crowdsourcing desain

Saat ini banyak bisnis yang memanfaatkan tren-tren baru yang berkembang untuk membangun bisnis mereka termasuk misalnya dengan memanfaatkan social media sebagai alat marketing baru. Salah satu tren yang saat ini banyak dipakai oleh para pebisnis untuk memperoleh jasa desain adalah crowdsourcing desain.

Yang dimaksud dengan crowdsourcing desain adalah menyerahkan pekerjaan desain yang biasanya dikerjakan oleh desainer pada sebuah perusahaan ke sebuah komunitas desain terpercaya. Dalam crowdsourcing desain Anda sebagai pemilik bisnis bisa menyerahkan sebuah pekerjaan desain ke sebuah perkumpulan atau komunitas desainer yang terorganisir.

Hal ini merupakan hal yang paling menguntungkan dari sebuah crowdsourcing desain. Bayangkan saja jika anda biasanya menyerahkan pekerjaan desain ke dua atau tiga desainer dalam sebuah perusahaan jasa desain maka dengan crowdsourcing desain anda menyerahkan pekerjaan tersebut ke ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu desainer. Bayangkan betapa banyak pilihan desain yang anda peroleh dan bahkan hal yang paling menyenangkan semua itu bisa didapatkan dalam waktu cepat dan harga terjangkau.

crowdsourcing design

photo source: agencypost.com

Kata crowdsourcing sendiri dipopulerkan oleh Jeff Howe di tahun 2006 yang menjelaskan sebuah cara baru mempekerjakan orang yang ingin membantu sebuah project. Kumpulan orang-orang dengan keahlian tertentu dan dalam jangka waktu tertentu mampu bertransformasi menjadi kekuatan yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis untuk mengerjakan sebuah pekerjaan.

Sebetulnya istilah crowdsourcing sendiri telah ada di masyarakat sejak lama dalam berbagai bentuk. Crowdsourcing sendiri sering digunakan untuk jasa layanan terjemahan. Misalnya saja facebook telah menggunakan crowdsourcing untuk mentranslate websitenya ke berbagai bahasa sejak tahun 2008. Wikipedia juga bisa dikategorikan sebagai crowdsourcing seperti halnya ensiklopedia yang ditulis oleh banyak orang di seluruh dunia. Crowdsourcing sebetulnya telah ada ditengah masyarakat sejak dulu hanya saja sekarang dengan nama dan konsep yang lebih menarik. Crowdsourcing sendiri banyak memberikan kelebihan dibandingkan outsourcing.

Saat ini perusahaan banyak yang menggunakan jasa crowdsourcing seperti misalnya untuk keperluan riset. Membangun tim riset serta melakukan penelitian untuk pengembangan produk dalam sebuah perusahaan memerlukan biaya cukup besar namun semua itu bisa diatasi dengan crowdsourcing.  Bahkan ada beberapa perusahaan yang menawarkan hadiah besar untuk memecahkan permasalahan ke website crowdsourcing seperti  misalnya InnoCentive namun semua itu jauh lebih murah ketimbang harus melakukan penelitian sendiri. Berikut ini adalah beberapa contoh brand besar yang menggunakan crowdsourcing dalam perencanaan bisnis mereka.

Kembali ke crowdsourcing desain, crowdsourcing desain merupakan tipe crowdsourcing paling populer dan banyak diminati oleh perusahaan maupun pemilik usaha kecil. Jika selama ini hasil desain yang diterima dari perusahaan jasa desain kurang memuaskan atau membutuhkan biaya besar maka crowdsourcing menjadi alternatif untuk keperluan pekerjaan desain.

Melalui crowdsourcing, perusahaan dan juga individu dapat memperoleh hasil desain beragam, profesional dan dengan harga terjangkau. Hal yang paling menarik perhatian dari crowdsourcing desain selain dari kualitasnya yang bagus juga harganya yang amat terjangkau bahkan untuk pemilih usaha kecil sekalipun. Seiring dengan harga yang murah serta berkualitas baik, crowdsourcing memberikan Anda keuntungan dari banyaknya orang yang siap mengerjakan pekerjaan desain untuk Anda kapan saja. Crowdsourcing desain ketika dterapkan biasanya berbentuk kontes dan contohnya dapat dilihat di kontes logo berikut ini dimana ada lebih dari 279 desain yang diterima oleh sang klien dalam 7 hari.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya crowdsourcing  amatlah cocok untuk pekerjaan seperti halnya desain. Jika Anda ingin membuat logo perusahaan menyewa seorang desainer profesional memang merupakan pilihan namun kini crowdsourcing desain memiliki pilihan yang lebih menarik dengan kualitas tak kalah bagus bahkan dengan lebih banyak pilihan.

Salah satu website crowdsourcing desain ternama dan terpercaya di Indonesia adalah Sribu.com. banyak brand-brand besar maupun kecil yang telah mempercayakan pekerjaan desain mereka ke sribu.com seperti misalnya pembuatan logo perusahaan, website, banner, poster, flyer, brosur, bilboard dan masih banyak yang lainnya. Crowdsourcing desain merupakan revolusi baru dalam dunia jasa desain dan sebagai pemilik bisnis ini merupakan salah satu solusi yang sangat dicari karena memberikan win-win solution bagi semua pihak.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G