9 Cara Memasarkan Produk yang Belum Anda Ketahui Selama Ini

promosi produk
Sumber: technologyadvice

Dalam cara memasarkan produk dari suatu brand, Anda akan memerlukan langkah strategi promosi yang tepat pada sasaran.

Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, Anda akan menikmati 2 kesuksesan berikut:

  • Brand awareness.
  • Mencapai target penjualan secara efektif

Untuk mencapai itu semua, simak 10 tips dari cara memasarkan produk berikut ini!

1. Gunakan Media Sosial

i use social media gif

Via Giphy

Di era yang serba mobile ini, media sosial sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki brand Anda.

Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter, Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial.

Dengan metode penggunaan media sosial yang tepat, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.

Tanpa pendekatan yang baik dengan target market Anda, segala macam cara memasarkan produk akan sulit dijalankan.

Terutama di era digital sekarang ini, di mana persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat, relasi yang baik dengan pelanggan akan menjadi plus bagi segala jenis usaha.


Sosial Media Kalian Belum Punya Banyak Followers?

#JanganBikinSusah


2. Menjadi Sponsor Sebuah Acara atau Lomba

sponsor gif

Via Giphy

Walaupun cara memasarkan produk melalui social media tergolong sangat efektif, jangan Anda lupakan taktik pemasaran secara offline.

Menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide cara memasarkan produk yang baik.

Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.

Selain itu, tidak jarang seseorang mencoba produk sebuah minuman atau makanan yang menjadi sponsor sebuah acara. Mengapa?

Karena hanya produk makanan atau minuman itulah yang dijual selama penyelenggaraan acara.

Jadi, apabila Anda ingin memasarkan sebuah produk ke kalangan baru, menjadi sebuah sponsor sebuah acara atau lomba merupakan salah satu cara yang efektif.

3. Bagi-bagi Produk

free stuff gif

Via Tumblr

Selain menjadi sponsor sebuah acara, ada cara lain untuk memasarkan produk Anda secara efektif.

Yang menghalangi seseorang membeli sebuah produk biasanya adalah karena mereka belum pernah mencoba produk tersebut sebelumnya…

…atau karena belum ada teman mereka yang mencobanya.

Jadi, jika brand Anda sedang ingin memperkenalkan sebuah produk atau varian baru dari produk Anda, maka salah satu strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk langsung kepada target market.

Pembagian produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.

Apabila produk Anda digital dan strategi di atas tidak memungkinkan, ada cara lain seperti free subscription atau free trial.

4. Mendata Pelanggan/Target Market

survey

Via Hattrick PR

Memasarkan produk ke target market yang tepat adalah yang terpenting dalam cara memasarkan produk Anda.

Oleh karena itu, mengumpulkan data pelanggan merupakan kegiatan yang sangat kami rekomendasikan.

Pada saat proses perkenalan produk ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data pelanggan sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga akan berguna untuk strategi promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.

Banyak yang bisa dilakukan untuk mengambil data pelanggan Anda secara akurat, misalnya dengan survei pengolahan data secara online melalui social media.

Data tersebut dapat digunakan secara efektif dalam pembentukan cara memasarkan produk Anda –dari segi bahasa, teknik pemasaran, dan jenis produk yang Anda tawarkan.

5. Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi

referral gif

Via Networking Times

Word of mouth merupakan salah satu tipe pemasaran yang sangat efektif.

91% pembeli cenderung akan lebih percaya membeli produk yang direkomendasikan temannya.

Untuk menunjang pemasaran produk secara word of mouth, berikan insentif bagi pelanggan setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan.

Insentif dapat diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang, atau produk Anda sendiri.

Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang jitu!

6. Tempatkan Produk di Tempat yang Tepat

pic8

Via Medium

Selain pemasaran produk ke target market yang tepat, penempatan produk yang baik juga sangatlah penting.

Anda bisa saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis produk lain yang merupakan komplementer dari jenis produk yang Anda jual.

Misalnya, apabila Anda menjual alat baterai, akan sangat mengundang pembeli apabila diletakkan bersebelahan dengan sebuah produk elektronik.

Dengan memanfaatkan segi letak produk dalam toko, tentunya ini menjadi strategi pemasaran produk yang jitu.

7. Lakukan Kegiatan Amal/CSR (Corporate Social Responsibility)

pic7

Via PopSugar

Siapa yang tidak suka produk yang identik dengan karakteristik cerdas atau ramah lingkungan?

Salah satu yang memicu pelanggan untuk membeli produk Anda adalah apabila mereka berpikir telah melakukan sebuah keputusan pembelian yang tepat.

Salah satu strategi promosi yang memanfaatkan psikologi ini adalah dengan menunjukkan rasa peduli brand Anda terhadap isu di sekitar masyarakat yang biasa ditunjukkan melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Contohnya adalah dengan menggunakan kandungan yang ramah lingkungan atau dengan melakukan penggalangan dana yang akan disumbangkan ke sebuah komunitas atau organisasi.

Namun label ramah lingkungan sebaiknya benar-benar terkandung dalam produk Anda, jangan membohongi pelanggan demi cara memasarkan produk Anda saja.

Dengan kegiatan ini, brand Anda akan mendapatkan label baik dan disukai oleh masyarakat.

8. Gunakan Barang Promosi

cara memasarkan produk

Via The Daily Touch

Di atas tadi telah dibahas bahwa salah satu cara memasarkan produk yang efektif adalah dengan membagikan free sample.

Selain menjalankan strategi pemasaran dengan cara tersebut, Anda juga boleh membagikan barang promosi seperti kaos, kalender dan merchandise lainnya yang mencantumkan logo brand Anda.

Sehingga ketika barang promosi tersebut digunakan oleh seseorang, maka barang tersebut telah mengingatkan orang disekitarnya untuk menggunakan produk dari brand tersebut.

9. Susun Acara untuk Mengapresiasi Pelanggan

cara memasarkan produk

Via Popkey

Sebagai ucapan terima kasih atas kesetiaan pelanggan Anda,

Selenggarakan acara khusus hanya untuk para pelanggan setia produk yang akan Anda promosikan.

Susunlah acara yang menarik, banyak hadiah dan tanpa ada stand untuk berjualan serta tanpa harus memaksa para peserta membeli apa pun pada acara tersebut.


Ingin Produk Anda Mudah Diingat Masyarakat?

Pakailah Desain yang Menarik


Acara seperti ini bisa dalam bentuk workshop, gala dinner, atau mengundang pelanggan setia Anda ke peluncuran atau acara ulang tahun produk Anda.

Dengan strategi promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.

Dari 9 cara memasarkan produk yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan berbagai kombinasi agar pemasaran produk Anda menjadi menarik dan mengundang audience.

Misalnya, Anda bisa membagikan merchandise kepada pelanggan yang telah mengisi survei Anda.

Mudah dan juga menarik untuk dicoba, bukan?

Namun, sebelum cara memasarkan produk yang Anda ingin jalankan dimulai, pastikan hal-hal seperti logo perusahaan, desain label dan juga brosur/poster yang akan digunakan telah terdesain dengan baik.

Dalam eBook ini di bawah kami berikan panduan mengenai 5 elemen branding yang harus Anda siapkan dalam cara memasarkan produk Anda…semoga bermanfaat!

cara memasarkan produk

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing