DOTM April 2013

 

Halo Sribbudies, sudah satu bulan kita melewati edisi Designer of the Month – Maret 2013. Tentunya sudah penasaran dong siapa sih desainer yang mendapatkan gelar Designer of the Month bulan April ini. Yuk, langsung saja kita lanjut ke pembicaraan Sribu.com dengan desainer berbakat yang memiliki nama lengkap Bobby Firman ini.

Tentunya Sribbudies sudah tidak asing lagi dengan username Bobby_firman di Sribu.com. Sepak terjang karya – karyanya sudah banyak menghiasi kontes – kontes yang berlangsung di Sribu.com. Dengan menyandang ranking “semi pro”, desainer berbakat kelahiran Jakarta, 21 Oktober 1977 ini telah memenangkan 4 kontes. Daripada semakin penasaran, simak wawancara Sribu.com dengan Mas Bobby..

bob

Desainer of the Month – April 2013: Bobby Firman

Sribu: Halo Mas Bobby, gimana kabarnya? Sebelumnya, selamat kepada Mas Bobby sudah mendapatkan gelar Designer of the Month – April 2013 ini. Sribu ada beberapa pertanyaan nih seputar pengalaman Mas Bobby sebagai desainer grafis yang tentunya pengalaman Mas Bobby bisa menjadi inspirasi buat desainer – desainer lainnya terutama di Sribu.com. Langsung aja nih, Mas. Gimana sih cerita awal Mas Bobby mengenal dunia desain grafis? Dan sudah berapa lama?

Bobby: Halo Sribu.com. Kabar baik selalu. Satu kehormatan untuk saya bisa mendapatkan gelar Designer of the Month bulan April ini. Dulu sebelum kenal Graphic Design, awalnya saya mengawali dari kesukaan gambar menggambar karikatur.  Baru kemudian saya lebih mendalami ke Graphic Designnya tahun 2005/2006. Software pertama saya inget banget, Corel Draw versinya saya kurang begitu ingat.

 

Sibu: Jadi semua berawal dari suka menggambar karikatur ya, Mas. Pasti tidak terasa 8 tahun sudah Mas Bobby menggeluti bidang desain grafis ini. Ada tidak trik – trik khusus dalam Mas Bobby mencari inspirasi desain? Bagaimana prosesnya?

Bobby: Untuk inspirasi, Selain majalah, koran, dari internet, kadang dari sekedar jalan santai bisa juga, dari sekeliling kita juga bisa mendatangkan ide. Prosesnya saya sketching di kertas , baru tuang ke kanvas digital (computer).  Setelah di computer sudah jadi, sebisa mungkin saya coba print biar kelihatan komposisinya pas atau tidak.

 

Sribu: Kalau dari project desain sendiri, ada tidak yang Mas Bobby paling sukai? Desain logo misalnya..

Bobby: Hmm..Kalau sampai saat ini kebanyakan kayanya brochure dan logo 😀

 

Kontes Logo makanan praktis & sehat bergizi

large_24539cea8e

 

Kontes Domus ceramica

large_20120503010335_1048_623645

 

Sribu: Mungkin dari beberapa desainer grafis, biasanya mereka punya style desainnya masing – masing. Bagaimana dengan Mas Bobby? Apakah Mas Bobby memiliki style khusus dalam mendesain?

Bobby: Saya tidak punya gaya tertentu nih.  Ya jadi disesuaikan saja dengan apa yang dicari. Karena gaya dan trend design juga berkembang terus, jadi saya harus adaptable, mengexplore semua style dan perkembangan  yang baru. (point menarik nih untuk para desainer)

 

Sribu: Ini salah satu bagian paling menarik di perjalanan 8 tahun menggeluti industri kreatif ini. Tentunya ada banyak suka duka yang sudah di lewati. Boleh dong di share sedikit..

Bobby: Sukanya, kalo proposal designya di ‘oke’-in oleh klien.  Dukanya kalau proposal design direject tapi ternyata dicomot dan dirubah disana sini..

 

Logo untuk carioleholeh.com

9865209376

 

Logo untuk perusahaan digital media house

9f108090a4

 

Sribu: Hmm bagaimana dengan desainer atau blog favorit yang menginspirasi Mas Bobby? Pasti punya dong..

Bobby: Ada beberapa desainer yang menjadi inspirasi saya dalam mendesain.  Seperti Bart Odell , Michael Ozorowski, David Pache. Blog fav pastinya Blog Sribu.com.. (tepuk tangan)

 

Sribu: Sepertinya daritadi pertanyaan seputar desain terus. Sekarang keluar dari desain sedikit. Apa sih hobi Mas Bobby selain mendesain?

Bobby: Disamping desain saya suka main bola, ngoprek computer, dan Game hehehe 🙂 mau ikutan ??

 

Sribu: Wah, seru banget nih bisa ngobrol – ngobrol sama Mas Bobby. Terimakasih buat Mas Bobby atas waktunya dan sudah cerita tentang pengalamannya di dunia desain grafis. Terakhir nih Mas, ada tidak pesan atau petuah khusus untuk desainer – desainer lainnya?

Bobby: Pesannya? Wah apa ya? Hmmm. Pertahankan originalitas itu aja. Karena itu akan menjadi habit dalam kita berkarya. Sulitnya sekarang sudah banyak sekali template instant resource, itu tidak salah tapi untuk sekedar inspirasi. Sah-sah saja, namun kalau diambil dan dijadikan karya kita itu juga akan menjadi habit, dan terbawa terus selama kita membuat karya. Dari originalitas yang bagus dan diingat orang, disitu kita akan dikenal sebagai graphic designer not as template designer. So keep it fresh from your brain oven, and Trims Sribu.com:)

 

Itu tadi wawancara eksklusif antara Sribu.com dengan Mas Bobby Firman. Banyak point – point menarik dari Mas Bobby yang Sribu yakin bisa menjadi inspirasi untuk kita semua. Sekali lagi terimakasih banyak buat Mas Bobby Firman yang sudah berbagi pengalamannya.

Oh ya, jangan lupa like facebook fanpage Sribu.com dan follow twitter Sribu.com @sribudotcom untuk tips seputar desain.

 

Sekian dulu edisi Designer of the Month – April 2013, sampai ketemu di edisi Designer of the Month bulan depan. Terus semangat!

 

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G