Semua pasti setuju jika saya nyatakan konsep “Internet Marketing” sebagai salah satu hal paling vital dalam era digital ini. Internet marketing bisa membuat kita menguasai pasar bisnis dengan baik. Jika tidak bisa menerapkannya, kita akan berakhir stuck, bahkan kalah persaingan.

Kita mungkin menghadapi dan/atau melakukan internet marketing setiap hari. Namun, tanpa disadari kita juga tidak sepenuhnya paham konsep utama dari internet marketing itu sendiri. Itulah mengapa sebagian besar kita kerap terbata-bata menjalankan bisnis dan karir di jagat maya.

Untuk itulah, saya ingin mengajak kita semua kembali belajar internet marketing dari 0. Artikel kali ini didedikasikan sebagai sesi Belajar dari 0 dimana saya akan membuat tulisan serial yang terbagi dalam 4 bagian, yaitu

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Social Media Marketing
  3. Email Marketing
  4. Content Marketing

 

Setiap bagian akan membahas elemen penting internet marketing yang harus kita pahami, kenali, dan kuasai. Luangkan waktu 10 menit saja untuk membaca setiap bagiannya. Saya harapkan Anda akan terbantu menguasai gambaran besar konsep super vital ini.

 

So, for the first part of this week, let’s start the lesson #1

I. THE BIG PICTURE

Apa sih SEO itu?

Pertama, mari kita bayangkan kondisi berikut:

  1. User A (pengguna internet) ingin memperoleh informasi tentang hybrid laptop yang hendak ia beli
  2. search engine ingin menampilkan hasil pencarian terbaik dan relevan dengan kebutuhan itu, agar ke depannya User A selalu mengandalkan mesin pencarian tersebut setiap kali mencari informasi.
  3. pebisnis laptop ingin tampil di peringkat teratas search results agar User A memilihnya sebagai solusi kebutuhan, lalu berujung pada pembelian yang mendatangkan uang serta popularitas untuk sang pebisnis.

Sebagai pihak yang menjalankan bisnis di era digital, tentu kita bermimpi untuk bisa menciptakan benang merah yang memenuhi ke”inginan ketiga pihak dalam kondisi di atas. Untuk itu, kita melakukan serangkaian strategi seoptimal mungkin agar bisa mewujudkannya, terutama mencapai kondisi ketiga yang sesungguhnya (tanpa kata “ingin”).

 

Serangkaian strategi tersebutlah yang dinamakan SEO.

 

Dari ilustasi di atas, bisa kita simpulkan bahwa SEO merupakan proses memaksimalkan visibilitas web pages agar mendapat peringkat teratas dalam hasil pencarian search engine yang ada.

Mengapa SEO penting dalam bisnis online?

 

SEO for Business

 

Perlu kita sadari bahwa search engine adalah evolusi teknologi yang canggih dalam sistem informasi. Namun, secanggih apapun performanya, search engine tetap tidak bisa mengenali websites sebaik manusia.

Dalam kondisi tersebut, SEO diperlukan untuk membantu search engine menemukan pages yang sangat relevan sebagai hasil pencarian. SEO lah yang menginfokan kepada search engine perihal “apa yang dibicarakan page”, serta “sejauh mana page berguna bagi users”.

Di sisi lainnya, SEO membuka jalan bagi website yang dicari menjadi terlihat oleh search engine dan ditampilkan dalam peringkat yang baik (tidak tenggelam oleh kompetitornya). Dimana semua itu berujung pada tujuan SEO yang akan saya jelaskan lebih detail di bagian berikutnya.

 

Tujuan SEO

Saat ini, jumlah pengguna internet yang memanfaatkan search engine terus bertambah. Search engine masih menjadi media andalan untuk mencari informasi yang akurat di internet. Itu artinya, untuk mengembangkan bisnis di era digital seperti ini, kita harus bisa menaklukan search engine. Nah, tujuan dari SEO adalah untuk mencapai tiga hal yang menandakan bahwa kita berhasil menguasai search engine, yaitu:

1. Traffic

Terdapat 5 pemain besar search engine di dunia, yaitu Google, Yahoo!, Bing, Ask Jeeves, dan Baidu. Jika link web pages kita muncul di laman hasil search engine tersebut, maka semakin banyak dan sering users diarahkan untuk mengunjunginya. Hal ini tentu mendorong traffic yang bagus ke website kita. Semakin tinggi traffic, semakin populerlah website tersebut. Semakin populer website, semakin tinggilah ranking-nya.

