Daya tarik visual memang selalu mampu memikat mereka yang memandangnya. Dalam dunia bisnis, penampilan seseorang juga dapat menunjukkan sisi profesionalitasnya. Namun seiring dengan bergesernya tradisi lama menuju ke tradisi baru, budaya kerja dan kebiasaan para professional di era digital juga ikut berubah. Perkembangan social media seperti Email, LinkedIn, Pinterest, dan Blog kini menjadi media yang populer. Meski demikian, bukan berarti penggunaan kartu nama menjadi tidak relevan lagi. Dengan desain kartu nama yang lebih fresh dan inovatif, kartu nama tak lagi hanya menjadi media perkenalan saja. Dengan memiliki kartu nama, sebuah perjumpaan bisnis akan menjadi lebih membekas.

Mungkin untuk sebagian orang masih menilai bahwa kartu nama adalah sebuah instrumen perkenalan yang sudah ketinggalan zaman. Namun jangan salah, kartu nama masihlah sangat penting dalam dunia bisnis. Setidaknya ada beberapa hal yang membuatnya masih tetap dibutuhkan di era modern ini.

 

1. Kartu Nama sebagai Media Perkenalan yang lebih Personal

Salah satu keunggulan kartu nama adalah kesan personal yang ada di dalamnya. Meski sudah ada media sosial yang sangat populer dan website perusahaan, beberapa media digital tersebut dinilai tidak cukup personal sebagai media perkenalan. Media digital tersebut memang sangat memudahkan penggunanya. Akan tetapi dalam sebuah hubungan, dibutuhkan lebih dari sekedar komunikasi jarak jauh. Pertemuan secara langsung melalui pemberian kartu nama juga sangat dibutuhkan untuk membangun jaringan bisnis yang lebih kuat.

 

2. Kartu Nama sebagai Direct Marketing Tool yang paling Efektif

Kartu nama memungkinkan seorang professional bertemu dan berjabat tangan secara langsung dengan calon klien ataupun calon rekan bisnisnya. Alat perkenalan yang sederhana ini juga mampu menjadi pintu masuk direct marketing yang hingga kini masih diakui efektivitasnya. Simpan beberapa kartu nama di dalam dompet Anda dan keluarkan saat bertemu dengan calon klien yang berpotensial. Dengan memiliki desain kartu nama yang unik dan menarik, efektivitas direct marketing juga akan menjadi berlipat ganda.

 

3. Kartu Nama Menunjukkan Impresi Pertama dari Brand Anda

Desain kartu nama yang berkesan akan terus membekas dalam ingatan penerimanya. Kesan tersebut akan bertahan jauh lebih lama dari sebuah email marketing, telemarketing ataupun internet marketing. Akan tetapi saat membangun relasi dengan kartu nama, ciptakan kesan berkelas pada kartu nama yang digunakan. Jangan gunakan bahan kertas yang terlihat biasa dan murahan untuk membuat kartu nama. Pilihlah material kartu nama yang lebih berharga seperti metal. Bumbui juga kartu nama tersebut dengan tagline ataupun teks sederhana yang mengena. Menggunakan material yang terkesan mahal juga akan mendorong penerimanya untuk menyimpan kartu nama tersebut.

 

4. Desain Kartu Nama yang Menarik akan Mendorong Sang Penerima untuk Membagikannya

Makna membagi di sini tidak selalu berarti memberikan kartu nama yang diterima oleh orang lain. Berbagi di sini adalah dalam artian menunjukkan kartu nama yang diterimanya kepada orang lain, khususnya orang yang dikenal oleh sang penerima kartu nama. Psikologi sharing masyarakat modern menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan untuk menunjukkan hal-hal yang menurut mereka menarik. Itulah esensi dari desain kartu nama yang unik dan menarik.

 

5. Kartu Nama Menunjukkan Kesiapan Anda

Memiliki kartu nama juga bisa menjadi bukti bahwa Anda selalu siap membangun relasi bisnis. Dengan kartu nama, Anda bisa langsung menunjukkan identitas dan nomor kontak ataupun email Anda kepada siapapun yang menurut Anda memiliki prospek untuk dijadikan klien ataupun rekan bisnis. Namun tentu saja, Anda harus tahu mengenai kriteria kartu bisnis yang mampu menunjukkan profesionalitas Anda. Jika Anda sedang mencari ide untuk membuat kartu bisnis, berikut ini ada beberapa desain kartu nama yang menarik untuk disimak.

 

kartu nama

Bike Multi – Tool Business Card

kartu nama

Grillable Business Card

kartu nama

Toy Chair Business Card

kartu nama

Cheese Grater Business Card

kartu nama

Photographer’s Business Card

kartu nama

Dentist’s Cavity Business Card

kartu nama

Transformable Cargo Box Business Card

kartu nama

Stylish Transparency Business Card

kartu nama

Yoga Center Straw

kartu nama

Miniature Plumber’s Plunger

kartu nama

Classic Rock Theme Business Card

kartu nama

Stretchy Personal Trainer’s Business Card

kartu nama

Fitness Trainer’s Tearable Business Card

kartu nama

Yoga Mat Business Card

kartu nama

Tearable Divorce Lawyer Business Card

kartu nama

Yoga Trainer Business Cards

kartu nama

Cosmetic Surgeon Business Card

kartu nama

Pop Up Business Card

kartu nama

Radio Presenter Business Card

kartu nama

Personal Lego Agent

kartu nama

Cafe Java Business Card

kartu nama

Barbershop Business Card

41

Hair & Make-up Artist Business Card

1

Photographer’s Business Card

kartu nama

Designer’s Seed Packet Business Card

 

Itu dia beberapa desain kartu nama yang dapat selalu membuat klien Anda ingat dengan Anda. Walaupun di era modern ini semua serba canggih, kartu nama masih sangat dibutuhkan sebagai media perkenalan yang lebih personal. Dan juga dengan adanya kartu nama yang menarik, klien yang menerima kartu nama Anda akan selalu ingat kepada Anda.


Angga Angger Nugraha