Lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau yang biasa dikenal dengan non-government organization (NGO) merupakan organisasi yang didirikan oleh perorangan atau sekelompok orang yang secara sukarela memberi pelayanan kepada masyarakat tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat yang terkenal di Indonesia, Dompet Dhuafa memberikan beberapa pelayanannya di berbagai bidang, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bantuan bencana.

Lembaga amil zakat ini didirikan oleh 4 wartawan harian Republika ini membagi tim nya menjadi beberapa divisi yaitu fundraising, keuangan serta program. Salah satu timnya, Andhika dari divisi fundraising membagi cerita dan pengalamannya setelah membuat 5 kontes di Sribu.com.

Saat tim Sribu.com menyambangi kantor Dompet Dhuafa, Selasa 7 Oktober 2014 di Ruko Ciputat Indah Permai, Andhika sebagai perwakilan tim Dompet Dhuafa menyambut tim Sribu dengan ramah.

i

Tim Sribu dan Andhika saat bertemu di kantor Dompet Dhuafa

Chaca – Sribu: “Halo Pak Andhika! Senang bertemu dengan Anda. Saya Chaca, perwakilan dari tim Sribu. Ingin ngobrol seputar Dompet Dhuafa dan pengalamannya memesan desain melalui Sribu.com, boleh kan?

Andhika – Dompet Dhuafa: “Tentu! Silahkan saja.”

Dompet Dhuafa adalah LSM yang didirikan pada tahun 1994 oleh 4 orang wartawan Republika. Sebagai LSM,  Dompet Dhuafa memiliki 4 pilar yang menjadi fokus pemberian bantuan, yakni pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kebencanaan. Dari masing-masing pilar tersebut, Dompet Dhuafa menciptakan berbagai program yang dapat menjangkau masyarakat Indonesia secara langsung.

Chaca – Sribu: “Dompet Dhuafa adalah salah satu LSM yang sudah dikenal masyarakat. Pastinya mempunyai desainer atau tim desain sendiri, dong. Nah, bagaimana ceritanya sampai Pak Andhika bisa memesan desain dari Sribu.com?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Dompet Dhuafa memang memiliki desainer in-house, tetapi karena pada saat itu dalam suasana Ramadhan dan kami menjalankan banyak program, desainer sudah tidak bisa handle pekerjaan lain. Saya harus coba cari desain melalui pihak luar dan kebetulan atasan saya mengusulkan untuk mencoba Sribu.com. Sebenarnya saya pribadi belum mengenal Sribu.com sebelumnya, sih.”

 a

Desain poster yang dipilih oleh Dompet Dhuafa untuk kampanye pengelolaan lingkungan

 b

Desain poster yang dipilih Dompet Dhuafa untuk kampanye “Sehat Milik Semua”

 c

Desain brosur yang dipilih oleh Dompet Dhuafa untuk Kampanye Donasi Pendidikan Anak Miskin

d

Desain brosur yang dipilih oleh Dompet Dhuafa untuk Kampanye Sedekah Dompet Dhuafa

 e

Desain brosur yang dipilih oleh Dompet Dhuafa untuk Kampanye Donasi Kacamata Siswa

Chaca – Sribu: “Memangnya pada saat itu Dompet Dhuafa ingin membuat program apa?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Pada saat itu, kami ingin membuat program donasi kacamata siswa, pengelolaan lingkungan, kepedulian kesehatan, sedekah Dompet Dhuafa dan donasi untuk pendidikan anak miskin. Kami memuat kelima desain kampanye tersebut di Sribu.com”

Chaca – Sribu: “Wah, banyak sekali ya.. Tapi, apakah Dompet Dhuafa masih punya program lainnya?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Tentu saja ada. Contohnya seperti bantuan pada bidang pendidikan, Dompet Dhuafa memiliki program seperti memberikan pendidikan gratis untuk kaum dhuafa dari berbagai daerah di Indonesia dan juga beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan juga aktif. Selain itu, Dompet Dhuafa juga menyediakan SGI (Sekolah Guru Indonesia) untuk memberikan pembekalan terhadap seorang guru yang ingin mengabdi di pedalaman.”

