Muncul di halaman awal Google ketika orang melakukan pencarian merupakan impian bagi seluruh pemilik website dan blogger. Ketika Anda memiliki website atau blog sebagai penunjang bisnis, tentu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana membuatnya mudah untuk ditemukan dan dikunjungi oleh semua orang?

Kabar baiknya, untuk memiliki website dan blog yang dapat muncul di halaman awal Google bukanlah hal yang mustahil. Selain melakukan SEO dengan baik, Anda juga dapat mencoba menyelaraskannya dengan 11 cara agar website atau blog Anda dapat muncul di halaman awal Google:

1. Meriset Kata Kunci (Semantic Core)

Daftar kata kunci yang diteliti haruslah bersifat semantic core. Apa itu semantic core?

Secara sederhana, semantic core adalah daftar kata kunci yang umumnya digunakan oleh orang untuk mencari solusi dari permasalahannya di Google.

Riset ini bertujuan untuk menyelami pola pikir konsumen (bukan mesin pencari) ketika menyusun kata dalam mencari jawaban atas masalahnya seperti contohnya:

“Bagaimana cara membeli mobil bekas?”

“Bagaimana mendesain ulang?” , atau

“Apa itu SEO?”.

riset kata kunci

Via Huffingtonpost

 

Semantic core menekankan pada kata kunci yang membentuk makna secara alamiah seperti percakapan yang umumnya dilakukan oleh manusia.

Oleh karena itu, buatlah daftar kata kunci yang natural karena berdasarkan infografis riset Searchmetrics ini, penggunaan kata kunci yang tidak natural semakin tidak dianggap oleh mesin pencari Google.

Selain muncul di halaman awal Google, apabila artikel Anda dapat menjawab pertanyaan pembaca secara cepat dan tepat, akan banyak orang yang membaca dan share halaman website Anda (ini juga akan meningkatkan kualitas SEO Anda secara drastis!)

2. Buatlah Konten Tertulis

Konten tertulis seperti blog dan forum dapat menjadi media yang baik untuk menarik pengunjung baru sekaligus tempat berinteraksi dua arah dengan mereka.

Laporan yang diterbitkan oleh eMarketer menunjukkan jumlah pembaca blog di internet telah mencapai 60% di internet pada 2014 dan selalu meningkat dari tahun ke tahun.

blog

Via BoxeyyBeauty

 

Terbitkan konten tertulis seperti blog secara berkala dan konsisten.

Dengan begitu, algoritma mesin pencari menganggap website/blog Anda sebagai partisipan yang aktif dan layak mendapatkan perhatian khalayak di Internet.

Konsistensi adalah sebuah keharusan dalam aspek ini dan Anda dapat menggunakan jasa freelancers jika merasa kerepotan.

3. Buatlah Konten Video

Penelitian oleh Cisco menyatakan bahwa sejumlah 69% traffic konsumen diproyeksikan akan mengunjungi Internet untuk melihat video.

Ketika website/blog Anda memiliki traffic yang semakin tinggi, artinya Google akan memberikan peringkat tinggi dan secara otomatis website/blog Anda akan muncul di halaman awal Google.

Google pada dasarnya suka dengan konten sebuah blog/website yang mengandung konten multimedia seperti gambar atau video

Jadi apabila Anda ingin website Anda muncul di halaman awal Google, salah satu cara yang efektif adalah dengan menambahkan konten video di dalam website jika Anda belum memilikinya.

video content

Via REACTIONGIFS

 

4. Lakukan SEO Organik

SEO masih menjadi cara yang efektif dalam menaikkan peringkat website/blog.

Sangat dianjurkan untuk melakukan SEO organik di mana Anda tidak harus memakai pay-per-click ads.

Caranya adalah dengan melakukan optimalisasi dengan berfokus pada pembuatan konten yang berkualitas dan menyimpan tautan yang relevan.

Lihat tulisan manfaat dan tool SEO berikut  untuk melihat lebih jauh perbedaan SEO organik dan SEO non-organik.

5. Buatlah Konten yang Berkualitas

“Konten adalah Raja.” ucap Bill Gates di tahun 1996, dan ya! Masih hingga saat ini.

Percuma saja jika Anda memiliki website yang memiliki desain baik tapi kontennya payah.

