Designer of the Month - November 2013

Pada bulan ini, seperti biasanya Sribu berburu desainer berbakat yang sudah banyak memajang karya-karyanya di kontes-kontes Sribu. Bulan lalu Sribu menangkap IndraPeeWee sebagai Designer of the Month, kira-kira siapa ya desainer berbakat yang ‘tertangkap’ oleh Sribu bulan ini? Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja kita beri sambutan yang meriah untuk Hartanto, sang Designer of the Month bulan ini. *tepuk tangan yang meriah

Designer of the Month - November 2013

Tentunya username van_anto pasti sudah tidak asing bagi Sribbudies. Hanya dalam waktu kurang dari satu tahun, desainer berbakat kelahiran kota Pemalang 24 tahun silam ini sudah memenangkan 8 kontes dan sudah menduduki ranking Grand Master lho! Luar biasa bukan. Semakin penasaran untuk lebih kenal dekat dengan Mas Anto? Simak wawancara singkat antara Sribu dengan Mas Anto 😀

Sribu: Halo, Mas Anto. Wah, senang sekali nih akhirnya bisa berbincang-bincang. Sebelumnya, selamat ya sudah mendapatkan gelar Designer of the Month untuk bulan November 2013 ini. Boleh dong berbagi cerita sedikit. Gimana sih awalnya Mas Anto mengenal dunia desain grafis? Dan sudah berapa lama?

Hello! Trima kasih banyak untuk Sribu yang sudah memilih saya sebagai Designer of the Month. Sebelumnya saya tidak menyangka bisa mendapat predikat tersebut, tentunya saya sangat senang dan bersyukur.

Dari kecil memang saya suka corat-coret. Entah kenapa tangan dan imajinasi saya tidak mau diam kalau ada alat tulis. Ketika saat saya masih sekolah dasar (SD), saya sering sekali iseng membuat coretan di tembok, meja sekolah, buku pelajaran dan lainnya. Sampai teman, guru, dan orang tua saya menegur atas kelakuan saya 😀

Saya semakin menggilai mencintai grafis waktu saya dulu kuliah dikota Yogyakarta di STMIK AMIKOM pada tahun 2007, karena dijogja banyak sekali macam-macam seni, khususnya mural grafitty yang banyak dijumpai ditembok-tembok jalan. Banyak teman-teman saya dijogja juga turut mengenalkan saya pada dunia grafis. Diperkuliahan, saya juga sempat diajar oleh dosen grafis yang hebat, mempunyai vision & passion yang bagus, membuat saya lebih termotivasi untuk mengenal dunia desain.

Sribu: Berarti sudah lama juga ya Mas Anto sudah memiliki bakat terpendam dalam dunia desain. Kalau dalam mendapatkan inspirasi desain ada tidak cara tersendiri bagi Mas Anto? Boleh juga dong di share bagaimana proses Mas Anto dalam mengerjakan desain..

Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk belajar dari sang ahli. Ya! Saya sering sekali mendapat inspirasi dari para desainer-desainer lain. Seperti contohnya grand master mrsanee yang jago sekali dalam membuat design packaging. Dan masih banyak lagi designer-designer lain yang hebat.  Selain itu, inspirasi datang ketika minum kopi 😀 (wah point menarik nih. Inpirasi datang dari kopi. Hehe)

Proses dalam desain, saya biasanya membuat sketch kasar dikertas, kemudian saya experiment dengan sketch yang saya buat tadi. Ketika sudah “klik”, baru saya eksekusi disoftware digital.

Inspirasi lainnya saya dapatkan dari browsing diinternet. Kesimpulannya semua berawal dari penasaran dan keingintahuan yang tinggi atau bahasa anak muda sekarang, Kepo.

(Trivia: KEPO ternyata ada kepanjangannya lho. Knowing Every Particular Object. Singkatnya, KEPO itu mengetahui setiap detail dari satu hal)

Sribu: Kalau dari project desain, ada tidak yang paling Mas Anto sukai? Logo atau web desain misalnya..

