Anda ingin melakukan cara promosi online secara spektakuler, namun tidak tahu bagaimana caranya? Apakah Anda menemukan konten yang berharga dan dapat menginspirasi orang lain? Percaya atau tidak, Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam per hari untuk merumuskan posting yang sempurna. Anda membutuhkan perencanaan dan pemahaman dasar tentang siapa target pasar Anda. Berikut adalah tips-tips cara promosi online yang bisa kami berikan untuk Anda!

 

sosmed 0

 

1. Optimalkan “Bio” pada Sosial media Anda

Apakah Anda Siap untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang yang tepat? Maka lengkapi profil sosial media, dan optimalkan profil dan kata kunci Anda. Pastikan bahwa dunia tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat membantu klien potensial dalam bio Anda.

2. Bergabunglah dengan Google Plus dan Aktiflah pada media tersebut

sosmed 1

Ingin mudah ditemukan? Maka buat akun dan bergabunglah di Google Plus! Karena Google Plus memiliki korelasi langsung dengan hasil pencarian Anda pada search engine Google. Ini berarti bahwa tidak cukup hanya bergabung dengan jejaring sosial, namun Anda juga harus terlibat aktif.

3. Berinteraksi lewat “Google Plus Hangouts”

Google Plus Hangouts adalah cara yang baik untuk dapat bertatap muka dengan orang-orang yang telah terhubung dengan Google Plus. Mirip dengan Skype atau Facetime, Hangouts  mudah digunakan dan sederhana untuk diakses melalui akun Google Plus Anda.

4. Gunakan “Twitter Lists”

Cara cepat untuk bergabung dalam percakapan dan tetap terhubung dengan kelompok tertentu adalah menambahkannya ke dalam daftar. Gunakan Twitter Lists ke grup bersama orang-orang yang Anda ingin untuk terlibat dengan mereka setiap hari. Kemudian tambahkan daftar ini untuk “alat manajemen pihak ketiga” favorit Anda dan tinjau setiap hari.

5. Pin Gambar-gambar Kustom ke “Pinterest”

Membuat grafis kustom untuk konten asli Anda dan “pin” ke Pinterest adalah cara promosi online terbaik untuk membuat bisnis Anda dapat terlihat oleh para penonton yang baru. Pin gambar Anda, berbagi ke Twitter dan kemudian gunakan gambar yang sama di Google Plus.

sosmed 2

6. Gunakan LinkedIn Agar Terhubung dengan Para Ahli dalam Industri Tersebut

Anda menghabiskan waktu di Facebook, tetapi apakah Anda membuat “tanda” pada jejaring sosial yang dibangun untuk bisnis profesional? Gunakan LinkedIn untuk menjalin hubungan dengan para ahli dalam industri Anda. Pastikan untuk mengirim pesan khusus termasuk siapa Anda dan mengapa Anda tertarik untuk berinteraksi.

7. Bergabung dengan Grup-grup LinkedIn

Ada banyak kelompok LinkedIn untuk ikut bergabung, sehingga sangat penting untuk pilih-pilih ketika mengidentifikasi di mana Anda akan menghabiskan waktu. Lakukan pencarian cepat berdasarkan kata kunci atau industri dan tentukan kelompok yang mungkin menjadi sumber yang baik.

8. Mulai (atau bergabung) dengan Grup-grup Facebook

Undang klien, prospek dan profesional industri lainnya untuk bergabung di Grup Facebook. Jelaskan manfaat dan mengapa grup tersebut diciptakan. Tetapkan dan pastikan pada setiap orang yang bergabung bahwa grup tersebut adalah ruang yang aman, bebas dari taktik penjualan yang keras.

9. Promosi via Instagram

Gunakan Instagram untuk mendukung semua usaha pemasaran Anda. Punya sebuah blog? Pasang gambar dengan “tindakan panggilan” untuk mengarahkan para followers ke website Anda, berbagi kutipan atau tips dari posting Anda, atau hanya memberitahu followers bahwa ada posting baru dan arahkan mereka ke blog.

sosmed 3

10. Berbicara dengan orang-orang yang “punya kesamaan” dengan Anda

Bingung dalam membuat konten? Minta bantuan orang-orang yang punya kesamaan dengan Anda dalam hal selera atau pemikiran. Ciptakan hubungan yang bermakna dengan influencer lain dan memunculkan kehadiran online adalah cara yang bagus untuk menjaga Anda selalu update pada industri.

11. “Stumbleupon”

Meskipun tidak sepopuler yang telah disebutkan sebelumnya, Stumbleupon masih bisa mendorong banyak traffic ke website atau blog. Gunakan situs ini dengan baik dan Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.

sosmed 4

12. Gunakan Virtual Notebook

Simpanlah notepad yang berguna untuk  menuliskan ide-ide yang terlintas dalam pikiran Anda sewaktu-waktu yang dapat berubah menjadi tulisan di sosial media .

13. Komentar di Blog

Mengomentari blog adalah strategi yang digunakan oleh banyak blogger aktif untuk mendapatkan visibilitas, meningkatkan popularitas dan menciptakan hubungan strategis. Hal ini juga mendorong mereka yang tertarik untuk bergabung ke jejaring sosial Anda, dan memungkinkan untuk interaksi lebih lanjut.

