Crash-Course-for-Entrepreneur

Mempunyai ide-ide cemerlang dan merasa bosan dengan pekerjaan di kantor bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis. Untuk memulai bisnis sendiri dan keluar dari aktivitas pekerjaan sebelumnya diperlukan dorongan dan karakter yang kuat dari dalam diri Anda. Jika memang Anda serius dengan keinginan memulai bisnis dan menjadi seorang pengusaha, pastikan Anda punya karakter berikut.

1.  Motivasi Diri

Salah satu hal penting untuk memulai bisnis rumahan yaitu, ide tidak akan muncul selama sibuk bekerja. Sebuah bisnis rumahan akan membebaskan Anda dari urusan birokrasi kantor dan membuang-buang waktu latihan (ingatlah berbagai laporan yang menumpuk di kantor).

how to stay motivated to work out

Tapi menjadi bos sendiri tidak secara otomatis mengubah Anda menjadi seorang manager. Mimpi bisnis sendiri hanya bisa menjadi kenyataan jika Anda memiliki motivasi kuat di dalam diri. Memiliki bisnis mengharuskan Anda melakukan tugas-tugas yang bisa berbeda setiap harinya (penjualan, akuntansi, pajak,…), dan tanpa atasan yang menuntut Anda menyelesaikan tugas, maka motivasi diri untuk bisnis sangatlah penting.

2.  Kelaparan:

Tidak peduli lapar pada apa, apakah itu lapar karena belum makan selama dua hari, atau lapar pada tantangan. Rasa lapar ini akan membantu menciptakan dorongan yang diperlukan untuk membuat bisnis Anda tumbuh.

Hungry-woman1

Banyak kisah sukses pengusaha bisnis kecil yang benar-benar sukses itu datang dari situasi darurat. Banyak kisah sukses  jaringan pemasaran terkenal yang erat kaitannya dengan orang yang kehilangan pekerjaan, tidak bisa memberi makan cukup untuk keluarga, dan akan kehilangan rumah mereka. Mengapa mereka lalu bisa begitu berhasil dalam waktu singkat? Bicara tentang menjadi lapar, orang-orang secara harfiah pasti merasa lapar, dan sebagai upaya untuk menutupi kelaparan, mereka menjual produk melalui saluran jaringan pemasaran. Dorongan itu yang membuat mereka sukses.

3.  Banyak Akal:

Kebanyakan bisnis modal kecil dimulai karena keadaan kekurangan. Pada awal bisnis dibentuk, tidak ada banyak dana yang tersedia untuk membayar semua hal untuk kebutuhan bisnis. Disinilah akal sangat bermanfaat. Anda akan perlu beberapa juta rupiah untuk menutupi kekurangan. Itu bukan mustahil didapatkan.

Keluarlah dari zona nyaman Anda dan meminta teman-teman serta keluarga membantu memasarkan bisnis, ini dapat menghemat uang cukup banyak. Selain itu, membeli perlengkapan kantor ketika ada diskon, dan gunakan sosial media untuk memasarkan bisnis Anda. Dengan menggunakan berbagai media online yang murah dan gratis dapat menjaga bisnis Anda tetap bertahan.

4.  Bisa Beradaptasi:

06278353

Ketika memulai sebuah bisnis, Anda akan mengalami situasi dan pekerjaan yang Anda tidak tahu jawabannya. Daripada melarikan diri atau menyerah sebelum bisnis Anda dapat berkembang, berkomitmen lah untuk berorientasi solusi. Jika Anda tidak yakin bagaimana untuk menjadi terdepan dalam produk untuk jaringan pemasaran bisnis baru Anda, mulailah meneliti. Jika Anda gugup tentang bagaimana berbicara dengan orang tentang bisnis baru Anda, mulailah bicara. Blunder dan kesalah umum terjadi. Tidak ada yang sempurna. Tapi menjadi fleksibel dan bisa beradaptasi dengan situasi baru, dapat membuat bisnis berumur panjang.

5.  Ramah:

Kebanyakan bisnis rumahan adalah bisnis yang berhubungan dengan orang-orang. Baik itu mengajar les privat, jasa konsultasi freelance, atau menjual produk dari rumah Anda.

Mengapa penting untuk melihat diri sendiri dan menentukan apakah Anda ramah atau tidak? Pelanggan tidak akan kembali jika interaksi mereka dengan Anda cenderung canggung. Tinjauan dan penilaian buruk oleh pelanggan dapat bergema selama bertahun-tahun. Buatlah poin untuk menerima kritik diri sendiri secara teratur. Tanyakan teman atau orang kepercayaan agar jujur dengan cara Anda memberi promosi penjualan atau berlatih menentukan seberapa kuat kemampuan bertahan. Mampu mengambil timbal balik, bahkan sekalipun itu menyakitkan, adalah tanda seorang pengusaha yang ditakdirkan sukses. Anda dapat membuat kartu nama dan membagikannya pada pelanggan Anda, agar mereka bisa memberi saran dan kritik secara langsung pada Anda, atau bahkan mengajak mengembangkan bisnis bersama.

6.  Persuasif:

speaker

Sebuah bisnis adalah semua tentang menjual produk atau jasa secara efektif. Seorang pengusaha sukses mampu mempengaruhi keputusan orang lain untuk membeli. Anda harus dapat berbicara dengan orang dan meyakinkan mereka untuk mengambil tindakan. Ciptakan percakapan yang mengesankan dan karismatik dengan individu yang persuasif dan menarik. Jauh lebih mudah untuk secara alami persuasif tentang sesuatu ketika Anda benar-benar percaya. Jadi temukan bisnis yang Anda cintai, Anda percaya dan kesuksesan akan mengikuti Anda.

Kesuksesan pengusaha memang tidak datang dengan tiba-tiba dan cepat. Pasti akan melalui beberapa proses dan hambatan. Dan para pengusaha sukses, umumnya memiliki enam karakter di atas. Jika Anda bisa menerapkan karakter di atas, itu tanda bahwa Anda memang ditakdirkan untuk sukses.

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.