Melalui internet, kita semua pastinya sudah mengetahui bagaimana menjangkau masa yang luas untuk berbagai kepentingan salah satunya crowdsourcing.

Saat ini crowdsourcing merupakan salah satu konsep yang cukup populer untuk menyerahkan pekerjaan atau mendapatkan solusi ke komunitas tertentu.

Saat ini crowdsourcing merupakan kata yang populer di berbagai blog atau majalah. Banyak artikel-artikel yang mengupas bagaimana banyak perusahaan mendapatkan berbagai keuntungan dari crowdsourcing.

Perusahaan atau bisnis berskala kecil merupakan pihak yang paling sering menggunakan jasa crowdsourcing.

Crowdsourcing merupakan cara untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang berkualitas, lebih bervariasi dan dengan harga terjangkau.  Saat ini pertanyaan pentingnya adalah bagaimana crowdsourcing membantu dalam kehidupan anda?

Crowdsourcing
Crowdsourcing Illustration

photo source: creativityatgrassroots.wordpress.com

Crowdsourcing mampu memberikan gambaran apa yang dipikirkan oleh masyarakat mengenai produk atau ide anda.  Jika anda seseorang yang baru saja memulai usaha dan ingin mendapatkan gambaran seperti apa produk atau service anda jika dilempar ke masyarakat maka crowdsourcing merupakan langkah tepat. Dalam hal ini crowdsourcing amat membantu dalam hal product development, ide serta brainstorming.

Salah satu persoalan bagi bisnis berskala kecil adalah bahwa mereka belum memiliki massa dan orang belum mengenal mereka. Crowdsourcing merupakan langkah yang baik bagi pengusaha UKM untuk memulai sebuah bisnis. Salah satu contoh menarik dari platform tersebut adalah ideavibes (www.ideavibes.com) yang  memberikan banyak solusi untuk berbagai pertanyaan.

Salah satu persoalan dalam usaha kecil adalah anda kerap menghadapi permasalahan dimana anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan namun anda tak memiliki kapasitas untuk ini. Tentu kesempatan untuk melakukan pekerjaan tersebut merupakan hal yang tak boleh disia-siakan oleh pemilik usaha kecil dan mereka bisa memanfaatkan jasa crowdsourcing untuk itu.

Crowdsourcing juga amat berguna jika anda ingin melakukan sebuah pekerjaan dimana anda tak memiliki sumber daya dengan pengetahuan atau keahlian khusus untuk menanganinya. Seperti misalnya desain, saat ini menyewa jasa desainer profesional dari sebuah perusahaan jasa desain cukup mahal dan untuk bisnis berskala kecil hal itu tak memungkinkan dikarenakan mereka memiliki budget terbatas untuk itu. Desain merupakan contoh terbaik untuk dilakukan dengan konsep crowdsourcing.

Dengan menyerahkan pekerjaan desain ke perusahaan penyedia jasa crowdsourcing maka anda tak hanya memperoleh hasil desain berkualitas baik yang profesional namun juga dengan budget yang affordable.

Jika anda membutuhkan logo, flyer, kartu nama, desain web untuk usaha anda anda bisa menyerahkan pekerjaan tersebut ke sribu.com yang merupakan perusahaan jasa desain berkonsep crowdsourcing di Indonesia. Anda bisa memilih berbagai kategori harga yang terjangkau dan menerima hasil-hasil karya desain profesional dalam waktu yang amat singkat. Anda juga bisa memberikan feedback untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Pada akhirnya anda tinggal memilih desain yang anda sukai dan membayar dengan harga yang amat kompetitif.

Crowdsourcing bisa dikatakan membantu dalam kehidupan kita. Sebagai pemilik usaha kecil dengan budget terbatas anda tentu harus mengetahui harga yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan misalnya pekerjaan desain. Keuntungan dari crowdsourcing ini adalah anda mengetahui sebelumnya harga desain tersebut dan anda bisa memilih berbagai variasi desain yang disubmit. Namun tentunya keputusan anda dalam memilih desain terbaiklah yang terpenting.

Ada juga platform crowdsourcing dimana anda bisa menemukan freelancer untuk mengerjakan berbagai pekerjaan seperti misalnya project IT, marketing atau artikel. Anda bisa submit pekerjaan yang anda ingin delegasikan, mendapatkan offer serta melakukan kontrak langsung dengan konsep tersebut.

Crowdsourcing tentunya bukan hanya untuk pemain besar saja. Justru banyak kesempatan bagi perusahaan kecil untuk mendapatkan keuntungan dari crowdsourcing. Intinya adalah jika anda memiliki pekerjaan yang anda ingin delegasikan atau solusi atas pertanyaan yang ingin anda dapatkan maka anda bisa mendapatkannya di konsep crowdsourcing ini. Ada berbagai cara untuk menjangkau massa dan massa tersebut memiliki banyak kekuatan yang bisa anda manfaatkan untuk bisnis anda.

Crowdsourcing merupakan cara yang efektif dan low cost bagi usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai talent untuk mengerjakan ragam pekerjaan dari mulai akunting hingga desain web.

Crowdsourcing memberikan keuntungan dalam kehidupan anda terutama jika anda ingin mendelegasikan sebuah pekerjaan yang tak bisa anda tangani sendiri. Tak hanya itu dari sisi crowdworker, konsep ini juga memberikan kesempatan pekerjaan yang lebih banyak.

Dengan crowdsourcing hasil pekerjaan yang diperoleh lebih murah namun tetap berkualitas terbaik. Untuk hasil desain terbaik dengan konsep crowdsourcing anda bisa menghubungi sribu.com yang merupakan wadah dari para desainer profesional.

Untuk info mengenai platform crowdsourcing Sribu, bisa langsung klik link ini.

 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G