14. Gunakan “Management Tool”

Ingin menciptakan keajaiban pada media sosial? Tetap konsisten! Sebuah “Management tool“ untuk pihak ketiga seperti “Hootsuite” dapat membantu Anda menggunakan otomatisasi dengan cara yang bijaksana dan strategis. Ketika menemukan konten yang ingin Anda bagi, tambahkan ke Hootsuite dan jadwalkan waktu untuk tweet atau posting konten sepanjang hari.

sosmed 5

15. “Commun.it”

“Commun.it”, dengan cepat menjadi salah satu “management tool” dalam sosial media. Dengan tool tersebut, Anda dapat menggali lebih dalam followers Anda dan menciptakan hubungan sosial media yang lebih bermakna.

16. Berpikir Secara Visual

Gunakan perangkat lunak mind-mapping untuk menyempurnakan topik tertentu, membuat beberapa posting yang dirancang dengan target penonton sesuai keinginan Anda. Brainstorming-kan ide-ide yang berhubungan dengan topik bersama dengan subtopik yang dapat dengan mudah berubah menjadi tulisan atau tweet.

17. Tambahkan “Social Share Buttons” ke Website Anda

Ketika Anda membuat desain website, tambahkan “social share buttons” pada posting blog dan situs web akan memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah berbagi informasi dengan teman-teman mereka dan juga rekan bisnis. Buat mereka mudah diakses dan mudah digunakan! Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan desain website untuk hasil yang maksimal.

18. Youtube

Tidak ada yang bisa menyangkal kekuatan video! Berbagi video atau membuatnya sendiri berdasarkan pertanyaan pelanggan, komentar blog atau bahkan percakapan melalui sosial media.

sosmed 6

19. Tumblr Blog

Sebagai salah satu aset besar Yahoo, “Tumblr” dapat menjadi sumber daya yang sempurna untuk inspirasi. Di sini Anda dapat menemukan artikel, gambar, dan “gifs” menarik untuk semua topik.

cara promosi online

20. Gunakan Twitter untuk Riset Target Pasar

Twitter adalah alat yang ampuh bila digunakan untuk penelitian bisnis dan pesaing dengan menggunakan nama Anda. Atur “Twitter alert”, kata kunci penelitian dan identifikasi peluang menggunakan pencarian “Twitter Advanced”.

21. Gunakan Kalender Sosial media

Kalender sosial media adalah salah satu cara terbaik untuk berhenti membuang-buang waktu Anda dan tetap konsisten. Selain itu, membuat kalender sosial media tidak sulit. Anda dapat menggunakan sesuatu yang mendasar seperti “spreadsheet excel” atau program yang lebih rinci seperti “Divvy HQ”.

cara promosi online

22. Gunakan “Google Alerts”

Menggunakan kata kunci yang relevan untuk para followers Anda dan mengatur pilihan pengiriman untuk memberi feed bukan oleh email, kemudian klik “create“! Lakukan  untuk setiap kata kunci, frase kata kunci, nama bisnis Anda dan ungkapan unik yang biasa Anda gunakan pada website dan blog.

23. Gunakan “RSS Reader”

Gunakan “RSS aggregator” seperti “Feedly” untuk berlangganan blog favorit atau sumber berita Anda. Kemudian masuk ke akun Anda dan habiskan waktu lima menit setiap hari berbagi artikel ke jejaring sosial Anda.

cara promosi online

24. Bagikan Konten orang lain

Sebuah kunci keberhasilan dari cara promosi online adalah berbagi konten orang lain, bukan hanya Anda sendiri. Luangkan waktu untuk tidak hanya berbagi konten orang lain, tapi “tag” mereka setiap kali Anda berbagi. Hal ini tidak hanya akan memberikan kesadaran kepada merek pribadi mereka, itu adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan.

25. Promosi Silang Saluran Sosial

Dukung semua upaya pemasaran secara silang pada jejaring sosial media Anda. Kirimkan artikel bagus di Google Plus. Berbagi link Google Plus ke Twitter. Tidak semua orang mengikuti Anda di jejaring sosial yang sama. Pastikan mereka tahu di mana Anda berada dan bagaimana mudahnya untuk terlibat dengan Anda di beberapa saluran.

26. Berbagi Quotes

Ketika semuanya gagal, jangan pernah melupakan kekuatan quotes. Jangan lupakan penggemar sosial media dan pengikut dari segala jenis quotes. Luangkan beberapa menit melihat quotes yang relevan. Pilih yang terbaik dan bagikan.

Mempunyai akun sosial media saat ini bukan hanya bermanfaat untuk hiburan di waktu senggang saja. Seperti yang Anda lihat pada tips-tips cara promosi online di atas, sosial media sangat bermanfaat membantu upaya pemasaran bisnis.

Cobalah tips-tips cara promosi online di atas dan buktikan sendiri hasilnya! Selamat mencoba!


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Accredited media analyst, enthusiastic copywriter, @jongpwk's initiator & @meizarology's master