2. Highest Ranking

Ketika website kita mencapai traffic tinggi, itu berarti popularitasnya terus menanjak. Kondisi tersebut mengarahkan search engine mendeteksinya “valuable untuk users”. Hal tersebut membuat posisi website dalam search results semakin bagus. Link web pages bisa tampil di halaman pertama dan urutan teratas search results itulah yang menjadi tujuan utama SEO. Dalam posisi terbagus itu, users kerap memandang situs kitalah yang paling relevan sebagai solusi kebutuhan. Ujungnya jelas, website kita semakin kedatangan banyak pengunjung.

3. Money

Traffic yang terus meningkat, mendorong ranking berada pada posisi yang berpotensi mendatangkan traffic lebih banyak (mungkin Anda bingung dengan kalimat ini, namun pada dasarnya traffic dan ranking memiliki hubungan yang vice versa). Dari situ, pundi pendapatan bisnis kita turut semakin terisi. Itu artinya, tujuan SEO juga sangat menunjang kesuksesan bisnis secara finansial.

 

II. WHAT DO WE NEED TO DO ON SEO?

Setelah berkenalan dan memahami gambaran besar konsep SEO, selanjutnya kita harus mengetahui apa yang bisa dan perlu dilakukan dalam proses optimasi mesin pencarian. 4 poin berikut ini akan menjawabnya. Kabar baiknya, semua bisa kita lakukan sendiri, maupun dengan bantuan profesional yang ahli di bidangnya.

1. Optimasi Website

Optimasi laman situs yang ideal dalam SEO
Optimasi laman situs yang ideal dalam SEO

 

Seorang SEO expertise yang baik akan memastikan website-nya memiliki desain maupun struktur yang mudah ditemukan dan dijelajahi (crawl) oleh search engine. Karena search engine menilai pages (bukan websites secara holistik), maka memastikan setiap web pages sesuai dan “akrab” dengan search engine merupakan suatu keharusan. Anda bisa melakukannya dengan membuat sitemap yang mudah ditemukan Google, mengoptimalkan loading pages secepat mungkin, hingga membuat desain website yang bagus.

Desain yang bagus juga memperbesar kemungkinan users betah berlama-lama mengunjungi web pages kita, yang mengartikan value-nya semakin meningkat. Ingat, desain websites bagus artinya tak sekadar nyaman dan cantik dilihat, tetapi juga harus memudahkan users menggunakan menu yang tersedia ketika berinteraksi dengan web pages tersebut.

 

2. Riset dan optimasi kata kunci (keyword)

Skema penempatan Keyword
Skema penempatan keyword

 

Search engine berorientasi pada query (keyword yang diinput users pada search bar). Hal tersebut menggambarkan bahwa keyword adalah elemen utama dalam SEO. Dengan menyebarkan keyword yang tepat di web pages, maka semakin optimal pages tersebut muncul dalam hasil pencarian.

2.1 Menentukan keyword yang tepat

Kita harus mengetahui siapa audience dan target market kita terlebih dahulu. Kita harus bisa memproyeksi kebutuhan dan apa saja yang mereka cari di internet. Cara utama memproyeksinya bisa dengan melakukan evaluasi terhadap pertanyaan kasus ini:

  • hal apa saja yang menarik untuk mereka?
  • apa masalah yang mereka hadapi?
  • jenis bahasa apa yang mereka gunakan untuk mendeskripsikan kebutuhan?
  • dari siapa mereka mendapatkan solusi masalah? (kompetitor)

Jawaban atas pertanyaan ini bisa menggiring kita pada daftar keywords yang tepat.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan banyak tools yang tersedia gratis/berbayar di internet guna mengetahui keyword terbaik untuk optimasi web pages. Beberapa rujukan terpopuler dan terbaik ada di sini.

2.2 On Page Optimization
Formula penempatan Keyword (by MOZ)
Formula penempatan keyword (by MOZ)

 

Sekarang kita sudah mengantongi keyword yang paling efektif. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan dan menyebarkan keyword tersebut di web pages kita secara tepat agar bisa lebih “bersahabat” dengan search engine.

Dari beragam praktek dan penelitian yang sudah berlangsung, terdapat pola penempatan keyword yang terbukti paling optimal “terbaca dengan baik oleh algoritma search engine populer”. Saya sendiri lebih mengacu pada pola dari Moz, yang kira-kira menyarankan kita untuk menempatkan keywords pada:

– setidaknya 1 di title tags
Title Tags yang tampil dalam tabulasi browser
Title tags yang tampil dalam tabulasi browser

 

Title Tags yang tampil dalam search results
Title tags yang tampil dalam search results

 

Title Tags adalah apa yang kita baca di tabulasi browser. Title tags harus akurat dan memberikan gambaran utama isi sebuah webpage. Search engine menampilkan sekitar 65-75 karakter title tags dalam result pages. Sisipkanlah keyword dan sempurnakan dengan menyisipkan brand kita sebagai ciri khas dan publisitas yang bagus untuk branding).