Menurut CEO Kissmetrics Neil Patel, agar dapat muncul di halaman depan Google, pastikan konten Anda menyeluruh, memiliki headlines yang baik, disertai gambar dan kekinian.

content is king

Via Social Marketing Guru

 

6. Sertakan Testimoni di Dalam Website/Blog

Hal ini seringkali tidak begitu dianggap oleh bisnis yang menginginkan laman web/blog mereka berada di halaman awal Google.

Padahal, dengan memasukkan testimoni pelanggan sebagai konten di website/blog mereka, itu akan meningkatkan tingkat kepercayaan, kemauan, bahkan keinginan untuk membeli produk/layanan suatu bisnis.

Testimoni sangatlah penting karena Anda berharap akan berinteraksi dengan para konsumen tersebut.

Pandangan mereka terhadap bisnis Anda itu penting dan menentukan apakah mereka akan loyal dan merekomendasikannya ke orang lain.

Selain baik untuk SEO, halaman testimonial juga meningkatkan kepercayaan pembaca untuk menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

trust me gif

Via Giphy

 

7. Buat Alerts

Masukkan nama website, blog, produk, brand dan segala hal yang terkait dengannya ke dalam Google Alerts.

Dengan cara ini, Anda akan mengetahui pihak mana saja yang banyak mencari bahkan menggunakan konten Anda sebagai tautan.

Dengan begitu, Anda dapat secara personal membuka komunikasi dengan pihak-pihak tersebut agar memasukkan tautan yang relevan dari website/blog Anda untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Alasannya?

Semakin banyak sumber luar yang mereferensikan halaman website Anda, semakin meningkat pula kualitas SEO Anda. 

Oleh karena itu, secara otomatis ini juga menjadi cara untuk membantu website Anda muncul di halaman awal Google.

Bahkan CEO Kissmetrics Neil Patel pernah meminta agar seseorang memasukkan tautan website miliknya ketimbang kompetitornya melalui email personal.

neilpatel

Via quicksprout

 

8. Tautkan Dalam Website/Blog

LinksManagement menyatakan bahwa setidaknya 20% tautan harus merujuk ke konten yang berada di dalam website/blog Anda sehingga backlinks tersebut akan dianggap lebih natural oleh Google.

9. Selalu Cek Performa Website/Blog

Mengecek performa website/blog merupakan sebuah keharusan jika Anda ingin terus bisa kompetitif di dalam bisnis.

Apabila banyak halaman yang rusak, Google akan mendeteksinya dan mengurangi kualitas SEO Anda. Oleh karena itu, apabila website Anda jarang ter-update, tentunya akan menghalangi upaya Anda untuk muncul di halaman awal Google

Website seperti Pingdom menyediakan analisis yang cukup mendalam untuk website/blog yang alamatnya dimasukkan di sana.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan aspek-aspek yang kurang dari website/blog Anda.

pingdom

Via: Pingdom

 

10. Persilakan Konsumen Membuat Konten

Engagement adalah hal yang penting dan Anda bisa menerapkannya secara dua arah dengan memfasilitasi konsumen Anda untuk membuat konten bagi website/blog Anda.

Mereka dapat diperbolehkan membuat tulisan, video singkat dan lainnya.

Dengan begitu, mereka akan lebih aktif mengunjungi website/blog Anda bahkan membantu Anda “memasarkan” konten yang berkaitan dengan mereka.

11. Sebarkan di Seluruh Media Sosial

Konten Anda harus tersebar di seluruh channel media sosial yang Anda miliki secara terjadwal dan konsisten.

Dengan begitu, konsumen akan melihat bisnis Anda sebagai bisnis yang memiliki kredibilitas tinggi dan profesional.

Anda dapat menjalankan 6 pedoman Social Media Marketing ini untuk membantu penyebaran konten website/blog.

i use social media gif

Via Giphy

 

Jika Anda masih belum yakin atau bingung mengenai pemasaran online terutama untuk menjadikan website/blog Anda muncul di halaman depan Google, Anda dapat menggunakan layanan online marketing atau layanan SEO yang disediakan oleh Sribulancer.


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Twit as @ijey and Co-Founder of @jongpwk. A Music Machine at @KaneronPictures.