Bisnis Sukses Dengan Membidik Target Market Yang Tepat

photo source: onlinesurvey.surveyshack.com

Untuk membuat bisnis sukses hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa target market Anda dan menyesuaikannya dengan strategi marketing yang akan Anda jalankan untuk membidik target market tersebut.

Ditengah persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis memiliki target market yang sesuai merupakan hal terpenting. Bisnis berskala kecil mampu secara efektif untuk berkompetisi dengan perusahaan besar dengan membidik target market yang sesuai sasaran.

Kebanyakan pebisnis mengatakan bahwa target mereka adalah orang-orang yang tertarik pada produk atau service yang mereka tawarkan. Beberapa juga mengatakan bahwa target market mereka adalah pengusaha kecil, ibu rumah tangga atau pemilik rumah. Tentunya target market ini terlalu umum dan sulit untuk mewujudkan strategi marketing yang lebih kongkrit.

Dengan mengarah pada market yang lebih spesifik maka bukan berarti Anda memisahkan diri dari orang-orang yang bukan merupakan target market Anda. dengan adanya target market yang jelas maka ini akan membantu Anda untuk fokus pada strategi marketing yang lebih tepat sasaran.

Tentunya strategi marketing dengan target market yang tepat akan lebih mudah untuk diterima, efisien, efektif dan mampu menjangkau klien potensial serta menciptakan sales.

Dengan target market yang jelas tentunya akan lebih mudah untuk menentukan bagaimana dan dimana Anda harus mempromosikan bisnis anda menjadi bisnis sukses. berikut adalah enam langkah cerdas yang harus dilakukan ketika menentukan target market Anda.

1. Kenali Siapa Customer Anda

we_love_our_customers_45120409_std1

Siapa customer Anda sekarang dan mengapa mereka membeli dari Anda? Anda bisa mencari kesamaan karakter dan kesukaan dari customer Anda. Dengan mengetahui siapa dan seperti apa karakter dari customer Anda maka Anda bisa mulai menyasar orang-orang dengan karakter dan kesukaan yang sama seperti customer Anda saat ini untuk menawarkan produk atau service yang Anda jual. Ini adalah fondasi daripada membuat bisnis sukses.

2. Kenali Siapa Kompetitor Anda

bussiness-development-competition

Mengetahui siapa kompetitor Anda merupakan salah satu cara untuk mengetahui siapa target market Anda. siapa orang-orang yang dituju oleh kompetitor Anda? siapa customer mereka saat ini? sebaiknya Anda tak menyasar market yang sama Anda bisa mencari target market Anda sendiri yang sesuai dengan brand Anda.

3. Analisa Produk atau Service Yang Anda Jual

Dalam menentukan target market Anda sebaiknya Anda melakukan analisa pada produk atau service yang Anda jual. Buat daftar feature dan spesifikasi dari masing-masing atau produk atau service yang Anda jual. Buat juga secara detail keunggulan dan keuntungan yang bisa didapat orang dari produk atau service tersebut. Misalnya saja seorang desainer profesional menawarkan layanan desain berkualitas bagus maka keuntungan dari hasil desain tersebut adalah imej perusahaan yang profesional.

Imej perusahaan yang profesional akan menarik lebih banyak customer dikarenakan mereka melihat perusahaan tersebut bisa dipercaya dan profesional. Bisa dikatakan bahwa keuntungan dari hasil desain berkualitas bagus adalah untuk memperoleh lebih banyak customer dan mendapatkan profit besar.

Jika Anda telah memiliki daftar berbagai keuntungan dari produk atau service tersebut maka buat daftar orang yang membutuhkan keuntungan tersebut. Seperti misalnya Sribu sebagai perusahaan penyedia jasa desain terpercaya dan nomor satu di Indonesia bisa menyasar pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan hasil desain profesional dan berkualitas bagus untuk meningkatkan imej brand mereka.

photo source: thepeoplemarketing.us

4. Pilih Demografi Yang Spesifik Sebagai Target Market

Anda harus menganalisa target market Anda berdasarkan kebutuhan mereka akan sebuah produk atau service namun siapa yang akan membeli produk atau service anda. berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan target market:

•          Umur

•          Lokasi

•          Gender

•          Pendapatan Perbulan

•          Tingkat Pendidikan

•          Status

•          Pekerjaan

•          Latar Belakang Etnis

5. Pertimbangkan Psikografi dari Target Market Anda

Psikografi merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan dalam membidik target market. Psikografi merupakan hal-hal yang berhubungan dengan karakter pribadi dari seseorang seperti didalamnya:

•          Personality

•          Attitudes

•          Values

•          Interests/hobbies

•          Lifestyles

•          Behavior

Anda bisa menganalisa dan membuat strategi bagaimana produk atau service yang Anda tawarkan bisa sesuai dengan lifestyle dari target market Anda. bagaimana dan kapan mereka akan menggunakan produk tersebut? Fitur atau spesifikasi apa yang paling menarik buat mereka? Media apa yang akan mereka cari untuk berburu informasi? Apakah mereka membaca koran, mencari informasi di internet atau menghadiri acara-acara tertentu?

6. Evaluasi Keputusan Anda

Untuk mencapai bisnis sukses, ketika Anda telah memutuskan target market tertentu, anda harus mempertimbangkan beberapa pertanyaan dibawah ini:

• Apakah ada cukup banyak orang yang sesuai dengan kriteria target market Anda?

• Apakah target market Anda benar-benar akan mendapat keuntungan dari produk atau service Anda

• Apakah Anda sudah memahami apa yang mendasari target market Anda dalam mengambil keputusan?

• Bisakah target market Anda menerima produk atau service yang Anda tawarkan?

• Apakah Anda bisa menjangkau target market yang akan Anda tuju?

Anda bisa memulai untuk menemukan target market Anda dengan mencari berbagai informasi. Cobalah untuk mencari informasi online hal-hal yang belum pernah dilakukan orang mengenai target market Anda. Anda bisa mencari informasi mengenai target market Anda di artikel majalah atau blog.

Anda bisa juga mengunjungi blog atau forum dimana orang-orang yang merupakan target market Anda berkomunikasi mengenai pendapat mereka. Anda bisa mencari hasil survey yang telah ada atau membuat survey sendiri. Anda juga bisa meminta para customer Anda saat ini feedback mengenai produk atau service yang Anda jual. Ini adalah salah satu jalan untuk mencapai bisnis sukses.

Menentukan target market merupakan bagian paling berat. Jika Anda sudah mengetahui orang-orang yang akan Anda tuju maka akan lebih mudah untuk mengetahui media mana yang akan Anda pakai untuk menjangkau mereka.

Selain itu Anda juga lebih mudah untuk menyusun strategi marketing yang cocok untuk target market tersebut. Menentukan target market Anda akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda nantinya dimasa mendatang.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Jack

    Oke bgt..sangat inspiratif