Di era digital saat ini, pemasaran produk bisa dilakukan lebih fokus melalui penargetan iklan dan Adwords gratis yang sesuai dengan target pasar produk. Melalui penggunaan kata kunci yang tepat, maka iklan atau AdWords gratis Anda akan menjangkau orang-orang yang berpotensi untuk membeli produk Anda. Cara ini tidak hanya lebih efektif dan efisien menyasar calon pelanggan potensial, tapi juga lebih hemat biaya, karena Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda untuk mengunjungi situs web Anda (Pay Per Click). Dengan metode ini, perusahaan kecil dan menengah pun bisa memasang iklan atau AdWords gratis secara lokal maupun global dengan efektif.

keywords

Via makingrank

Tentu saja, ada hasil AdWords gratis yang optimal tidak datang dengan sendirinya. Anda harus menentukan kata kunci yang tepat dan melakukan pengujian A/B (A/B testing). Tapi tidak semua orang memiliki waktu atau kemampuan untuk melakukan hal ini. Kalau hal ini menjadi hal yang sulit bagi Anda, AdWords Tool akan sangat membantu Anda saat memasang iklan gratis online.

Google memberikan banyak fitur gratis seperti Keyword Planner atau AdWords Editor yang sangat membantu Anda. Tapi ada banyak Adwords Tools gratis lainnya dengan kelebihan fiturnya masing-masing yang juga bisa Anda coba:

1. UberSuggest

Tidak punya banyak waktu untuk mempelajari cara menentukan kata kunci? Maka UberSuggest adalah pilihan yang sesuai untuk Anda. Perangkat AdWords ini sangat mudah dipahami dan bisa langsung Anda gunakan tanpa harus melakukan pelatihan khusus. Yang penting adalah Anda telah memiliki kata kunci utama serta bahasa dan area target pasar Anda. Lalu perangkat ini bisa membantu Anda mencari berbagai variasi kata kunci dari kata kunci utama Anda. Anda bahkan bisa melihat berbagai iklan yang terkait dengan variasi kata kunci tersebut. Perangkat ini sangat tepat untuk Anda yang ingin memasang AdWords gratis di suatu daerah tertentu yang memiliki bahasa atau dialek lokal yang tidak Anda ketahui.

2. SplitTester

Kalau Anda memiliki 2 macam iklan atau AdWords gratis yang berbeda serta jumlah klik dan Click-Through Rate dari kedua iklan tersebut, maka Anda bisa menggunakan SplitTester untuk menganalisis data dan memprediksi hasil dari kedua iklan tersebut dalam jangka panjang dengan mudah. Kalau perangkat ini menunjukkan bahwa kedua iklan memberikan hasil yang berbeda jauh, maka Anda bisa meneruskan iklan tersebut.

a_b_testing

Via netdna-cdn

3. A/B Test Significance Calculator

Idealnya, Anda harus terus menganalisa AdWords Anda untuk melihat efektivitasnya. Setelah itu, Anda harus melakukan perubahan yang diperlukan untuk menciptakan AdWords dengan hasil yang lebih optimal. Anda juga bisa membandingkan beberapa Adwords gratis yang berbeda, lalu melihat hasil dari tiap iklan tersebut untuk menentukan iklan mana yang paling efektif. Perangkat A/B Test Significance Calculator akan membantu Anda melakukan hal ini dengan memasukkan jumlah pengunjung serta konversi dari kedua iklan. Mudah, bukan?

4. Soovle

Saat Anda memasukkan suatu kata kunci di Google Suggest, Anda akan mendapatkan berbagai variasi kata kunci yang banyak dicari orang. Perangkat Soovle melakukan hal yang sama dengan lebih mendalam, karena Anda akan mendapatkan variasi kata kunci dari berbagai mesin pencari secara sekaligus. Jadi, dari satu perangkat ini, Anda bisa mendapatkan variasi kata kunci populer dari Google, YouTube, Wikipedia, Amazon, dll untuk Anda gunakan dalam AdWords gratis Anda.

soovle

Via eekineedageek

5. Template PPC Reporting secara Mudah dan Cepat dari Mike Griffith

Membuat laporan PPC memang tugas rutin yang membutuhkan ketelitian tinggi. Walaupun bisa jadi hal yang membosankan, Anda tetap harus membuat laporan PPC secara rutin. Tanpa laporan PPC yang akurat, dari mana Anda bisa tahu apakah iklan atau AdWords gratis Anda efektif atau tidak? Untungnya, ada template yang bisa membantu Anda membuat laporan dengan mudah dan cepat, yaitu template PPC Reporting dari Mike Griffith. Template ini bahkan dilengkapi panduan mudah yang akan membantu Anda dalam penggunaannya.

6. AdWords Performance Grader

Ingin mengukur kinerja AdWords gratis Anda? AdWords Performance Grader adalah perangkat mudah yang akan membantu Anda. Perangkat ini membantu Anda menganalisa akun Anda, membandingkan Anda dengan kompetitor Anda, menunjukkan kelemahan dan kekuatan Anda, serta memberikan tips tentang hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

ppc

Via searchacquisition

7. Convertable

Kalau Anda ingin mengetahui perilaku pengunjung yang mencari situs Anda, Anda tidak harus menggunakan perangkat yang mahal. Anda bisa menggunakan Convertable yang bisa melacak lokasi pengunjung Anda, situs lain yang dikunjungi oleh pengunjung situs Anda, halaman yang dikunjungi, serta durasi waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda. Data yang Anda dapatkan dari perangkat ini bisa memberikan Anda masukan mengenai kampanye pemasaran serta AdWords gratis Anda.

8. UserEffect

Mengetahui dan menganalisa Click-Through Rate (CTR) jadi lebih mudah dengan perangkat ini. Anda pun bisa membandingkan CTR dari dua atau lebih Adwords gratis yang berbeda untuk melihat Adwords mana yang paling efektif.

9. Found Keyword Tool

Perangkat ini dikembangkan untuk membantu Anda menemukan variasi kata kunci dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci, lalu perangkat ini akan memberikan berbagai variasi lainnya yang bisa Anda gunakan.

resized_grandma-finds-the-internet-meme-generator-finding-keywords-how-hard-can-it-be

Via diylol

9 perangkat di atas adalah beberapa perangkat yang bisa Anda pilih untuk membantu Anda memasang iklan gratis online. Tentu saja, perangkat yang baik akan memberikan hasil optimal jika Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan dengan perangkat tersebut. Anda juga harus terus menganalisa data dan beradaptasi untuk melakukan perubahan yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kalau Anda mengalami kesulitan mendapatkan hasil yang Anda inginkan, Anda bisa menggunakan jasa SEO di Sribulancer. Kampanye pemasaran yang efektif pun bisa terwujud dengan lebih cepat untuk Anda.


Zara Zestya

Zara Zestya