Designer of the Month - July 2013

Bertemu lagi di edisi Designer of the Month Sribu.com. Seperti biasa, setiap bulannya Sribu.com mewawancarai desainer berbakat yang karya-karyanya sudah banyak menghiasi kontes di Sribu.com. Sebelum kita bahas lebih jauh, tidak terasa ya kita sudah melewati pertengahan tahun 2013 ini dan Lebaran sudah didepan mata. Gimana? Apakah ada rencana untuk mudik? Jangan lupa untuk mempersiapkan semua dengan sebaik-baiknya dalam menyambut hari Kemenangan tahun ini ūüėÄ

Sudah penasaran siapa sih desainer berbakat yang mendapatkan gelar Designer of the Month bulan ini? Dia adalah salah satu desainer senior di Sribu.com. Sudah bergabung sejak 13 Desember 2011. Dengan menyandang ranking profesional, sang Designer of the Month kita bulan ini sudah menjuarai 7 kontes. Sepak terjang dan kemampuannya dalam dunia desain grafis tentu sudah tidak diragukan lagi. Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja kita sapa sang Designer of the Month bulan Juli 2013 ini. Beri sambutan yang meriah untuk Ali Burhan..  (tepuk tangan yang meriah)

Designer of the Month - July 2013: Ali Burhan

Anda pasti sudah tidak asing dengan username Cahiwak. Betul sekali, Ali Burhan ini adalah dalang dibalik username Cahiwak yang karya-karyanya sudah banyak mengiasi kontes-kontes di Sribu.com. Ingin tahu lebih banyak tentang desainer asal Semarang yang lahir 29 tahun silam ini? Simak wawancara Sribu.com dengan Mas Ali Burhan..

Sribu: Halo, Mas Ali. Bagaimana kabarnya? Wah, senang sekali bisa menganugrahkan gelar Designer of the Month bulan ini kepada Mas Ali. Boleh dong nih berbagi cerita sedikit tentang perjalanan Mas Ali sebagai desainer grafis. Bagaimana sih awal Mas Ali mengenal dunia desain grafis? Dan sudah berapa lama Anda menggeluti dunia ini? 

Ali: Halo, Sribu. Satu kehormatan bagi saya bisa mendapatkan gelar Designer of the Month. Saya mengenal desain grafis sejak masa kuliah sekitar tahun 2005. Berawal dari hoby suka menggambar kemudian belajar desain sama teman yang waktu itu memiliki hoby yang sama.

Sribu: Wah, sudah 8 tahun ya menggeluti dunia desain grafis. Pantas saja karya-karyanya sudah tidak di ragukan lagi. Kalau dalam hal mencari inspirasi desain, apakah Mas Ali memiliki trik atau cara khusus? Kedua, bagaimana sih proses Mas Ali dalam mengerjakan satu desain? 

Ali: Kebanyakan inspirasi dari online, dan memperbanyak jam terbang. Semakin banyak kita berkarya maka akan semakin nambah wawasan, semakin mudah cari inspirasi. Untuk prosesnya menggali dulu informasi dari customer sampai benar – benar sesuai dengan keinginan customer. Kemudian di buat manual dulu di kertas, baru masukkan ke komputer, selanjutnya tinggal evaluasi, dan revisi (bila diperlukan) sampai benar – benar cocok. (wah, ini baru jawaban seorang desainer profesional. Patut ditiru nih bagi yang junior-junior ūüėÄ )

 

Sribu: Dari semua kategori desain, project desain apa nih yang Mas Ali paling sukai ? Misalnya dari desain logo, brosur atau website.. 

Ali: Kalau untuk project saya lebih suka logo, merchandise, t-shirt, advertising, dll. Sesuai permintaan aja deh..

 

Kontes-kontes yang di menangkan oleh Mas Ali:

Kontes Logo jasa aqiqah siap saji 

Nurul Hayat - Cahiwak

 


Kontes Logo for resindential water filter company

Aquataflo - cahiwak

 

Kontes Logo Produk AplikasiPendidikan Pesona Asesmatik Online

Petikonline - Cahiwak

Sribu: Mungkin untuk beberapa desainer, mereka memiliki style atau gaya mereka sendiri dalam mendesain. Apakah Mas Ali memiliki style sendiri dalam mendesain? Misalnya cartoon, surrealist, dan lain sebagainya..  

Ali: Untuk style saya tidak meng”kotak”kan diri pada style tertentu aj, karena keinginan customer juga bermacam – macam. Tapi kalo suruh milih ya suka yang cartoon, vintage/retro..

(nah, point menarik nih..)

Sribu: Ini salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu. Apa saja sih suka dan dukanya menjadi seorang desainer grafis bagi Mas Ali? 

Ali:¬†Sukanya kalo customer puas dan membayar sesuai dengan kualitas desain. Dukanya masih banyak yang memberi harga murah /nganggap remeh kerja desainer di negeri ini….

Sribu: Setiap desainer pasti punya desainer favorit-nya. Bagaimana dengan Mas Ali? Pasti ada dong desainer favorit, blog atau mungkin juga website favorit..

Ali: untuk desainer favourite saya suka beberapa karya dari John Henry Alvin, Susan Kare, Kate Moross, etc. Untuk web/blog deviantart dan blog yang menyediakan kontes macam sribu.com ini, lumayan buat ngasah kemampuan dan ngikuti perkembangan.

Sribu: Selain desain, apa saja hobby Mas Ali? 

Ali: Selain desain saya suka nonton film, nge-game, mancing, etc..

Sribu: Luar biasa sekali bisa berbincang dengan Mas Ali. Sebagai penutup nih, Mas Ali. Apakah ada tips, petuah-petuah, siraman kata mutiara, dan lainnya? (kata Рkata yang digunakan agak berlebihan sepertinya -____- ) 

Ali: ¬†Untuk trik yang biasa saya lakukan sebelum ngedesain mungkin lebih menggali dulu keinginan customer sehingga desain kita akan sesuai dengan keinginan mereka. Utamakan excellent sevice. Tipsnya terus belajar, ngasah kemampuan seperti di sribu.com ini, karena banyak karya desainer yang bikin bilang WOW….!!

 

Sekali lagi terima kasih banyak buat Mas Ali Burhan yang sudah berbagi pengalaman dan tips-tipsnya. Banyak sekali pelajaran sekaligus point-point menarik yang bisa kita ambil dari pengalaman dan kata-kata Mas Ali. Sukses terus buat Mas Ali dalam karirnya di dunia desain grafis. Ditunggu partisipasinya dalam kontes-kontes di Sribu.com.

Jangan lupa follow twitter Sribu.com di @sribudotcom untuk info-info seputar tips marketing dan desain. Like juga facebook fanpage Sribu.com untuk update-update terbaru dari Sribu.com. Sekian edisi Designer of the Month bulan Juli 2013 ini. Sampai ketemu di edisi bulan depan.

Keep creative!

Ryan Gondokusumo

CEO – Sribu.com


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G