Chaca – Sribu: “Kami penasaran nih, bagaimana tim Dompet Dhuafa bisa mempromosikan program ini sehingga mendapatkan banyak donasi dari masyarakat?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Untuk mendapatkan awareness dan juga meraih engagement yang tinggi antara program Dompet Dhuafa dengan masyarakat, kami mencoba penyebaran informasi seputar program melalui berbagai media. Baik social media, hingga media luar ruang seperti billboard, brosur dan juga radio.”

f

Brosur Dompet Dhuafa untuk kampanye Semesta Hijau

 g

Brosur Dompet Dhuafa untuk kampanye Sehat Milik Semua

 

Chaca – Sribu: “Kalau buat iklan radio, berarti sebelumnya Dompet Dhuafa pernah membuat iklan melalui advertising agency, dong?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Iya. Tahun lalu Dompet Dhuafa pernah menggunakan advertising agency untuk mengurus kegiatan promosi Dompet Dhuafa, mulai dari konsep hingga iklan televisi. Memang sih anggaran dana yang dikeluarkan sangat besar.. ”

Chaca – Sribu: “Bagaimana dengan Sribu.com? Apakah Bapak puas menggunakan jasa desain dari kami?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Kami puas, kok. Untuk saya pribadi, saya suka dengan desain yang masuk, service yang diberikan dari tim Sribu dan juga kecepatan pelayanannya. Saya juga suka sistem kontes yang digunakan oleh Sribu karena mempermudah kami untuk mendapatkan berbagai pilihan desain yang sesuai dengan arahan kami. Websitenya juga tidak rumit, saya sama sekali tidak merasa kesulitan menggunakan website Sribu. Pokoknya simple, keren dan cepat!”

Chaca – Sribu: “Wah! Terima kasih karena sudah mempercayakan desain untuk kampanye program Dompet Dhuafa kepada Sribu. Dengan menggunakan jasa desain Sribu.com, berarti Dompet Dhuafa mennyadari pentingnya sebuah desain dalam kegiatan kampanye, dong?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “LSM di Indonesia ada banyak sekali. Semua LSM berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk masyarakat, salah satunya Dompet Dhuafa. Yang membedakan LSM satu dengan yang lainnya tentu saja kreativitas dari setiap LSM. Jika konsep program yang ditawarkan menarik, dan menggunakan desain yang baik, tentu masyarakat akan lebih mendukung program tersebut.”

Chaca – Sribu:  “Bapak Andhika kan sudah mencoba memesan desain melalui Sribu dan sudah merasa puas. Apakah ada keinginan untuk pembuatan desain di Sribu.com lagi?”

Andhika – Dompet Dhuafa: “Insha Allah jikalau memungkinkan. Saya pribadi sudah tidak di tim marketing lagi. Namun jika nanti tim marketing meminta referensi untuk memesan desain, maka saya akan merekomendasikan Sribu.”

 

 h

Tim Sribu.com bersama dengan divisi Fundraising Dompet Dhuafa

Itulah hasil wawancara tim Sribu.com dengan Andhika dari Dompet Duafa yang telah berhasil mendapatkan 153 desain dari kontes yang diselenggarakannya. Apakah Anda ingin mendapatkan banyak alternatif desain dalam waktu singkat seperti Dompet Dhuafa? Yuk gunakan jasa desain dari Sribu.com untuk kebutuhan desain Anda!


Shriyadita Yenie

Shriyadita Yenie

Copywriter di Sribu.com. Pembaca buku yang memiliki banyak cerita. Penikmat Indomie Goreng Spesial dan berbagai teh yang mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasinya di Universitas Tarumanagara pada tahun 2014.