Apakah produk atau jasa Anda ingin dicap jelek akibat desain website buruk?

Tentu saja Anda akan berkata TIDAK.

Tampilan website akan mempengaruhi kredibilitas sebuah perusahaan di mata konsumen. Memiliki website perusahaan yang buruk merupakan salah satu bencana dalam bisnis.

Tidak jarang, baik atau buruknya desain web sebuah perusahaan menjadi penentu keputusan konsumen untuk mengetahui bahkan menggunakan produk Anda lebih jauh.

Meskipun pada kenyataannya bisnis Anda tengah berjalan dengan baik, konsumen bisa saja membentuk persepsi bahwa perusahaan Anda tidak memiliki kredibilitas karena website perusahaan tidak ‘ramah mata’.

Oleh karena itu, Anda harus memahami tanda-tanda website Anda perlu desain ulang.

Eyes hurt

Via  Perezhilton

Seringkali persepsi menjadi lebih kuat daripada kenyataan, berikut adalah 10 persepsi yang tidak ingin Anda dapatkan bagi bisnis Anda akibat desain website Anda buruk.

1. Apakah Perusahaan ini ‘Gulung Tikar’?

Bankrupt

Via Sororitylyfe

 

“Apakah perusahaan ini bangkrut?”

“Apakah mereka tidak memiliki uang untuk membuat website yang lebih baik?”

Ketika website perusahaan Anda terlihat buruk atau kurang menarik, hanya dalam 1/10 detik pengunjung dapat meninggalkan website Anda dan juga menilai bahwa perusahaan Anda nampaknya telah bangkrut.

Dari sisi pengunjung, mereka akan berpikir untuk apa melanjutkan mencari tahu mengenai produk atau layanan Anda?

2. Pelayanan Terhadap Konsumen yang Tidak Responsif

Pada era digital ini, website perusahaan dapat berperan menjadi apapun, dari sarana konsumen membeli produk hingga layanan pelanggan perusahaan Anda. Dan, 45% konsumen akan meninggalkan produk ketika komplain mereka tidak segera ditanggapi.

Responsive

Via: Totalcomm

 

Jadi, website perusahaan dengan desain yang buruk akan semakin memperkuat persepsi konsumen bahwa jangankan keluhan, mungkin order mereka saja tidak akan ditanggapi.

3. Perusahaan Tidak Mengikuti Perkembangan Zaman

Future

Via Nclr

 

Ada penjelasan-penjelasan ilmiah mengapa Anda memerlukan sebuah website dengan desain yang baik untuk bisnis Anda. Ketika Anda gagal mengikuti perkembangan konsumen yang mengharapkan kecepatan, ketepatan dan kepraktisan melalui teknologi, tidak salah jika konsumen menilai perusahaan Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi dengan baik.

4. Jangan Biarkan Bisnis Anda Dianggap Tidak Niat

“Apakah pemilik website perusahaan ini tidak niat untuk berbisnis?” adalah mantra yang akan berpotensi banyak keluar ketika konsumen menilai website perusahaan yang tidak user friendly dari segi tampilan maupun navigasi.

Website perusahaan yang baik secara tampilan maupun konten dapat membentuk persepsi yang positif dan kuat bagi konsumen, sesuai dengan komitmen Anda dalam melayani mereka.

5. Tidak ‘Kekinian’

Setiap orang ingin menjadi bagian dalam sebuah trend yang berkembang meskipun dalam skala yang berbeda-beda. Banyak orang ingin menjadi bagian dari ramainya perbincangan mengenai uberMOTO, Steller atau Medium, dan website mereka dapat mengakomodasi keinginan pasar dengan menyediakan kemudahan bagi konsumen menjadi bagian dari mereka.

6. Tidak Ada Calon Karyawan yang Ingin Melamar Pekerjaan di Perusahaan Anda

Untuk mengembangkan bisnis, Anda memerlukan orang-orang yang kreatif. Bakat yang bertebaran di luar sana menganggap website perusahaan sebagai salah satu ‘penarik’ mereka untuk bekerja di tempat tersebut.

Riset yang dikemukakan oleh Jobplanet menunjukkan 85% pencari kerja mengecek bagian profil dan review milik perusahaan-perusahaan start-up yang terdaftar. Ini berarti, pencari kerja memiliki ketertarikan yang tinggi mengenai kultur kerja, keuntungan dan nilai-nilai yang didapatkan dari perusahaan tersebut.

7. Apakah Perusahaan ini Aman Bagi Konsumen?

Insecure

Via Tumblr

 

Jika perusahaan Anda memiliki website yang tidak terurus dengan baik, kemungkinan pelanggan akan beranggapan bahwa data dan informasi yang mereka berikan tidak akan tersimpan dengan aman. Anggapan tersebut bukan hal yang baik dalam upaya mendapatkan persepsi kredibilitas dari konsumen.

8. Website Perusahaan Anda Tidak Layak Dikunjungi, Apalagi Direkomendasikan

Menurut studi Tandfonline, 94% kesan pertama sebuah website itu berhubungan dengan aspek desain. Ketika Anda mendapatkan kesan pertama yang buruk ketika mengunjungi suatu tempat, akankah Anda kembali berkunjung? Akankah Anda merekomendasikannya kepada teman Anda? Yup, saya rasa juga tidak.

9.  Tidak Kompeten dalam Mendesain Website

Incompetent

Via Fasttech

 

Mungkin saja persepsi itu tidak sepenuhnya salah, karena tidak semua orang memiliki kompetensi dalam mendesain sesuatu. Namun, masalah itu bukan tanpa solusi. Help is on the way! Anda dapat segera menggunakan jasa web designers di Sribu untuk mendapatkan tujuan yang lebih besar, yaitu kredibilitas perusahaan Anda.

Tidak dapat dihindari, sebuah website bagi perusahaan merupakan elemen yang paling penting. Aspek desain pada website juga menjadi faktor penentu bagi konsumen untuk berkontribusi lebih jauh dengan sebuah perusahaan. Bahkan, diyakini website akan terus berevolusi dari segi fungsi maupun kekayaan fiturnya di masa depan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mulai berdiskusi dengan para tenaga kerja profesional di bidang web desain, bagaimana sebuah bisnis dapat bertahan dan berkembang melalui elemen yang krusial seperti ini.

Apakah Anda memiliki pendapat mengenai pembentukan kredibilitas perusahaan? Bagilah cerita Anda di kolom komentar!


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Twit as @ijey and Co-Founder of @jongpwk. A Music Machine at @KaneronPictures.