– dekat top of pages
Keyword diletakan dekat bagian teratas web page
Keyword diletakan dekat bagian teratas web page
– setidaknya 3 di dalam body copy

Sebarkan dalam jumlah yang cukup (tidak terlalu banyak maupun sedikit) dan tersebar (jaraknya tidak berdekatan untuk menjauhkan kesan pengulangan atau monoton). Tempatkan keyword secara natural agar konten tetap enak dibaca dan membuat users betah.

– setidaknya 1 di alt attributes

Salah satunya bisa dengan menyisipkan keyword pada caption/description gambar yang digunakan. Hal ini juga membuat web pages kita tetap disarankan dalam search engine ketika ada users yang mencari gambar dengan keyword yang dimaksud. Namun jika keyword dirasa tidak nyambung dengan gambar, janganlah dipaksakan.

– 1 di URL
Url tampil dalam search result. Pastikan url singkat, padat, mudah dicopy-paste, dan menarik untuk diklik
Url tampil dalam search result. Pastikan url singkat, padat, mudah dicopy-paste, dan menarik untuk diklik

 

URL adalah alamat sebuah web pages yang ditampilkan di banyak tempat penting. Salah satu yang pasti adalah di laman hasil pencarian. URL juga berperan dalam menentukan ranking. URL yang disukai dan lebih dipilih user adalah URL yang singkat, jelas menggambarkan isi web pages, mudah di-copy-paste dimana saja, visible seluruhnya dalam laman hasil pencarian, dan mudah terbaca (minim parameter, angka, dan simbol).

– setidaknya 1 di meta description tag.
Meta Description
Meta Description dalam search result

 

Meta description adalah deskripsi singkat yang ditampilkan dalam search results sepanjang 1 paragraf (kira-kira 140-160 karakter). Deskripsi tersebut menjelaskan inti/ikhtisar secara to the point dari isi link yang dituju. Meta description tag tidak selalu muncul atau tersurat dalam webpages.

3. Link Building

Link building dilakukan dengan mengoptimasi inbound link yang kita miliki ke sebanyak mungkin website lain yang relevan, kredibel, dan berpotensi menarik pengunjung ke web pages. Nah, jika dikaitkan dengan konsep SEO, link building yang baik akan mengarahkan kita lebih visible di search results. Bangunlah link ke websites populer, kredibel, dan terpercaya. Ketika search engine mendeteksi link building terkoneksi dengan websites tersebut, maka kita akan dinilai berkualitas dan terpercaya sehingga semakin menarik banyak users untuk berkunjung.

4. Optimasi konten

Mengoptimasi konten web pages artinya produktif membuat konten yang bisa membangun link dan memanjakan users-nya. Buatlah artikel yang menarik, unik, dan membahas hal yang banyak dicari orang. Pastikan konten juga enak dinikmati users agar mereka betah dan merasa akrab dengan website kita, lalu menjadikannya sebagai sumber informasi utama.

 

III. ANALISIS PERFORMA

Jangan langsung merasa puas setelah paham konsep dan mampu mengaplikasikan SEO secara mandiri. Selanjutnya, kita harus mengecek kualitas performa strategi internet marketing yang sudah kita lakukan ini. Terdapat 2 cara umum untuk menganalisis performa SEO, yaitu:

– melihat ranking di search engine : performa yang baik, ditandai dengan ranking semakin di atas pada halaman semakin depan dalam search results.

– memantau traffic menggunakan analytics tools :

Tools Analytics

 

dari tools tersebut kita bisa mengetahui apakah keyword efektif menarik traffic, darimanakah referensi orang mengunjungi web pages (apakah dari link building di web A, postingan blog, update status di social media, dan lainnya).

Analisis performa ini tak hanya memberikan nilai, tetapi sekaligus menjadi bahan yang bagus untuk membangun rencana SEO selanjutnya. Padukan analisis performa ini dengan tren SEO yang tengah berkembang untuk mendapatkan hasil yang lebih mengejutkan lagi bagi bisnis kita!

 

KESIMPULAN

Akhirnya, sampailah kita di akhir bagian 1 sesi belajar internet marketing. Pada bagian ini kita diperkenalkan kepada SEO yang strategis memaksimalkan visibilitas websites kita dalam search engine results. Dengan memahami konsepnya, kita jadi tahu bagaimana menerapkan SEO yang efektif. Postingan selanjutnya, kita akan kupas habis tentang Social Media Marketing. Jangan sampai kelewatan ya!

 

 


Ambargamala

Ambargamala

Pengacak kata-kata.. usia masih muda.... cukup bisa menulis karena terbiasa. Sehari-hari mengisi waktu dengan membaca atau menulis apa saja selama mengandung kata. Orang yang bengong sedikit pasti lapar dan lapar sedikit pasti gampang ngamuk.