan SEO dan proposal mereka, atau mereka terus-menerus memberi tagihan pada setiap konsultasi atau perubahan rencana, Anda harus berpikir dua kali sebelum menggunakan jasa mereka.

4. Mintalah referensi

faqs

Jika salah satu dari teman dekat, keluarga, atau rekan kerja anda sebelumnya pernah berkerja dengan perusahaan tersebut, sebaiknya perhatikan saran-saran mereka tentang penyedia jasa SEO. Sekalipun Anda adalah anggota gabungan pemasaran, pemilik perusahaan, atau manajer perusahaan, akan sangat baik dan cerdas jika Anda mau mendengarkan saran orang lain yang dapat diandalkan.

5. Reputasi

seo-services-target

Aspek lain yang tidak kalah penting dalam mencari perusahaan SEO adalah reputasi. Setelah Anda mempersempit daftar pilihan Anda, Anda harus memeriksa reputasi mereka. Lihatlah feedback, review, sertifikasi, dan koneksi mereka. Sangat perlu bagi sebuah perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan lain yang mempunyai reputasi baik, karena dapat mempengaruhi reputasi yang baik juga untuk perusahaan Anda. Sebaliknya, jika kita bekerjasama dengan perusahaan semacam penipu, maka bisa jadi orang memandang perusahaan Anda juga mempunyai reputasi yang sama.

6. Transparansi

Transparency-with-Clients

Periksa perusahaan yang akan bekerjasama dengan Anda secara transparan di berbagai bidang, terutama metode, keahlian, dan praktek kerja. Perusahaan yang transparan akan semakin kecil kemungkinan menyembunyikan suatu hal dari Anda. Sebaliknya, perusahaan yang tidak transparan besar kemungkinan untuk menyembunyikan suatu hal dari Anda.

7. Terjangkau

teanc-de-bani

Sebuah perusahaan SEO yang baik harus melakukan review web Anda dan kinerja perusahaan Anda dalam mesin pencari sebelum memberikan penawaran. Ini merupakan hal penting agar dapat mempertimbangkan harga pembayaran yang tepat untuk ditawarkan. Namun harga yang terlalu murah juga bukan merupakan pilihan yang baik. Sebuah penyedia jasa SEO yang baik adalah yang menawarkan semua layanan SEO, termasuk optimasi social media, pemasaran melalui email, optimasi local search, dan Google Adwords, jika mencakup hal-hal tersebut sangat wajar bila menawarkan harga mencapai $1000.

8. Layanan Berbasis Kinerja

seo

Faktor yang paling penting adalah bahwa perusahaan Anda ada pada Top 10 (halaman pertama). Berhati-hatilah dengan kebanyakan perusahaan yang menawarkan janji terlalu berlebihan. Anda justru tidak akan melihat hasil apapun dari uang yang sudah Anda bayarkan setiap tahunnya. Jika Anda memakai jasa SEO yang otentik, akan memakan waktu 3 hingga  6 bulan mencapai Top, tetapi jika Anda memakai perusahaan SEO yang illegal, Google akan memberikan sanksi setelah 5 sampai 8 bulan.

9. Mampu Membaca Pesaing

INVESTIGATING_YOUR_CASE

Penting kiranya dalam sebuah bisnis kita mampu memenangkan kompetisi. Tentunya kita akan berusaha dengan cara yang bersih. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membaca tingkat kompetisi bisnis Anda. Perusahaan SEO yang baik seharusnya tahu cara tersebut.

Setelah membaca beberapa tips di atas tentu Anda jadi lebih waspada dan berhati-hati dalam memilih jasa SEO untuk membantu pemasaran online bisnis Anda. Yang tidak kalah penting adalah tampilan web anda, pemilihan desain logo juga akan mempengaruhi ketertarikan pengunjung. Tidak ada salahnya untuk mendengar pendapat dari orang lain yang sudah lebih berpengalaman dalam bidang tersebut.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.

  • Persaingan ketat bisnis online – juga telah melanda bisnis para jagoan HTML, SEO optimizer, dan para pembuat web perusahaan.
    Seperti jingle iklan media online, buktinya dapat ditemukan disini, dan tersedia banyak …banyyaakkk