Cara Menjadi Freelancer Profesional di Sribulancer

 

Via www.freepik.com

Sekarang pekerjaan sebagai Freelancer menjadi semakin ditekuni banyak orang. Hal ini karena sebagai Freelancer, Anda memiliki 5 keuntungan utama yang tidak dimiliki menjadi pekerja tetap di perusahaan – kebebasan waktu, melakukan pekerjaan yang disukai, menerima beberapa job project sekaligus, menetapkan fee yang diterima & bekerja di rumah serta tetap bersama keluarga.

Nah, ada 8 tips penting agar Anda selalu mendapatkan Client, job & penghasilan sebagai Freelancer, terutama di Sribulancer, yuk simak panduan di bawah ini:

 

  1. Buat Personal Profile Yang Profesional

 

 

Via www.sribulancer.com

 

Tulislah Personal Profile Anda secara jujur & jelas dengan memfokuskan kepada kemampuan & pengetahuan Anda yang paling utama.

Tips:

  • Gunakan foto profil dengan wajah yang terlihat jelas, profesional & terkini. Up-date profil Anda setiap 2 bulan sekali untuk menunjukkan kemajuan & perkembangan Anda.

 

  1. Masukkan Portofolio Anda
 

Via id.pinterest.com

 

Portofolio Anda adalah bukti dari kemampuan yang Anda akui saat menulis Personal Profile. Selalu up-date portofolio Anda segera sesudah menyelesaikan sebuah job.

Tips:

  • Letakkan portofolio-portofolio Anda yang terbaik di bagian paling atas.

 

  1. Pahami Brief Job

 

 

via GIPHY

 

Pastikan Anda tahu dengan cakupan Job & kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Job tersebut serta hasil akhir yang diharapkan oleh Client Anda. Pastikan Anda dapat memenuhinya.

Tips:

  • Bila brief yang diberikan kurang jelas, mintalah contoh hasil Job sebelumnya yang pernah dibuat.

 

 

  1. Ketahui Brand Client
 

Via www.sparrow.co.uk

 

Ketahuilah nama perusahaan, brand yang dipakai serta produk atau jasa yang dijual oleh Client Anda. Seluruh informasi ini akan membuat Anda memahami untuk menghasilkan Job yang sesuai dengan nilai jual brand tersebut.

Tips:

  • Untuk mengetahui brand Client Anda lebih detil, lakukan riset di Google

 

 

  1. Berikan Hasil Terbaik
 

Via sarungpreneur.com

 

Berikan hasil Job dengan kualitas yang terbaik – bahkan kalau bisa lebih dari yang diharapkan. Hasil Anda akan menjadi tolak ukur untuk membuat Client Anda kembali lagi & merekomendasikan Anda.

Tips:

  • Mintalah feedback terhadap setiap Job yang Anda serahkan serta review & rating sesudah Job

 

 

  1. Selesaikan Job Tepat Waktu atau Bahkan Lebih Awal

 

via GIPHY

 

Pastikan Anda dapat mengatur jadwal untuk memulai & menyelesaikan Job sesuai dengan cakupan Job & deadline yang ditetapkan.

Anda harus memiliki waktu yang memadai untuk menyelesaikan masing-masing Job untuk mempertahankan kualitas terbaik hasil Job.

Tips:

  • Jangan pernah menerima Job yang terlalu terburu-buru yang dapat menyebabkan tidak terpenuhinya deadline atau turunnya kualitas hasil Job. Ini berpengaruh terhadap review yang akan Anda dapatkan.

 

 

  1. Pro-Aktif Berkomunikasi


Selalulah sopan, tenang & ramah saat berinteraksi dengan Client. Selama masa pengerjaan, berkomunikasilah intensif dengan Client Anda.
Via www.sribulancer.com

Bertanyalah apabila ada yang perlu dikonfirmasi & minta masukan atas Job yang diserahkan.

Tips:

  • Saat Client menghubungi Anda, jawablah sesegara mungkin & selalu fleksibel untuk melakukan koreksi atau perubahan selama dalam batas-batas cakupan Job.

 

  1. Bersedia Menerima Feedback & Melakukan Koreksi

Via truqu.com

Via www.sribulancer.com

 

Selama masa pengerjaan, dipastikan adanya koreksi atau perubahan yang diminta oleh Client.

Selalulah fleksibel, responsif & ramah untuk membantu Client Anda selama berada dalam batas wajar cakupan Job.

Tips:

  • Saat Client meminta koreksi & Anda merasa kurang paham dengan permintaannya, mintalah untuk dijelaskan kembali agar Anda tidak membuang waktu melakukan kesalahan berulang.

 

 

Mudah bukan untuk menjadi seorang Freelancer Profesional di Sribulancer?

Selain itu, ada satu hal penting lagi loh yang perlu Anda ketahui, bertransaksi di Sribulancer itu aman!

Sribulancer melindungi Client & Freelancer serta memberikan kepastian pembayaran dari Job yang telah Anda selesaikan dengan cara;

 

Via www.sribulancer.com

 

  • Client akan membayar total biaya Job ke Sribulancer saat deal telah dibuat.
  • Dana yang dibayar oleh Client akan disimpan dalam sistem escrow sampai dengan Job
  • Sribulancer akan akan membayar Freelancer setelah job

 

Dengan cara ini, pembayaran tidak akan pernah menjadi masalah. Pastikan Anda selalu mengajak Client untuk bertransaksi & bekerja di Sribulancer untuk menjamin keamanan transaksi Anda.

Sekarang, sudah saatnya Anda menambah sumber penghasilan dengan freelancing & tidak hanya bergantung dengan gaji bulanan Anda atau cuma hasil usaha lainnya.

Ayo tunggu apa lagi?

 

 

via GIPHY

Segera daftarkan diri Anda sebagai Freelancer di Sribulancer untuk memiliki karier yang Anda sukai & penghasilan yang sesuai dengan ekspektasi.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G