10 Alasan Untuk Membuka Bisnis Sampingan Sambil Bekerja

601px-Business_plate.svg

Memulai bisnis sampingan merupakan tantangan tersendiri terutama bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Bisnis sampingan seringkali memberikan profit yang menjanjikan ketimbang pekerjaan utama anda kini.

Namun memutuskan untuk memulai bisnis sampingan memang tak mudah, anda tak hanya menghadapi berbagai tantangan sebagai pebisnis pemula namun juga tetap harus menghadapi pekerjaan utama anda yang tentunya harus tetap di maintain.

Tetapi ternyata ada banyak keuntungan untuk memiliki bisnis sampingan. Ini dia 10 diantaranya:

 

1. Reduced risk

open-your-own-business-sign

Bisnis sampingan mengurangi risiko anda tanpa harus kehilangan pekerjaan utama. Bayangkan saja anda bisa tetap bekerja dan memperoleh penghasilan dari penghasilan utama anda namun tetap mendapat penghasilan dari bisnis sampingan. Bisnis sampingan risikonya kecil ketimbang anda meninggalkan pekerjaan anda dan langsung terjun ke bisnis. Ini tentunya akan lebih efektif untuk anda.

2. Waktu tambahan

extra-time-jpg1

Pekerjaan anda memberikan extra time untuk bisnis sampingan anda. ketimbang anda buru-buru membuat bisnis sampingan anda go public maka anda lebih baik membesarkannya terlebih dahulu.

Tristram Mayhem mengatakan bahwa ia sudah membangun Go Ape saat masih bekerja di General Electric. Ia mengatakan bahwa sudah memiliki ide tersebut sejak Agustus 2002 dan menjalankannya saat masih terikat pekerjaan utamanya.

3. Kebebasan

freedom (1)

Tristram mengatakan bahwa dengan memiliki bisnis sampingan maka anda tentunya memiliki uang lebih dimana anda memiliki cukup kebebasan untuk menggunakan uang. Penghasilan anda dari pekerjaan utama bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Sementara itu penghasilan dari bisnis sampingan bisa digunakan untuk tabungan. Dengan memiliki bisnis sampingan maka anda akan memiliki kebebasan finansial dan ini tentunya amat menguntungkan.

4. Komitmen

Siapapun yang terjun ke dunia bisnis pada satu titik akan mempertanyakan apakah mereka memiliki keinginan untuk melihat visi mereka. Saat anda menghabiskan beberapa minggu untuk bisa membagi waktu diantara dua pekerjaan maka anda akan mengetahui jika anda memiliki komitmen akan hal tersebut. Bisnis sampingan membantu anda untuk berkomitmen terjun ke dunia bisnis yang sesungguhnya tanpa berisiko kehilangan pekerjaan.

Bisnis sampingan juga merupakan media untuk melakukan tes dalam mencoba dunia bisnis. Banyak orang yang memiliki bisnis sampingan saat masih bekerja dan akhirnya sukses membuka bisnis sendiri. Jika anda tak menyukainya anda bisa meninggalkannya dan masih masih memiliki pekerjaan.

5. Pertemanan

quality-friends

Memiliki bisnis sampingan membuat anda memiliki banyak kenalan dan networking yang baik. Memulai bisnis dari awal akan membuat anda kesepian namun memiliki orang-orang di sekitar anda akan membantu anda untuk fokus dan memberikan ide baru.

6. Network

Isu Kritikal Desainer Freelance - 2

Pada beberapa kasus kontrak kepegawaian anda akan melarang anda untuk mendekati klien perusahaan dan pelanggan secara langsung. Namun tentu anda bisa memanfaatkan networking tersebut nantinya. Jika anda berniat untuk membuka bisnis sampingan maka sebaiknya menggunakan networking atau kontak anda secara efektif. Kebanyakan pelanggan pertama pada sebuah bisnis adalah orang-orang di pekerjaan lama.

7. Skill Baru

Ketimbang mengeluh mengenai pekerjaan anda maka anda bisa menggunakan gaji anda untuk berinvestasi pada skill yang nantinya akan membantu anda untuk membuka bisnis sampingan. Misalnya saja anda bekerja pada sebuah restoran dan terbiasa menangani pelanggan maka skill ini bisa digunakan jika nantinya anda membuka restoran.

8. Manajemen Waktu

jam

Sebagai seorang pebisnis, pengaturan waktu yang baik merupakan kunci dari kesuksesan. Mengatur waktu untuk pekerjaan utama anda dan bisnis sampingan akan membuat anda mampu untuk mengatur waktu sebaik mungkin yang nantinya akan berguna untuk bisnis anda.

9. Kreativitas

Saat memiliki dua pekerjaan yang harus dijalankan maka anda biasanya akan berpikir outside the box untuk memaksimalkan waktu dan uang dan akhirnya anda menjadi seorang yang kreatif. Dengan memiliki bisnis sampingan sekaligus pekerjaan utama maka kreativitas anda akan terasah.

10. Pemikiran Positif

Enjoying the sun

Dengan masih memiliki pekerjaan utama dan penghasilan maka anda memulai sebuah bisnis karena passion anda dan bukannya merupakan sebuah kewajiban.  Penting secara psikologis untuk membuat keputusan yang positif untuk memulai sebuah bisnis. Pressure anda akan berkurang karena anda masih memiliki pekerjaan utama yang memberi anda penghasilan dan ini akan membuat pemikiran dan langkah anda lebih positif.

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing