Cara Membuat Blog Bisnis: 7 Langkah Praktis Dan Efektif

Saat ini blog telah bertransformasi menjadi salah satu fasilitas yang dapat berperan vital dalam kegiatan marketing. Lebih jauh lagi, mengintegrasikan blog dengan website perusahaan merupakan cara efektif dalam mengoptimalisasi pertumbuhan bisnis. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh pengaruh blog dalam dunia bisnis. Bahkan, tidak sedikit juga yang tidak mengerti cara membuat blog bisnis.

membuat blog bisnis

Dalam bisnis kecil, blog berpotensi menjadi salah satu elemen paling penting dalam membantu pertumbuhan bisnis tersebut. Alasannya, blog bisnis tidak memerlukan biaya yang besar, serba guna, mudah dikelola, fleksibel dan “menjual”. 

Berikut adalah tujuh langkah praktis cara membuat blog bisnis:

1. Tentukan Tujuan Membuat Blog Bisnis

Seperti menikah, sebelum melangkah lebih jauh sangat baik jika kita menentukan tujuan terlebih dahulu. Tentukan apakah Anda membuat blog bisnis Anda untuk menjadi tempat untuk menceritakan kisah-kisah entrepreneurship, menjual produk/jasa, berbagi tips, tempat berpromosi atau gabungan atas semuanya?

membuat blog bisnis

Via giphy

CEO TopRank Marketing, Lee Odden, menyarankan agar blog bagi bisnis kecil untuk ditujukan sebagai penunjang website perusahaan, berperan sebagai landing page, penyedia tips bisnis kecil dan menjadi alat pemasaran.

2. Pilih Platform Blog Anda

Setelah menentukan tujuan yang jelas untuk blog Anda, menentukan platform blog apa yang akan dipakai merupakan cara membuat blog bisnis yang selanjutnya. Banyak orang akan menyarankan Anda untuk memakai WordPress sebagai platform blog bisnis. Sejauh yang diketahui selama ini, WordPress memang merupakan platform yang menyediakan banyak plugin, dan sangat bersahabat dengan SEO (agar website Anda berada di peringkat satu hasil pencarian Google).

Akan tetapi, Anda juga memiliki banyak alternatif selain WordPress sebagai platform blog seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:

membuat blog bisnis

Via startnewblog

Platform terbaik yang dianjurkan setelah WordPress adalah Blogger kemudian blog yang berorientasi banyak di share melalui media sosial, Tumblr.

3. Pilih Web Hosting dan Domain Sendiri

Cara membuat blog bisnis selanjutnya adalah memilih web hosting untuk blog Anda. Website seperti GoDaddy atau Register menyediakan jasa web hosting dengan paket-paket tertentu. Dengan menggunakan domain Anda sendiri, maka kredibilitas website dan blog Anda akan meningkat dan juga lebih ramah SEO.

choose gif

Via Pinterest

Jika Anda masih bingung, silahkan membaca 7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online ini, dijamin mudah!

4. Desain Blog Anda Sendiri

Langkah selanjutnya adalah mendesain blog Anda sendiri. Desain blog ini pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari desain website, dan desain tersebut haruslah baik (ini akibatnya jika desain website Anda buruk sekali).

design gif

Via Tumblr

Dalam menentukan desain blog atau website, setidaknya Anda dapat mempertimbangkan hal-hal penting seperti harus mobile friendly, gambar-gambarnya harus beresolusi tinggi, memiliki konten video, memuat halaman dengan cepat, navigasi mudah, tidak rumit dan menampilkan testimoni pelanggan (jika ada). Lihat 11 Desain Website Terbaik 2016 yang dapat memberikan inspirasi dalam membuat blog bisnis Anda.

5. Buat Rencana Konten

Pasangan serasi untuk tujuan adalah rencana. Saatnya Anda merencanakan konten apa saja, apa dan di kanal mana konten Anda akan disebar atau diterbitkan.

plan gif

Via giphy

Salah satu bagian dari perencanaan adalah meriset kata kunci yang akan dipakai di dalam konten blog. Anda dapat menggunakan tools seperti Google’s Keyword Planner atau Ubersuggest. Anda juga dapat menggunakan tools berbayar seperti Wordstream.com, WordTracker dan KeywordDiscovery.com.

6. Mudah Dibagikan

Cara termudah untuk membuat blog bisnis Anda agar mudah dibagikan secara lebih luas adalah dengan selalu responsif terhadap komentar dari pembaca dan pastikan konten Anda tersebar di kanal media sosial yang relevan bagi bisnis Anda. Jika Anda hendak menulis mengenai bisnis kecil ada baiknya Anda melakukan crossposting konten blog Anda di LinkedIn Pulse yang saat ini semakin diperhitungkan sebagai sumber bacaan untuk membentuk dan dianggap memiliki kredibilitas di kalangan eksekutif.

flyer gif

Via giphy

Dengan menjadi pengelola blog yang responsif, maka pembaca akan merasa dihargai pendapat/keberadaannya meski hanya dibalas dengan komentar yang pendek. Sementara itu, menyebarkan konten blog Anda secara berkala di kanal media sosial yang relavan secara berkala dan terus menerus akan semakin memudahkan pembaca baru untuk menemukan konten Anda.

7. Bentuk Tim untuk Membuat Blog Bisnis Anda

Siapa yang akan membuat blog bisnis Anda? Tentu saja sebuah tim yang harus solid dan menyenangkan seperti Ubixlo. Setidaknya Anda harus memiliki editor yang akan mengkurasi tulisan para penulis Anda. Yang terpenting adalah mereka harus memiliki hasrat dalam melakukan pekerjaan ini karena pada membuat blog bisnis diperlukan dedikasi dan komitmen yang bukan main.

dean-winchester-gif-indie-jared-padalecki

Via favim

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak untuk membuat blog bisnis karena Anda dapat menyewa jasa para penulis kreatif dengan mudah di Sribulancer. Atau, Anda juga dapat menyewa jasa saya, itu juga boleh-boleh saja.

Berita baiknya adalah Sribulancer menyediakan paket yang komprehensif. Anda dapat membuat blog bisnis, website company profile, website e-commerce, jasa SEO, jasa penulisan artikel, dan jasa social media marketing. Melalui paket-paket dalam membuat blog bisnis, Anda dijamin akan dapat mengudara secara efektif dengan cepat. Menarik bukan?

Masih ragu dan masih mau nyemplung langsung ke dunia SEO?

Well, that’s too bad

but we still got it covered for you!

Bagi Anda yang ingin terjun langsung namun masih bingung harus kemana lagi setelah mempelajari info di artikel ini, Anda bisa baca panduan lengkap SEO dan Business Blogging!

Terima kasih telah membaca artikelnya, semoga bermanfaat!