Mesin pencari seperti Google mengawali kepopulerannya di tahun 90an. Sejak saat itu, internet menjadi booming. Karena banyaknya informasi, baik yang relevan maupun yang tidak, digunakanlah sistem alhorithm yang dapat ‘mengukur’ kredibilitas sebuah website.

Selain itu, penggunaan backlink juga menjadi tolak ukur saat mesin pencari ‘mengevaluasi’ sebuah website. Menurut beberapa pakar SEO, backlink memiliki porsi yang cukup besar dalam menentukan ranking sebuah halaman. “Trustworthy sites tend to link to other trusted sites”

backlinks

Via Business2Community

Dan berikut adalah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas:

1. Memberikan testimonial

Bisnis mana yang tidak suka bila konsumennya memberikan feedback positif? Dengan memberikan testimonial, kesempatan website anda untuk memperoleh backlinking akan lebih besar karena Anda meninggalkan jejak di situs-situs lain. Terlebih jika situs tersebut kredibel dan relevan.

2. Meminta review dari blogger/ influencer

Jika Anda menjual sebuah produk dan ingin dikenal secara lebih luas, ini adalah cara mendapatkan backlink yang mudah. Anda bisa mendekati mereka dengan cara yang professional namun personable sehingga mereka pun bersedia untuk menulis review tentang Anda.

blogging-meme

Via Irkitated

3. Memasukkan website ke direktori feedback

Ada beberapa website yang bisa digunakan untuk meminta feedback. Salah satunya Suggestionbox. Selain membuka peluang untuk memperoleh saran dan kritik, situs ini juga memiliki fitur percakapan sehingga Anda dapat memahami apa keinginan konsumen.

Mereka juga bisa berkontribusi dalam memberikan ide-ide yang membangun untuk bisnis Anda. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan backlink SEO dari situs yang dikunjungi banyak orang.

4. Memakai Google+

Tambahkan link website Anda di profile Google+ dan seiring dengan bertambahnya interaksi di sosmed ini, aka nada banyak direct link ke website Anda.  Google+ dapat membantu Anda mendapatkan backlink SEO berkualitas berkat “do follow” link.

“Do follow” artinya website tersebut ‘ditandai’ oleh Google sebagai website terpercaya. Caranya cukup masukkan link di bagian “About”.

5. Teknik Skyscraper

Teknik Skyscraper pertama kali ditemukan oleh Brian Dean. Dengan teknik ini, sebuah artikel dapat memiliki banyak backlink berkualitas. Caranya?

Carilah topic yang sedang populer saat ini, usahakan topic tersebut telah dibagikan oleh banyak orang dan sesuai dengan bisnis yang Anda geluti. Lalu mulailah menulis ulang tapi dengan sudut pandang yang berbeda.

Buatlah artikel menjadi menarik tapi masih dalam konteks yang sama. Contohnya, membuat sebuah riset menjadi grafik atau menulis laporan statistik ke dalam bentuk artikel singkat.

Jangan lupa membubuhkan backlink ke sumber-sumber yang sesuai dan telah dibaca (dan di-share) oleh banyak orang.

6. Membuat infografik

Infografik adalah tool yang sangat powerful bagi sebuah brand untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Konten yang disertai gambar, memperoleh 94% view lebih banyak ketimbang yang tidak.

Pakar SEO mengandalkan konten infografik sebagai salah satu cara mendapatkan backlink SEO yang efektif karena gabungan gambar dan tulisan membuat konten ini mudah dicerna oleh pembaca.

google-ranking-links

Via Nichehacks

Carilah blogger-blogger yang sesuai dengan niche bisnis Anda dan berikan penawaran kepada mereka agar bersedia membahas topik dalam infografik tersebut di postingan-nya. Jangan lupa untuk ‘membalas’ kebaikan ini dengan me-mention blog mereka di website Anda juga.

7. Broken link building

Broken link building adalah cara mendapatkan backlink yang sering dipakai oleh para pakar SEO. Sebenarnya teknik ini adalah menawarkan website Anda sebagai backlink di website orang lain.

