Salah satu cara meningkatkan penjualan yang efektif adalah melalui blog. Namun banyak sekali pemilik bisnis online berskala kecil yang meragukannya.

Mereka menganggap bahwa blog bisnis hanya untuk perusahaan besar saja.

Apabila digunakan dengan benar, blog bisa memberikan keuntungan bagi semua jenis bisnis. Berikut ini cara menggunakan blog untuk meningkatkan penjualan bisnis online :

1. Menarik Minat Calon Customer

Semua pemilik bisnis online tentunya akan berusaha menarik minat calon customer baru yang potensial. Salah satu caranya adalah melalui blog bisnis. Sebenarnya cara menggunakan blog untuk menarik minat calon customer tidak terlalu sulit.

Anda cukup menulis beberapa artikel dengan konten menarik. Kemudian calon customer akan mencari suatu informasi melalui internet, lalu secara tidak sengaja akan mengunjungi blog Anda berkat konten yang ditulis.

Jika konten tersebut dirasa menarik dan bermanfaat maka mereka tidak akan segan untuk mempertimbangkan produk Anda.

Berdasarkan infografik mengenai pengaruh blog terhadap peningkatan jumlah visitor yang dibuat oleh ImbueMarketing, perusahaan yang mengetahui cara menggunakan blog secara efektif memiliki jumlah visitor 55% lebih banyak dibandingkan yang tidak memiliki blog bisnis.

how-small-business-blogs-increase-sales

Via Kayakonlinemarketing

 

2. Terhubung Dengan Customer

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda adalah dengan memperkuat hubungan Anda dengan klien. Bagaimana caranya?

Blog bisnis bisa digunakan secara efektif sebagai media penghubung antara pemilik bisnis online dan para customer.

Cara menggunakan blog agar terhubung dengan customer dapat Anda lakukan melalui fitur komentar, social media sharing, dan lainnya.

Ketika terhubung dengan customer, pemilik bisnis online dapat mengetahui pendapat pelanggan tentang bisnis tersebut dan bisa juga digunakan untuk meningkatkan strategi marketing, user experience pengunjung, dan otomatis penjualan bisnis mereka juga.

Selain itu dengan adanya fitur social media sharing, maka Anda dapat menciptakan konten viral yang dibagikan oleh pengunjung pada akun sosial media mereka, yang akan memperkenalkan bisnis Anda ke ribuam (atau bahkan jutaan) orang. 

pic11

Via Giphy

 

3. Meningkatkan SEO Secara Drastis

Metode apa saja yang sudah Anda terapkan untuk meningkatkan posisi website bisnis online pada mesin pencari?

Menurut beberapa pakar digital marketing, blog dapat digunakan untuk meningkatkan SEO website bisnis online secara drastis.

Cara menggunakan blog untuk meningkatkan SEO dapat dilakukan dengan membuat konten yang memuat keyword relevan terhadap website bisnis.

Selain itu website bisnis online juga bisa terus terupdate melalui konten-konten baru yang ditulis pada blog bisnis. Tentu saja Google akan lebih menyukai website yang terupdate secara berkala. Namun, jika terkendala untuk menulis konten baru secara berkala, Anda selalu bisa memanfaatkan jasa penulisan artikel atau copywriting untuk membantu terciptanya konten yang menarik dan berkualitas.

SEO

Via Ceozo

 

4. Kepercayaan dan Profesionalitas

Salah satu kendala terbesar dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah karena orang tidak mempercayai produk Anda.

Anda telah menciptakan bisnis online sesempurna mungkin. Produk yang dibuat pun memiliki kualitas terbaik. Namun apakah konsumen akan mengetahui dan mempercayainya?

Untuk urusan kepercayaan dan profesionalitas, blog bisnis bisa menjadi solusinya. Cara menggunakan blog untuk meningkatkan kepercayaan customer bisnis online dapat dilakukan dengan menampilkan beberapa testimoni dari konsumen yang telah menggunakan produk Anda.

Jika ditampilkan dengan baik, maka mereka akan menganggap bisnis online Anda sangat profesional.

trust me gif

Via Tumblr

 

5. Membangun Komunitas

Di dunia marketing sekarang ini, komunitas bisa berperan penting layaknya buzzword. Mereka adalah customer yang kemudian akan menceritakan bisnis online Anda kepada orang disekitarnya.

Bayangkan jika komunitas yang Anda bangun jumlahnya sangat banyak, pasti sangat menguntungkan.

Akan tetapi, jika Anda tidak mengetahui cara menggunakan blog untuk membangun komunitas, kuncinya terletak pada interaksi.

Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka melalui kotak komentar yang tersedia pada blog bisnis dan bisa juga mengundang mereka untuk membuat guest post mengenai pengalaman dengan produk Anda.

community gif

Via Tumblr

 

6. Menampilkan Produk dan Pelayanan

Mempromosikan produk dan pelayanan bisnis online dapat dilakukan secara gratis melalui blog bisnis, apalagi apabila Anda tahu cara untuk blog Anda muncul di halaman pertama Google.

Pemilik bisnis online dapat menunjukan produk terbaru, fitur terbaru, instruksi atau tutorial penggunaan produk, frequently asked questions (FAQ) yang berkaitan dengan produk, atau bahkan video dan juga data berupa infografik.

Cara menggunakan blog untuk menampilkan produk dan pelayanan terbaru bisa melalui featured post yang ditampilkan pada halaman depan blog bisnis.

Namun perlu diperhatikan juga gaya bahasa dalam penulisannya agar tidak menunjukan hard selling yang berlebihan.

tokopedia

Via Tokopedia

 

7. Meningkatkan Jumlah Email List

Salah satu cara yang pasti akan meningkatkan penjualan bisnis online adalah dengan menambah jumlah email list pembaca melalui blog bisnis.

Namun cara menggunakan blog untuk meningkatkan jumlah email list akan berhasil jika Anda mampu menulis blog secara rutin.

Konten yang diberikan juga harus bersifat informatif dan membangun rasa penasaran pembaca sehingga mereka tertarik untuk berlangganan newsletter melalui blog bisnis Anda.

Ketika email tersebut berhasil didapat, maka saatnya bagi Anda membangun kepercayaan agar mereka tertarik dengan produk Anda.

Semakin banyak jumlah email list maka akan semakin mudah untuk Anda meningkatkan penjualan bisnis Anda.

email

Via Giphy

Sekarang apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan blog untuk bisnis? Dengan memiliki blog bisnis maka Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis online secara efektif.

Jika belum memilikinya, sudah saatnya untuk membuat blog bagi bisnis Anda!

Find Blog Writer

 


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.

  • warung sony xperia

    Join di saluran bbm kmi C0049B818