Designer-of-the-Month_Sept
Halo, Sribbudies! Jumpa lagi di edisi Designer of the Month di Sribu.com. Setiap bulannya Sribu.com ‘menangkap’ satu desainer berbakat yang sudah berpartisipasi di kontes Sribu.com, dan soal kemampuannya dalam mendesain sudah pasti tidak diragukan lagi. Bagaimana? Sudah semakin penasaran dengan siapa sih desainer berbakat yang mendapatkan gelar Designer of the Month bulan September 2013 ini?

Yuk, langsung saja kita beri sambutan yang meriah untuk Dega Satria Santoso *tepuk tangan meriah. Username Dega pasti sudah tidak asing di kontes-kontes desain logo di Sribu.com. Dengan menyandang ranking Profesional, sepak terjang Dega di Sribu.com telah memenangkan lebih dari 10 kontes. Prestasi yang sangat luar biasa tentunya. Dan kali ini Sribu.com berkesempatan berbincang dengan desainer berbakat yang lahir 22 tahun silam ini.

dega2

Sribu: Halo Mas Dega, sebelumnya selamat sudah mendapatkan gelar Designer of the Month untuk bulan September ini. Bagaimana nih kabarnya? Satu kehormatan bagi Sribu bisa berbincang-bincang langsung dengan mas Dega. Iya nih Mas Dega, boleh dong cerita sedikit bagaimana sih mas Dega mengenal dunia desain grafis, dan sudah berapa lama mas Dega menggeluti bidang ini?

Dega: Halo Sribu.com. Senang sekali bisa mendapatkan gelar Designer of the Month. Ini satu apresiasi yang sangat besar bagi saya. Hmm saya mengenal dunia desain grafis sejak saya duduk di bangku kelas 6 SD dimana ada salah satu guru saya yang sangat mahir sekali menggambar dan mengedit photo orang dengan sangat bagus sekali. Dari situlah ketertarikan saya akan desain grafis, saya mulai belajar menggambar, mengedit photo orang menjadi lucu ataupun jelek .Meskipun tidak semahir guru SD saya. Hehe. Kurang lebih saya sudah 10 tahun menggeluti dunia desain grafis.

Sribu: Kalau untuk inspirasi nih mas Dega, bagaimana sih proses Anda mendapatkan inspirasi dan kemudian menuangkan inspirasi tersebut menjadi satu karya? 

Dega: Kalau untuk inpirasi, saya biasanya mendapatkan Inspirasi melalui Papan Iklan (Billboard), Spanduk, dan Poster2 yg ada dijalan dan juga melalui Internet.

Untuk prosesnya saya biasanya membuat konsepnya terlebih dahulu dengan corat coret di buku catatan kecil saya kemudian mengatur komposisinya yang pas dan enaknya seperti apa. Setelah itu baru saya menerapkannya lewat komputer. setelah saya menerapkannya di komputer saya coba print kemudian saya coba lihatkan kepada saudara, teman ataupun siapa aja untuk menilai, memberi kritik dan saran (Panelis) setelah itu kritik dan saran saya tampung dan saya saring sehingga terciptalah desain yang sangat cetar membahana dan tentunya menarik untuk orang lain.

(nah, point menarik nih untuk ditiru bagi desainer lainnya. Good point! Thank you mas Dega! :D)

Sribu: Biasanya tiap desainer punya satu project yang mereka paling sukai. Mas Dega sendiri ada tidak porject yang paling mas Dega sukai? Misalnya desain logo, brosur, website atau lainnya.. 

Dega: Saya lebih sukai project desain logo. Sebenarnya karna logo itu menurut saya mempunyai arti yang sangat dalam. Terlebih lagi jika logo itu sendiri sangatlah simple dan memiliki pesan yang tersembunyi. Tapi kebanyakan saya lebih suka mendesain kaos karena dulu pernah usaha jualan kaos waktu masih SMP. Hehe.

 

Dega keluar sebagai Runner up dalam kontes Desain kaos “bu vera t-shirt collection”

large_715d99eacf

 

Runner up dalam kontes T shirt oleh-oleh pariwisata nias

large_30458be773

 

Sribu: Kalau dari style dalam mendesain, apakah mas Dega memiliki style tersendiri? Cartoon atau surrealist misalnya. Atau mungkin ada yang lain?

Dega: Saya sangat menyukai keduanya, tapi saya lebih condong ke cartoon style. Karena menurut saya cartoon itu bisa membuat orang jadi happy dan tersenyum.

(Mas Dega ini mulia sekali ya. Tujuan utamanya adalah membuat orang lain tersenyum. Patut dicontoh!)

Sribu: Nah, ini salah satu bagian paling ditunggu-tunggu nih, mas. Apa saja sih suka dukanya ketika menjadi seorang desainer grafis? 

Dega: dukanya ketika saya berjualan kaos dengan desain yang saya buat sendiri, waktu itu orang menghargai kaos saya dengan sangat murah sekali dan berkata desain pada kaos saya gak jelas dan jelek.

Untuk sukanya ketika desain kaos saya dibilang sangat bagus sekali dan diborong banyak oleh costumer. Hehe..

Sribu: Hmm ini juga tidak kalah menarik. Setiap desainer biasanya mempunyai satu atau lebih desainer favorit yang karya-karyanya banyak menginspirasi desainer lain. Tentunya mas Dega juga punya dong. Boleh dong berbagi..

Dega: Untuk desainer favourit, saya suka Wally Olins dan Neville Brody. Dan untuk Indonesia adalah mrsanee Alias Bapak Sani Candradi Mbahnya desain.

(wah ternyata mas Dega ngefans berat nih sama mrsanee. Hehe..)

Sribu: Kalau diluar desain grafis,  apa  saja sih hobi dan interest Anda ?

Dega: Selain desain saya suka nonton film sama teman-teman kantor atau teman kos, main game bola, cari bahan-bahan refrensi desain di internet, majalah, ataupun koran dan mbolang keluar kota.

(asyik sekali ya mas Dega ini. Sudah hebat dalam mendesain, menang lebih dari 10 kontes di Sribu, kegiatan lainnya pun menyenangkan)

Sribu: Tidak terasa, kita sudah sampai di penghujung wawancara eksklusif ini. Terima kasih banyak untuk mas Dega sudah melakukan wawancara ini. Untuk penutup, boleh dong berbagi pesan-pesan bagi para desainer di Sribu.com lainnya..

Dega: Untuk para desainer desainer di Sribu dan setanah air terus berjuang, Teruslah belajar, biarkan orang berkomentar apa tentang desain kita. Balaslah dengan senyuman, jadikan kritik dan saran dari orang lain sebagai bumbu penyedap untuk desain kita. Sering-sering sharing tentang desain-desain kita kepda teman, saudara atau siapapun. Dengan komentar dan masukan dari mereka,  karya desain kita akan semakin ‘solid’ dan berkualitas tinggi. Atau yang biasa disebut Masterpiece. Tetap semangat! 

Buat Sribbudies yang ingin menjadi Designer of the Month, jangan ragu untuk terus berkarya, terus berlatih, dan juga jangan plagiat karya desainer lain ya. Siapa tahu di edisi berikutnya kamu yang terpilih sebagai Designer of the Month di Sribu. Jangan lupa follow twitter Sribu di @sribudotcom dan like facebook page Sribu untuk tips seputar desain dan marketing. Sekian edisi Designer of the Month bulan September ini. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dan sampai jumpa di edisi Designer of the Month bulan depan. Ciao!

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G