Caranya, dengan memberitahu si pemilik blog, kalau ada salah satu link di artikel mereka yang sudah mati atau kadaluarsa dan tidak bisa dibuka (broken). Tawarkan link Anda untuk alternatif yang menggantikan broken link tersebut.

Jadi, tugas Anda adalah mencari link-link yang sudah mati kemudian membantu untuk memperbaikinya dengan memberikan link web Anda. Tentunya, artikel yang Anda buat harus lebih menarik dan sesuai dengan niche website tersebut, ya!

8. Scoop It

Secara singkat, Scoop It adalah sebuah situs content curation yang bisa digunakan sebagai platform berbagi informasi dalam satu wadah. Anda bisa menentukan judul sendiri dan artikel apa yang ingin ditampilkan.

Ada ribuan orang yang mengunjungi website ini setiap harinya untuk mencari konten. Ini memang bukan teknik direct link building tapi bisa memberikan backlink yang berkualitas, sama seperti LinkedIn Group atau Quora.

9. Link reclamation

Link reclamation merupakan teknik link-building yang sering digunakan praktisi SEO. Bila Anda mengetahui bahwa sebuah website menggunakan website Anda sebagai salah satu sumber konten mereka atau menuliskan brand Anda di salah satu artikel mereka – Anda bisa menghubungi webmaster-nya agar mereka bersedia mencantumkan url Anda di website mereka sebagai backlink.

link-reclamation-email-template

Via Hubspot

10. Menulis guest post

Benefit dari guest blogging atau menulis guest post cukup jelas. Anda memperoleh backlink yang berkualitas. Website Anda semakin bertambah kredibilitasnya dan situs Anda menjadi referral

Ada banyak website yang menawarkan guest post tapi biasanya ada banyak pula aturan main yang harus dipatuhi. Untuk mempermudah pencarian situs-situs yang menyediakan guest posting, Anda bisa menggunakan Twitter.

Ada banyak istilah untuk guest post, bisa guest article atau guest author dan masih banyak lagi. Yang harus dilakukan adalah menulis pada kolom search di halaman Twitter seperti ini:

“your niche” + guest post

“kuliner” + guest author

“tech” + write for us

“food” + guest article

11. Konten aggregator

Konten aggregator dapat secara otomatis menampilkan postingan terbaru dari tiap member. Hal ini sangat efektif terutama untuk menengah kebawah agar meningkatkan online presence mereka.

Cukup dengan submit website Anda di salah satu situs aggregator dan mencantumkan kode HTML yang telah disediakan sebagai konfirmasi bahwa Anda adalah pemilik website tersebut.

Ketika aggregator menyetujui, maka situs mereka akan memasang dofollow link ke website Anda.

12. Backlink .Edu

Cara mendapatkan backlink ini cukup mudah karena Anda tinggal mencari situs-situs institusi pendidikan yang berdomain .edu. Selain tingkat relevansinya tinggi, strategi ini turut meningkatkan kredibilitas website Anda.

Kebanyakan situs pendidikan seperti universitas atau sekolah memiliki website yang update dan kredibel untuk keperluan murid dan juga publik.

Misalnya, website Anda berisi hal-hal seputar kesehatan. Anda bisa mencantumkan link-link yang berkaitan dengan kesehatan seperti cancer.ucla.edu.

Bila kesulitan mencari website relevan yang sesuai niche, Anda bisa menggunakan cara seperti ini:

site:.edu “your keyword”

site:.edu “your keyword” + “resources”

site:.edu: “your keyword” + inurl:links

site:.edu: “your keyword” + “other sites”

seofactors

Via Nichehacks

Memang backlink bukanlah segala-galanya dalam teknik SEO, karena konten yang berkualitas juga dibutuhkan dalam sebuah situs agar tetap terus dikunjungi orang. Akan tetapi, backlink berkualitas yang menuju ke website Anda bisa menjadi tolak ukur mesin pencari seperti Google untuk menaikkan pagerank Anda.


Anita

Anita

I am very passionate about online media and content writing. Feel free to discuss projects with me at [email protected]