Bingung menyiapkan makanan untuk pesta? Atau bosan dengan menu catering langganan Anda? Sepertinya Anda harus coba layanan catering yang satu ini, Ny. Rika Catering. Dengan tagline “Authentic Indonesian Cuisine” catering yang berada di bilangan Menteng, Jakarta Pusat ini menyediakan berbagai menu masakan tradisional dan nusantara. Soal rasa tidak perlu khawatir, catering ini dikelola oleh chef professional yang sudah lama menyelami kuliner di Indonesia yaitu Chef Lucky Suherman. Chef Lucky, begitu ia biasa di sapa, telah berpengalaman di Grand Hyatt Jakarta dan beberapa hotel dan restoran besar lainnya. Sebagai informasi, sebelumnya Chef Lucky telah membuat kontes desain logo di Sribu.com untuk logo Ny. Rika Catering dan mendapatkan 165 pilihan desain. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak wawancara kami dengan Chef Lucky Suherman berikut ini.

 

IMG_20130511_002213

 

Sribu: Halo Chef Lucky, apa kabarnya Chef?

Lucky: Halo juga Sribu, kabar saya baik.

 

S: Setelah berkali-kali batal, senang sekali akhirnya kali ini kami dapat mewawancarai Anda. Jika boleh tahu apa kesibukan Anda saat ini?

L: Saat ini saya masih mengelola Ny. Rika Catering dan beberapa bisnis saya yang lain.

 

S: Bisa di ceritakan ide Anda untuk mendirikan Ny. Rika Catering?

L: Awalnya sih karena saya merasa ada kejenuhan dalam karir saya, maklum saja saya telah lebih dari 10 tahun bekerja sebagai Chef di berbagai hotel di Jakarta. Selain itu saya ingin memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga. Dengan banyaknya kegiatan dalam masyarakat kita seperti pesta, berbagai tradisi dan kegiatan keagamaan yang meyertakan berbagai hidangan didalamnya, saya melihat potensi bisnis catering ini sangat besar. Selain itu bisnis ini cukup sederhana dan mudah untuk dijalankan, bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional dan tidak tergantung dengan bahan-bahan import. Dengan semakin besarnya penghargaan dan minat masyarakat terhadap kuliner tradisional, peluang bisnis kuliner tradisional ini semakin besar. Atas dasar itulah akhirnya saya mendirikan Ny. Rika Catering.

 

S: Untuk produknya sendiri, menu masakan apa yang Anda tawarkan? Siapa saja pelanggan Anda sekarang?

L: Menu yang kami tawarkan memang menu tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, karena itu kami memiliki tagline “Authentic Indonesian Cuisine”. Pelanggan kami saat ini mulai dari personal hingga perusahaan. Acaranya bisa berupa ulang tahun, tumpengan, pelatihan, seminar dan lain-lain. Harga kami juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 15.000/pax. Bahkan kami sudah mendapatkan pesanan untuk bulan September tahun ini.

 

S: Berkaitan dengan desain, seberapa besar peranan desain dalam bisnis Anda?

L: Desain sangat berperan penting dalam bisnis kami. Untuk memiliki brand yang kuat tentu harus memiliki desain logo yang bagus. Dalam hal ini, tentunya desain logo makanan yang menarik. Desain yang bagus ini akan mengangkat citra brand dengan baik. Desain juga sangat penting ketika digunakan dalam kemasan atau materi promosi mengingat konsumen kami berasal dari kalangan menengah keatas.

 

S: Desain apa saja yang biasa Anda perlukan?

L: Biasanya saya memerlukan desain flyer, brosur, packaging, goodie bag, neon box, car branding, kendaraan delivery, neon box, seragam, stiker.

 

S: Apakah sebelumnya Anda pernah menggunakan jasa pihak lain sebelum menggunakan Sribu.com? Bagaimana pengalaman Anda menggunakan jasa mereka?

L: Belum pernah sih menggunakan design agency, paling kalau saya ada kebutuhan saya berikan ke teman saya yang punya keahlian desain. Tapi sayangnya hasilnya tidak selalu sesuai dengan keinginan. Selain itu ide dan desain yang diberikan juga sangat terbatas pilihannya.

 

S: Apa pendapat Anda dengan konsep crowdsourcing dan contest system yang digunakan oleh Sribu.com?

L: Konsep ini sangat membantu dan mempermudah saya mendapatkan desain yang diinginkan,  menghemat biaya, dikerjakan oleh desainer terlatih dan proses pengerjaan yang cepat.

 

S: Dalam kontes desain logo untuk Ny. Rika Catering, Anda mendapatkan 165 desain dan memilih desain dari Niketrisha sebagai pemenangnya. Apa pertimbangan Anda memilih desain ini sebagai pemenangnya?

L: Desain ini terlihat elegan karena pelanggan kami memang berasal dari kalangan menengah keatas. Selain itu desain ini mudah diaplikasikan dalam berbagai media, sehingga memudahkan dalam pencetakan brosur, packaging, goodie bag dan berbagai media lainnya.

Pemenang Kontes Logo Ny. Rika Catering oleh Niketrisha.

large_cff0234079

Desain tersubmit: 165 desain

Rika

 

S: Apa pendapat Anda tentang website Sribu.com? Apakah ada kendala dalam menggunakan website kami?

L: Sejauh ini sih tidak ada kendala ya. Saya cukup mudah menggunakan fitur-fitur yang terdapat di website Sribu.com. Website ini sangat mudah digunakan, user friendly, harga yang terjangkau dan respon yang cepat dari desainernya.

 

S: Apakah Anda bersedia memperkenalkan Sribu.com kepada teman-teman Anda? Apakah Anda berencana kembali menggunakan layanan Sribu.com?

L: Saya seringkali memperkenalkan Sribu.com kepada teman-teman saya dan saya akan kembali menggunakan layanan Sribu.com untuk beberapa kebutuhan desain lainnya. Nanti akan saya jalankan kembali kontesnya di Sribu.com jika saya sudah siap dengan brif kontesnya.

Komentar dan masukan Anda akan sangat dihargai. Follow twitter Sribu.com di @sribudotcom untuk tips-tips marketing dan branding lainnya.

Ada kebutuhan desain? Dapatkan desain pertama Anda di Sribu.com.

 

Salam,
Ryan Gondokusumo
Founder Sribu.com

Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G