User Experience atau  UX adalah cabang ilmu pengabungan antara keindahan desain dan kenyamanan dalam penggunaan suatu produk. Kali ini Sribu akan berbagi ilmu tentang mendesain UX sebuah blog untuk pemula.

lisas_blog

Salah satu kunci untuk membuat UX sebuah blog adalah mudah digunakan, sangat sederhana dan tidak terlalu banyak bereksperimen dengan fungsi. Membuat desain blog mungkin menjadi salah satunya. Berikut adalah beberapa tips desain blog untuk pemula :

 

1. Logo & Judul

Selain penting sebagai identitas, elemen ini juga merupakan elemen penting dari navigasi. Pengguna internet umumnya akrab dengan logo atau judul blog yang mengarah kembali ke halaman depan. So, jadikan logo sebagai pengantar para pengunjung untuk kembali ke halaman utama.

 

2. Navigasi

navigation

Untuk mempermudah pencarian konten yang spesifik, navigasi adalah target utama para penjelajah. Karena di sini seluruh situs, dipisahkan menurut kategori tertentu untuk membuatnya lebih mudah dinavigasi. Penempatan navigasi pada umumnya terletak di bagian atas atau samping, dan mudah terlihat dengan serangkaian pilihan. Karena blog umumnya berfungsi sebagai publikasi jurnal, selain kategori, juga dapat menggunakan tag atau arsip sebagai alat navigasi.

 

3. Search Bar

Image3

Fitur ini sudah termasuk syarat utama, khususnya situs besar dengan ribuan atau jutaan halaman. Penempatan contact search bar memang sudah seharusnya menjadi hal utama pada desain blog, agar memudahkan pengguna menjelajahi blog kamu.

 

4. Konsistensi

konsistensi-seo

Penampilan situs harus memiliki sesuatu yang sama antara halaman sehingga mudah diikuti. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi konten utama dan menelusuri halaman lain. Bahwa tujuan dari penampilan dapat mencakup warna dan penempatan elemen penting.

 

5. Warna & Kontras

warna

Banyak orang yang melihat warna sebagai seni yang sangat berpengaruh. Pilihan warna yang tidak sesuai atau bahkan membuat teks sulit membaca bisa berakibat fatal. Ketika bingung dengan pemilihan warna, gunakan kontras hitam dan putih sebagai pilihan. Kontras juga menentukan berat elemen yang lebih penting dan menarik perhatian pembaca.

 

6. Teks & Paragraf

Kesalahan yang paling umum pada desain blog adalah dengan menggunakan teks terlalu kecil, sehingga setiap paragraf tampak penuh sesak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran perbandingan teks paragraf dengan judul (heading).

 

7. Link

link

Hati-hati! Menghilangkan garis bawah pada setiap link bisa menjadi hal buruk. Pengguna sudah akrab, bahwa link biasanya selalu digarisbawahi. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengubah variasi link, pastikan yang masih bisa dibedakan dari teks biasa. Seperti dengan mengubah warna, dll.

 

8. White Space

finding-white-space

Penggunaan white space, atau ruang kosong, berguna untuk membantu pembaca fokus pada menu utama, dan juga memisahkan unsur-unsur, untuk beberapa alasan atau memang harus diprioritaskan secara terpisah. Gunakan white space yang sesuai untuk membantu pembaca menikmati halaman dengan lapang.

 

9. Penggunaan Widget

1358009227_screen_20130112_2232

Apakah kamu memiliki semacam widget yang berguna? Banyak blogger menggunakan banyak widget yang akhirnya membuat halaman terlihat begitu sesak. Akan lebih baik jika kita mencoba, satu per satu, jika ada widget yang tidak berguna, maka hilangkanlah.

 

10. Loading Time

147064_thegoronclub_loading-time-art

Hosting dapat menjadi sumber yang murah agar tidak lambat dalam melayani pengunjung. Kebanyakan pengunjung tidak tahan menunggu presentasi halaman yang lambat, bahkan cenderung menutup halaman dengan segera.

Membuat desain UX untuk blog bagi pemula bisa saja menjadi hal sederhana asal tahu langkah-langkah mudahnya. Semoga tips di atas dapat membantumu dalam membuat blog yang efektif dalam menarik pengunjung ya.

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.

  • radillah atma

    bermanfaat sekali info nya,, (y)

    desain UX hasilnya jadi akhirnya gimana ya,,??
    mohon pencerahan nya,,