Perayaan Natal adalah kesempatan baik untuk branding perusahaan Anda. Berikut adalah contoh promosi produk yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi!

Tak terasa Natal akan segera tiba dan bagi para pemilik usaha, #HolidaySeason adalah saat yang tepat untuk meningkatkan brand awareness lewat social media sekaligus mengingatkan konsumen terhadap produk/jasa Anda.

Melalui media seperti Facebook Anda bisa menggelar kontes untuk meningkatkan engagement dengan followers Anda.

Salah satu contoh promosi produk yang paling mudah dan pasti banyak peminatnya adalah Facebook comment giveaway.

Lemparkan pertanyaan gampang kepada follower Facebook Anda.

Misalnya, sebutkan tiga destinasi dan pengalaman traveling favorit Anda saat Natal. Cerita yang paling menarik akan memenangkan perjalanan gratis ke Singapura.

social media christmas

 

Penggunaan hashtag juga telah menjadi senjata baru untuk promosi produk Anda (Saya berikan beberapa contoh hashtag natal terkenal di akhir artikel ini).

Yang tidak kalah booming adalah kampanye lewat YouTube. Bahkan menurut Google, kampanye lewat video di platform ini lebih efektif ketimbang memasang iklan di TV.

Untuk menyelenggarakan campaign atau contest YouTube, ajaklah audience untuk subscribe ke akun YouTube Anda dan memberikan comment sesuai dengan tema kontes yang berlangsung.

Berikut adalah 12 contoh promosi produk Natal yang diadakan melalui Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, ataupun secara offline!

1. H&M – Come Together

H&M memberikan contoh promosi produk yang tidak to the point. Perusahaan retail pakaian ini menggunakan teknik soft-selling yang membuat iklannya jadi memorable.

Apalagi bintang iklannya memakai actor terkenal Adrien Brody.

 

2. Oreo: Design a Pack of Oreos

Kontes yang diluncurkan Orea lewat Twitter ini bisa dijadikan contoh promosi produk yang unik dan menarik.

Dalam rangka merayakan hari Natal, biskuit hitam manis ini mengajak para konsumennya untuk mendesain sendiri packaging-nya. Dengan proses desain yang cukup simple, campaign yang diluncurkan pada tahun 2015 sukses menarik banyak orang untuk berpartisipasi.

pic1
Via Bustle

 

3. Domino’s Christmas Pizza

Bagi Anda yang aktif promosi di Facebook, desain gambar pizza Domino’s ini juga bisa dijadikan contoh promosi produk yang unik. Tanpa meninggalkan jati dirinya, Domino’s berhasil membuat pohon natal dari produk jualannya yang ditancapkan pada sebuah garpu.

pic2
Via Advertolog

 

4. Marks and Spencer “The Art of Christmas”

Marks and Spencer tahu betul cara merayakan Natal dengan meriah. Perusahaan retail apparel ini meluncurkan video komersial berdurasi 1 menit untuk Natal 2015.

Videonya heboh sekali menampilkan berbagai macam cara seseorang bisa merayakan natal, tentunya dilengkapi barang-barang yang dapat dibeli di department store Marks and Spencer.

 

5. Sainsbury “Mog’s Christmas calamity” by Abbott Mead Vickers

Cerita pendek ini ditulis oleh penulis buku anak populer, Judith Kerr.

Iklan dari Sainsbury menceritakan seekor kucing yang tak sengaja mengacaukan isi rumah pemiliknya sesaat sebelum hari Natal. Akhirnya seluruh tetangga bergotong royong untuk membereskan rumah tersebut.

 

Intinya, Sainsbury berhasil menyampaikan pesan moral sesuai dengan kampanye “Save The Children” yang mereka dukung – sekaligus mempromosikan brand-nya.

Video ini menjadi viral karena contentnya yang menarik, tema kebersamaan yang disampaikan, disertai karakter kucing yang lucu

 

6. Publicis Singapore

Contoh promosi produk milik perusahaan advertising Singapura ini cukup kreatif dan brilian. Dengan tagline “Every good idea begins with a pencil”, Publicis dapat menyampaikan pesan yang sejalan dengan brand mereka di bidang publikasi.