Project yang saya sukai yaitu label dan packaging, saya sangat menikmati dalam mendesign project tersebut.  😀

Label untuk Madu Hutan Riau Super Gold. Runner up: van_anto

large_09550fcf6e

LOGO untuk perusahaan Food & Beverage. Winner: van_anto

large_3b82d3bec6

Sribu: Biasanya setiap artis atau desainer memiliki style tersendiri atau ciri khas dalam setiap karyanya. Apakah Mas Anto memiliki style tersendiri?

Semua style saya suka. Tapi saat ini saya lebih menyukai surrealist.

Sribu: Nah, dari semua pengalaman Mas Anto, apa aja sih suka dukanya menjadi seorang desainer grafis?

Desain grafis itu menyenangkan. Banyak disukai wanita 😀

Dukanya sih, kalo ada yang menganggap profesi desainer grafis hanyalah dicap sebagai tukang gambar atau tukang bikin spanduk dan tidak mempunyai jenjang karir yang bagus. Padahal sekarang udah jamannya digital, rejeki bisa datang dari mana saja, contohnya Sribu.

Kaos “JOGJA Never Ending Asiknya”. Runner up: van_anto

large_6d00c88ca0

Sribu: Boleh dong berbagi cerita tentang desainer favorit atau blog tentang desain yang paling Mas Anto sukai..

Semua blog tentang desain saya suka, tidak terpaku pada 1 acuan. Namun saat ini saya sedang menyukai worth1000.com, banyak desain unik dan gila yang bisa menjadi inspirasi. Desainer yang saya kagumi adalah Wedha Abdul Rasyid penemu Wedha’s Pop Art Potrait (WPAP). Sedangkan di Sribu,  favorit saya mrsanee.

Sribu: Selain mendesain, ada tidak nih hobi lainnya?

Hobi saya yang lain yaitu bermain game, terutama game bola FIFA. Selain itu saya juga suka dengan animasi 2D.

Sribu: Tidak terasa kita sudah sampai ke pertanyaan terakhir pada wawancara ini. Sebelumnya terima kasih sekali lagi untuk Mas Anto yang sudah berbagi cerita, pengalaman, dan inspirasinya. Sebagai penutup, ada tidak nih sepatah dua patah kata mutiara untuk teman-teman desainer lainnya terutama desainer Sribu..

Sekali lagi terima kasih kepada sribu yang sudah memilih saya sebagai Designer of the Month. Pesan dan saran saya untuk desainer sribu.com lainnya, tetap semangat, jangan minder, tetapi jangan terlalu berbangga hati juga. Karena semuanya berawal dari Newbie. Harus tetap down to earth dan friendly. “Every experiment is experience”. Setiap experimen adalah pengalaman, semua hal pasti dimulai dari kecil, jangan takut gagal. Gagal disetiap kontes bukan akhir dari segalanya, namun gagal sebenarnya adalah ketika anda sudah kehilangan keyakinan dan harapan untuk menjadi pemenang. Tetap berkarya 😀

 

Wah, pesan yang sangat dalam maknanya dari Mas Anto. Ayo teman-teman desainer, dicatat itu point penting dari Mas Anto. Hehe. Buat yang belum follow twitter Sribu, buruan follow di @sribudotcom untuk tweet seputar update kontes, artikel desain dan tips-tips desain. Like juga fanpage Sribu disini untuk mengetahui tentang update seputar Sribu.com. Buat yang sedang ada kebutuhan jasa desain logo, jangan ragu untuk hubungi Sribu di [email protected] Sekian dulu edisi Designer of the Month bulan ini. Semoga bisa menjadi inspirasi bukan hanya dalam desain saja, tapi bisa jadi inspirasi dalam banyak hal. Admin signing out! 

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Tomi Micucu

    wuihh selamat! dan terus berkarya bro Anto (y)

    • Yap, selamat untuk van_anto. Ditunggu ya artikel-artikel tentang highlight desainer berikutnya 😀

      • van_anto

        trimakasih @jetenduro:disqus trima kasih banyak.. jadi pacuan untuk lebih kreatif ^^

    • van_anto

      trima kasih mas bro 😀 . berkat doa kalian juga dan f8 ^^

  • Bydi cHow

    pengen gabung jadi desainer aktif di sini saya 😀
    mas ryan, mohon izin sedot artikel untuk saya post ya. makasih