Ditambah lagi, efek visual design yang cerah menggambarkan suasana Natal yang meriah.

pic3Via DigitalInsights

 

7. Cadbury Christmas 2015

Perusahaan cokelat Cadbury sengaja mengecat truk-truknya dengan warna ungu dan bertema Natal. Contoh promosi produk ini dapat menjadi salah satu ide kreatif bila Anda bergerak di bidang manufacturing.

cadbury truck christmas

 

Anda tak perlu repot membuat komersial bernilai milyaran seperti Cadbury tapi teknik mem-branding kendaraan operasional bisa jadi ‘iklan berjalan’ yang patut dicontoh.

cadbury truck christmas
Via Mirror

 

8. Edeka – Homecoming

Iklan ini mengajarkan arti sebuah keluarga di hari Natal. Edeka, sebuah supermarket di Jerman membuat kampanye dengan hashtag #Heimkommen yang artinya homecoming (menyambut keluarga yang kembali ke rumah untuk perayaan Natal).

Iklan ini menceritakan seorang ayah yang harus berbohong dan menulis pesan terakhir kepada anak-anaknya agar mereka mau datang dan makan malam bersamanya di hari Natal.

Memang tidak ada hubungannya dengan produk jualannya, namun video komersial sepanjang 1 menit 46 detik ini berhasil menyampaikan pesan bermakna yang akan selalu diingat oleh para konsumennya.

Via YouTube

9. KitKat – Sofa Break

Contoh promosi produk dari KitKat ini menampilkan jenggot Sinterklas yang menggelantung di sofa berwarna merah.

Iklan ini memberikan visual impact yang pas di hari Natal dan sesuai dengan tagline KitKat yang sudah terkenal, “Have a break, have a KitKat”

 

pic4
Via Linkedin

 

10. Apple

Produk Apple selalu punya ciri khas elegan dan simple. Perusahaan yang baru saja meluncurkan iPhone 7 ini membuat advertising yang sederhana tapi berbicara banyak tentang produknya tanpa harus menjelaskan panjang lebar.

pic5
Via LinkedIn

 

11. Mercedes Benz

Mobil sekelas Mercedes Benz punya cara promosi yang elegan saat Natal. Tidak percaya? Coba lihat ads-nya di bawah ini.

pic6
Via Pinterest

 

Nah setelah melihat 11 contoh iklan natal di atas, saya ingin mengingatkan lagi:

Promosi produk dengan hashtag sedang marak digunakan oleh vendor besar maupun online shop yang masih kecil.

Penggunaan hashtag unik yang Anda siapkan bisa menjadi persyaratan peserta untuk menggunakannya jika mereka ingin termasuk dalam kontes yang Anda selenggarakan.

Di atas itu ajak mereka untuk tag atau mention teman-teman mereka di akun Instagram Anda.

Efeknya cukup dahsyat karena para user yang di-mention jadi ikut mengetahui promosi produk Anda dan ikut-ikutan re-post.

Berikut adalah beberapa contoh hashtag populer yang bisa Anda gunakan untuk tema Natal:

– #Gift

Menurut survey, hashtag #Gift menduduki posisi pertama dan telah digunakan sebanyak 759.000 kali di berbagai platform media sosial.

– #MerryChristmas

Hashtag yang satu ini jelas tidak boleh terlewatkan pastinya!

– #Santa

Hashtag #Santa lebih sering dipakai ketimbang #SantaClaus karena para netizen lebih menyukai kata-kata yang mudah dan ringkas.

– #HolidaySeason

#HolidaySeason juga telah dimention lebih dari 50 juta kali oleh para pengguna Internet secara global.

 

Punya ide hashtag untuk promosi produk di hari Natal nanti? Yuk, share di kolom comment!


Anita

Anita

I am very passionate about online media and content writing. Feel free to discuss projects with me at the.word.specialist@gmail.com

  • Lydia Kurniawan

    nice!

  • aldy

    sangat amat bagus sekali artikel anda ini agan